Ahad, 03 November 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Soekarno-Hatta, Ditetapkan Sebagai Bandara Paling Pulih dari Covid-19

Posted by: 1293 viewer

Soekarno-Hatta, Ditetapkan Sebagai Bandara Paling Pulih dari Covid-19
Bandara Soekarno Hatta/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Angkasa Pura (Persero) atau AP II mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ditetapkan sebagai bandara yang paling pulih dari dampak pandemi Covid-19 untuk kawasan Asia Pasifik.

OAG Aviation Worldwide Limited, lembaga berbasis di London, Inggris yang memiliki platform data terkemuka di dunia untuk industri perjalanan, menetapkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai pemenang Asia-Pacific (ASPAC) Aviation Network Champions, yakni medali emas kategori The Most Recovered Airport.

Vice President of Corporate Communications AP II Cin Asmoro mengatakan, penghargaan tersebut sekaligus menjadi bentuk apresiasi bagi seluruh pemangku kepentingan di Bandara Soetta atas upaya keras dalam mempertahankan dan memperkuat konektivitas penerbangan selama pandemi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di dalam memberikan penghargaan tersebut, OAG melihat pertumbuhan kapasitas maskapai di bandara-bandara Asia Pasifik antara 2019-2023.

Menurutnya lagi saat pandemi Covid-19 melanda pada awal 2020, AP II dan seluruh pemangku kepentingan berupaya agar pandemi tidak boleh berdampak banyak pada operasional Bandara Soetta yang merupakan gerbang utama negara dan bandara terbesar di Indonesia.

"Kami memahami Bandara Soekarno-Hatta adalah jangkar penerbangan di dalam negeri, di mana penerbangan menjadi transportasi paling efisien di Indonesia yang merupakan negara kepulauan," kata dia dalam keterangannya dikutip Rabu (6/3/2024).

Dia menambahkan, berkat kolaborasi erat seluruh pihak, di antaranya AP II, Satgas COVID-19, maskapai, AirNav Indonesia, TNI, Polri, imigrasi, bea cukai, karantina, ground handling serta didukung penuh Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN, maka Bandara Soetta tidak pernah mengurangi jam operasional di tengah pandemi.

"Tetap beroperasi 24 jam setiap hari untuk melayani berbagai jenis penerbangan, termasuk bantuan pandemi dan penerbangan yang membawa vaksin. Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder, kepada seluruh staf bandara atas dedikasinya selama pandemi," ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Cin melanjutkan, saat situasi pandemi mulai membaik, AP II bersama seluruh pemangku kepentingan langsung berupaya kembali memperkuat konektivitas penerbangan di Bandara Soetta.

"Ketika situasi pandemi mulai membaik, seluruh stakeholder berkolaborasi dalam meningkatkan kembali konektivitas penerbangan agar Bandara Soekarno-Hatta dapat berkontribusi optimal terhadap pemulihan pariwisata dan ekonomi nasional," jelasnya.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan lalu lintas penerbangan di Bandara Soetta sempat mengalami penurunan drastis akibat pandemi Covid-19.

"Banyak pelajaran yang kami dapat ketika pandemi, namun demikian, Bandara Soekarno-Hatta memiliki operasional yang tangguh dan cepat beradaptasi sehingga dapat menghadapi tantangan pandemi. Berkat dukungan dari seluruh stakeholder, Bandara Soekarno-Hatta dapat mempertahankan serta meningkatkan kembali konektivitas penerbangan," paparnya.

Menurut dia lagi, lalu lintas penerbangan turun drastis pada 2020 dan 2021 karena dampak pandemi, namun kemudian berkat kolaborasi yang baik di antara para pemangku kepentingan, lalu lintas kembali meningkat cepat pada 2022 hingga berlanjut ke 2023.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada 2019 sebelum pandemi, jumlah penumpang di Bandara Soetta tercatat 54,5 juta penumpang, lalu turun drastis pada 2020 saat pandemi melanda, yakni menjadi 20,6 juta penumpang dan kembali turun pada 2021 ke 18,8 juta penumpang.

Ketika kondisi pandemi membaik, AP II bersama seluruh pemangku kepentingan berupaya untuk meningkatkan kembali konektivitas dengan membuka rute penerbangan baru, mengaktifkan kembali rute yang sempat ditutup, dan menambah frekwensi penerbangan di rute eksisting.

Pada 2022, jumlah penumpang pesawat meningkat hingga sebanyak 40,5 juta penumpang dan pada 2023 mencapai 50,9 juta penumpang atau merefleksikan tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 93 persen dibandingkan dengan 2019 saat belum ada pandemi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Brand Indonesia Summit 2024 Hadirkan Apresiasi Brand Lokal Pilihan Konsumen dan Brand Peluang Bisnis Pilihan Mitra

Brand Indonesia Summit 2024 Hadirkan Apresiasi Brand Lokal Pilihan Konsumen dan Brand Peluang Bisnis Pilihan Mitra
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, Brand-brand Asli Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang positif sekaligus mampu...


INFOBRAND.ID Kembali Mengapresiasi Brand Pilihan Konsumen Melalui Brand Choice Award

INFOBRAND.ID Kembali Mengapresiasi Brand Pilihan Konsumen Melalui Brand Choice Award
 INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah persaingan brand dan produk yang semakin ketat di channel marketplace, brand yang dipilih secara konsist...


INFOBRAND.ID Sukses Gelar Brand Indonesia Summit 2024

INFOBRAND.ID Sukses Gelar Brand Indonesia Summit 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – INFOBRAND.ID bersama dengan Indonesia Brand Community (IBC) sukses menggelar kegiatan tahunan bertajuk BRAND INDONESIA S...


Pesta Kuliner FYP Terbesar dari Teh Pucuk Harum, Dukung UMKM dengan Kreasi Rasa Lokal dan Inovatif

Pesta Kuliner FYP Terbesar dari Teh Pucuk Harum, Dukung UMKM dengan Kreasi Rasa Lokal dan Inovatif
INFOBRAND.ID- Pucuk Coolinary Festival, pesta kuliner FYP terbesar dari brand Teh Pucuk Harum kembali digelar. Mengajak masyarakat menikmati semarak a...