Sabtu, 27 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

SIRCLO: Bulan Ramadan Jadi Kesempatan Besar Pelaku UMKM untuk Tingkatkan Penjualan

Posted by: 1987 viewer

SIRCLO: Bulan Ramadan Jadi Kesempatan Besar Pelaku UMKM untuk Tingkatkan Penjualan
Beberapa produk busana muslim yang diproduksi Nawasana

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bulan Ramadan tidak dipungkiri lagi mampu membawa banyak berkah, terutama untuk para pebisnis lokal. Beragam tradisi dan hajatan yang dilakukan masyarakat di momen menjelang Idul Fitri ini otomatis terefleksi pada meningkatnya daya beli konsumen. 

Mengutip data Populix di laporan riset Embracing Ramadhan 2022, bulan Ramadan menjadikan masyarakat memiliki beberapa kebiasaan belanja yang berbeda seperti mempersiapkan stok makanan dan minuman, berbelanja pakaian, maupun berbagai perlengkapan ibadah. Tentu saja, pemilik bisnis pun tidak akan ketinggalan memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan mereka. 

Transaksi belanja online yang berlangsung di SIRCLO di bulan Ramadan juga menunjukkan tren yang serupa. Berdasarkan data internal SIRCLO, jumlah transaksi di SIRCLO Store meningkat sebanyak hampir 80% di bulan Ramadan tahun 2021 lalu, dimana merchant-merchant terpopuler didominasi merchant yang menjual produk fesyen.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tak heran, banyak pemilik bisnis yang menyusun strategi penjualan khusus selama bulan Ramadan. Nawasana dan Les Celle misalnya, adalah jenama lokal pengguna solusi SIRCLO Store yang sudah mengantisipasi adanya peningkatan pesanan di bulan Ramadan. Mereka pun mengungkapkan beberapa trik dan persiapan mereka dalam berjualan online di bulan suci ini.

Mengawali bisnisnya di tahun 2016, Nawasana, sebuah produsen produk fesyen muslim merupakan salah satu jenama lokal yang tentunya turut kebanjiran pesanan di kala bulan Ramadan. Persiapan lebih awal merupakan salah satu kunci. “Kita biasanya sudah mulai menyiapkan stok dari tiga bulan sebelum Ramadan untuk berjaga-jaga kalau peminatnya tinggi, kita jadi ada waktu untuk restock. Strategi pengaturan kapasitas produksi penting sekali di bulan Ramadan ini.” tukas Diasty Hardhikaputri selaku owner Nawasana.

Diasty juga menambahkan pentingnya pebisnis lokal untuk menggunakan platform pengelolaan stok yang bisa mengintegrasikan ketersediaan inventori di berbagai marketplace dan mampu memanfaatkan penggunaan Chat Commerce di mana seluruh kegiatan transaksi bisa dilakukan dan diselesaikan melalui percakapan lewat kanal chat. “UMKM seperti kami biasanya adminnya tidak banyak, sehingga fitur otomatisasi yang terhubung dengan berbagai channel penjualan ini membantu sekali, apalagi di saat peak season.” Diasty mengaku semenjak menggunakan SIRCLO Store, Nawasana mengalami peningkatan transaksi hingga dua kali lipat.

Hal ini senada dengan kisah Les Celle, jenama penyedia produk dan layanan pengemasan hampers atau bingkisan. Les Celle merupakan salah satu merchant SIRCLO Store yang secara penuh melakukan aktivitas penjualan secara daring via Webstore dan Chat Commerce. Kedua kanal ini merupakan kanal yang paling sesuai untuk Les Celle yang produknya  customized dan personalized. Karisma Indrajayanti, Founder Les Celle menjelaskan, “Di webstore, pengguna bebas menuliskan ucapan di kolom notes yang karakternya tidak dibatasi. Hal yang sama terjadi jika pemesanan dilakukan via Chat Commerce di mana konsumen bisa lebih leluasa untuk melakukan tanya jawab terkait produk maupun menjelaskan secara detail seperti apa model hampers yang diinginkan.”

Menurut Karisma, Ramadan dan Idul Fitri merupakan salah satu musim dimana jumlah pesanan sangat tinggi. Mengantisipasi hal ini, media sosial pun menjadi andalan Karisma untuk menyampaikan berbagai informasi produk dan aktivitas pemasaran. “Mulai dari melakukan riset pasar, meng-update informasi produk terbaru, hingga mengarahkan audiens ke webstore semuanya dilakukan melalui media sosial. Kami juga pastikan semua aktivitas ini punya tema khusus Ramadan yang saling terintegrasi,” tukas Karisma.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...