Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Prediksi Tiktok, Konsep Shoppertainment akan Merajai Mega Sales e-Commerce

Posted by: 1511 viewer

Prediksi Tiktok, Konsep Shoppertainment akan Merajai Mega Sales e-Commerce
Aplikasi video singkat Tiktok/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Platform distribusi video singkat Tiktok pmemprediksi konsep shoppertainment atau belanja sambil mencari hiburan akan merajai pemasaran selama periode mega sales e-commerce.

Tren itu diprediksi dari hasil insight tentang perilaku pengguna Tiktok di Indonesia dalam berbelanja, khususnya selama masa tersebut.

Menurut Executive Director, Retailer Vertical, NielsenIQ Indonesia Wiwy Sasongko, kondisi ini sangat menantang bagi para brand dan e-commerce untuk melihat kembali strategi yang selama ini mereka gunakan untuk menjangkau pelanggan. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Strategi pemasaran di platform digital pun perlu menunjukkan bagaimana brand mengadaptasi perubahan tren, termasuk cara perilaku pelanggan mengkonsumsi konten digital," kata dia di Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Insight dari Tiktok ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi brand dan e-commerce untuk merangkul lebih banyak pelanggan selama periode mega sales, melalui platform video singkat.

Periode mega sales tahun ini masih berlangsung di tengah kondisi pandemi dengan berbagai dampaknya.

Tiktok, sebagai platform inklusif untuk pengguna individual dan brand, melihat bagaimana cara pengguna berinteraksi dengan brand dan berbelanja.

Dari interaksi antara brand dan pengguna Tiktok yang menghibur dan kreatif ini terlihat bahwa konsep shoppertainment, yaitu strategi pemasaran yang menggabungkan aktivitas belanja, hiburan, dan penemuan konten atau pun informasi baru, bisa menjadi ramuan yang cocok untuk merangkul pelanggan pada masa Mega Sales di tengah kondisi pandemi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Prediksi tren shoppertainment ini ditarik dari berbagai hasil survei terhadap ratusan pengguna TikTok di Indonesia yang berkaitan dengan perilaku belanja, termasuk bagaimana 1 dari 2 pengguna berbelanja sesuatu dan merasa terhibur dengan itu. 

Khusus menyambut Mega Sales, 78 persen dari responden tidak sabar menantikan periode ini tiba untuk mereka berbelanja, dan 66% sudah mulai melakukan perbandingan harga untuk produk incaran mereka, sebagai persiapan menuju mega sales.

Antusiasme pengguna Tiktok terhadap periode mega sales tidak hanya berlaku untuk brand besar atau yang sudah dikenal, tapi juga bisa dimanfaatkan oleh brand baru.

Sebanyak 80 persen responden merasa senang karena menemukan konten baru di Tiktok, dan 78 persen dari responden justru membeli produk dari brand baru atau brand berbeda dari yang mereka sering gunakan.

Bahkan 55 persen dari responden kerap melakukan pembelian spontan, meskipun sudah mempersiapkan daftar belanja.

IKLAN INFOBRAND.ID

Interaksi kreatif antara brand dan pengguna TikTok juga terlihat dari sejumlah konten di tagar #RacunInTikTok dan #GaraGaraTikTok yang meraih total views lebih dari 3,5 miliar di Tiktok. 

Jumlah tersebut memperlihatkan potensi konten Tiktok sebagai cara baru bagi masyarakat untuk mencari rekomendasi berbelanja, sehingga brand bisa ditemukan oleh calon pelanggan di platform ini.

Sementara itu, Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini mengatakan, berangkat dari misi Tiktok untuk membagikan kebahagiaan, secara alami, pengguna hadir di TikTok untuk mencari hiburan ataupun saling memberikan semangat khususnya di masa seperti sekarang ini. 

Hal ini perlu diperhatikan oleh para brand agar tetap hadir di sisi konsumen di saat yang menantang ini melalui konten yang positif, informatif, serta menghibur,sesuai dengan ciri khas Tiktok. 

"Konsep shoppertainment di Tiktok hadir untuk memberikan kesempatan bagi para brand untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen," ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tiktok memungkinkan brand maupun penjual untuk lebih dekat dan terkoneksi dengan pengguna, sehingga periode Mega Sales menjadi lebih menyenangkan dan menghibur.

Brand dapat melakukan pemasaran dengan konsep Shoppertainment di Tiktok melalui berbagai fitur kreatif, seperti branded effects, hashtag challenges, dan livestreams.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...