Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Rayakan Hari Kartini, Bukalapak Gelar Program Memajukan UMKM Perempuan

Posted by: 1482 viewer

Rayakan Hari Kartini, Bukalapak Gelar Program Memajukan UMKM Perempuan
Salah satu pelaku UMUM Perempuan Indonesia menjadi mitra Bukalapak. (Foto: Bukalapak)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memperingati Hari Kartini, E-commerce marketplace terkemuka di Indonesia, Bukalapak, menggelar rangkaian program dan inisiatif untuk semakin memajukan kapabilitas UMKM perempuan di Indonesia agar semakin dapat bersaing di pasar digital yang semakin kompetitif. Kegiatan tersebut juga merupakan komitmen Bukalapak untuk terus memberdayakan para pelaku usaha tanah air yang menjadi tulang punggung perekonomian bangsa.

Bekerjasama dengan UN Women Indonesia, Bukalapak menggelar bincang online inspirasional sebagai bagian dari program Rabu Lokal yang bertajuk “Strategi Bukalapak Dukung Kartini-nya Produk Lokal” di akun Instagram Bukalapak secara live, Rabu (21/4/2021). Dengan mengundang para pelaku usaha perempuan serta perwakilan dari UN Women Indonesia, di mana Bukalapak menjadi bagian dari komunitas Women’s Empowerment Principles (WEPs), melalui kesempatan itu pula, Bukalapak mengimplementasikan prinsip WEPs, salah satunya dengan mendukung perjalanan wirausaha wanita dalam mempromosikan produk dan jasa lokal yang mereka jual.

WEPs sendiri merupakan sekumpulan prinsip panduan untuk perusahaan tentang cara mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita di tempat kerja, marketplace, dan komunitas perusahaannya. Didirikan oleh UN Global Compact dan UN Women, WEPs dibuat atas standar ketenagakerjaan dan hak asasi manusia internasional dan didasarkan pada pengakuan bahwa perusahaan juga harus bertanggung jawab atas kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dalam perusahaannya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Siti Sufintri Rahayu, VP of Corporate Affairs Bukalapak menyatakan komitmen Bukalapak untuk memberdayakan para perempuan di seluruh ekosistemnya, termasuk manajemen, karyawan, serta Pelapak dan Mitra Bukalapak yang bertujuan untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagai e-commerce yang tumbuh di dalam negeri, menurutnya, Bukalapak akan senantiasa menghadirkan dan mengembangkan platform teknologi yang aman dan nyaman demi mendorong potensi yang dimiliki oleh para pelaku usaha kecil dan menengah, termasuk tentunya para UMKM perempuan, sehingga mereka dapat berkontribusi meningkatkan inklusi ekonomi dengan juga memberdayakan lingkungan sekitarnya.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah menyatakan lebih dari 50% UMKM dimiliki perempuan. Oleh karena itu, pemilik usaha perempuan perlu terus diberdayakan untuk meningkatkan potensinya. Demi meningkatkan potensi dan memperkuat ketahanan UMKM Indonesia, Bukalapak juga secara rutin mengadakan sesi edukasi bagi para pelaku usaha perempuan, yakni Webinar Srikandi Komunitas Bukalapak.

Bertepatan dengan Hari Kartini hari ini, webinar Srikandi Komunitas Bukalapak bekerjasama dengan Bank Commonwealth mengambil judul “Taktik Marketing Bikin Produk Lokal Dicintai Banyak Pembeli”. Dengan adanya sesi ini, Bukalapak ingin membuka potensi para pelapak dan wirausaha perempuan di seluruh Indonesia dalam mengembangkan lapaknya.

Webinar ini menghadirkan Uma Hapsari selaku Founder & CEO @amazara.id dan Arresto Ario, Head of Communication Strategy Commonwealth Bank. Inisiatif kolaboratif ini juga merupakan bagian dari program WISE (Womenpreneur Indonesia for Sustainability and Empowerment) yang dicanangkan oleh Bank Commonwealth dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan dan pemberdayaan di bidang bisnis di kalangan pelaku usaha perempuan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memiliki kulit tubuh yang cerah, kencang dan segar menjadi dambaan setiap wanita yang ingin tampil lebih menawan. Untuk mendap...


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...