Senin, 27 Mei 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Strategic Branding Management

Posted by: 13-03-2019 15:59 WIB 210 viewer

Strategic Branding Management
Managing Director ETNOMARK Consulting, Amalia E Maulana

Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang tepat dalam mengelolanya. Jam terbang dan sense of strategic marketing menjadi kunci.  Dalam hal ini ada dua tipe resources yang termasuk dalam pengembangan brand, yakni  alokasi budget marcom dan  alokasi sumber daya manusia.

Perbedaan mengembangkan brand di masa lalu dan masa kini terletak pada bagaimana pengalokasian resources ini. Memilih orang yang tepat yang mengelola brand, termasuk mampu membuat strategi branding.

Sebenarnya usia bukan jadi penentu seseorang menjadi brand manager masa kini. Tetapi, kemampuannya memahami konsumen masa kini. Siapa saja, tua dan muda bisa menduduki jabatan sebagai seorang brand manager masa kini asalkan ia sangat mengerti kebutuhan konsumennya.

Apabila orang yang tak muda lagi didampingi seseorang yang mewakili usia konsumen yang dibidiknya (misalnya untuk produk dengan target anak muda), ini adalah sebuah kondisi yang ideal.

Ini merupakan kombinasi wisdom dan implementasi keseharian yang terbaik. Keduanya saling mengisi untuk menciptakan kedekatan dengan konsumennya dan brand. Saat ini perusahaan yang menyerahkan pengembangan brand masa kininya  kepada anak-anak Zaman Now – bisa jadi mempunyai implikasi yang serius. Mereka belum siap dengan jam terbang pemahaman konsumen dan media habitnya, dan belum mempunyai sense yang kuat untuk menyambungkan pemahamannya dengan  strategi marcom yang jitu.

Di sisi lain, banyak Decision Maker di brand management menganggap kegiatan digital yang menjadi core dari channel komunikasi masa kini, hanya sekedar melengkapi kegiatan Marcom brand saja. Disinilah dilemma bagi perusahaan. Sumber daya manusia perlu dipikirkan dari sisi kombinasi dari orang yang mengerti strategi brand management dan orang- orang yang mewakili jamannya. Mengerti strategi brand management tidak harus dari zaman old atau zaman now – masalahnya bukan pada usia, tetapi pada jam terbang dan sense of strategic marketing nya.

Para pemasar muda millennial di ‘Zaman Now’ berpendapat semua aspek kegiatan pemasaran harus berpusat pada yang berbau digital. Mereka perlu disadarkan juga bahwa dalam dinamika kehidupan konsumen atau yang disebut dengan “the Dynamic Consumer Journey”, tidak semua aspek kehidupan konsumen yang berubah menjadi digital. Perusahaan harus memahami secara holistik insights tentang media habit konsumen di segmen yang dibidik, sehingga bisa mendisain Integrated Brand Communication- digital dan non-digital.

Pemahaman mendalam tentang needs dan perilaku konsumen, dilengkapi dengan media habit mereka membuat brand manager mempunyai informasi dan insights yang cukup untuk memberikan pengarahan kepada para creative partner mereka. Membelah rasio offline-online dari tiap segmen konsumen ditentukan oleh “Communication objectives” brand, bukan oleh budget yang dimiliki oleh divisi digital dan divisi non-digital. Memahami dinamika Consumer Journey menjadi kunci keberhasilan strategi kampanye marcom. Paduan kedua channel online-offline ini memiliki perannya masing-masing dalam memberikan sumbangsih terhadap tujuan komunikasi brand secara keseluruhan.

Kegiatan apapun yang akan dipilih oleh brand manager, baik itu dalam rangka image building, brand activation maupun loyalty building, akan mengikuti pemahaman Consumer Journey. Ini hanyalah masalah taktikal dan implementasi dari strategi segmentation, targeting dan positioning yang lebih kritikal yang diperoleh dari pemahaman consumer journey. []


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Rahasia Agar Tetap Fokus Berkendara Selama Puasa

Rahasia Agar Tetap Fokus Berkendara Selama Puasa
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Menjalani aktivitas di tengah ibadah puasa menjadi tantangan besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Terutama bagi mere...


Membangun Rencana Transformasi Bisnis Digital

Membangun Rencana Transformasi Bisnis Digital
INFOBRAND.ID - Penyesalan terbesar di dunia investor Silicon Valley adalah melewati kesempatan menanamkan modal di bisnis Facebook diawal pengembangan...


4 Cara Nikmati Liburan Keluarga Saat Ramadhan ala OYO Hotel

4 Cara Nikmati Liburan Keluarga Saat Ramadhan ala OYO Hotel
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Berpuasa bukanlah suatu halangan untuk bisa menikmati liburan. Apalagi, puasa tahun ini bertepatan dengan musim libur se...


6 Faktor Utama Agar Brand Bisa Tumbuh di Pasar Kompetitif

6 Faktor Utama Agar Brand Bisa Tumbuh di Pasar Kompetitif
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pada tahun 2018 lalu, perekonomian di Indonesia berkinerja cukup baik. Begitu juga dengan pasar FMCG (Fast Moving Consum...