Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Social Commerce di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat

Posted by: 996 viewer

Social Commerce di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat
Pertumbuhan Social Commerce.

INFOBRAND.ID - Pesatnya perkembagan media sosial di Indonesia telah mendorong pertumbuhan social commerce. Berdasarkan laporan Sirclo dan Ravenry, GMV social commerce di Indonesia diperkirakan sebesar US$25 juta pada 2022. Jumlah itu melonjak lebih dari dua kali lipat dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar US$12,3 juta.

Ada sejumlah alasan mengapa social commerce punya potensi besar untuk berkembang di Indonesia. Menurut Hootsuite, belanja lewat media sosial memberikan pengalaman baru yang lebih interaktif terhadap konsumen dibandingkan e-commerce. Melalui media sosial, konsumen juga dapat dengan mudah membagikan produk yang mereka inginkan atau sudah dibeli kepada temannya.

Lalu, konsumen bisa berkonsultasi kepada temannya ketika ingin membeli suatu produk. Kemudian, media sosial membuat konsumen lebih mudah membeli setelah melihat-lihat berbagai produk. Selain itu, media sosial memudahkan interaksi antara pembeli dengan penjual.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski dianggap prospektif, pemerintah was-was dengan kehadiran salah satu social commerce yang diluncurkan TikTok, Project S. Sebab, platform tersebut dianggap dapat merugikan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Pasalnya, melalui Project S, Tiktok diduga mampu mengetahui berbagai data barang yang diminati konsumen. Kemudian, mesin algoritmanya mendorong konsumen untuk membeli barang yang diproduksi langsung oleh TikTok.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...


Begini Alasan HEV Toyota Lebih Diminati Ketimbang EV 

Begini Alasan HEV Toyota Lebih Diminati Ketimbang EV 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan masyarakat masih memilih mobil hybrid karena irit...


Chery Luncurkan Aplikasi agar Pengguna Selalu Terhubung dengan OMODA E5

Chery Luncurkan Aplikasi agar Pengguna Selalu Terhubung dengan OMODA E5
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Chery meluncurkan aplikasi yang dapat terhubung dengan mobil listriknya OMODA E5, yakni Car Link O, pada gelaran otomotif Peri...


PT ITO EN Dorong Masyarakat Indonesia Konsumsi Teh Tanpa Pemanis

PT ITO EN Dorong Masyarakat Indonesia Konsumsi Teh Tanpa Pemanis
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen merek minuman teh hijau tanpa pemanis ITO EN, Ltd mengumumkan kesepakatan berskala global dengan atlet bisbol dunia a...