Sabtu, 22 Januari 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Study Tools, Juara 1 Samsung Innovation Campus Beri Solusi Learning Loss untuk Daring

Posted by: 24-11-2021 10:42 WIB 552 viewer

Study Tools, Juara 1 Samsung Innovation Campus Beri Solusi Learning Loss untuk Daring
Inovasi Study Tools

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Samsung Electronics Indonesia sebagai pemimpin pasar produk teknologi terdepan mengumumkan pemenang Samsung Innovation Campus 2021 (SIC), Study Tools, karya tiga siswa  SMKN 1 Geger Madiun yang menghadirkan pembelajaran praktikum jarak jauh sebagai kebutuhan sekolah online sekaligus solusi atasi learning loss pada siswa SMK.

Rangkaian SIC 2021 yang dimulai pada Januari 2021 telah selesai dengan menghadirkan tiga juara utama yakni Study Tools, Eyeroom dan SmartGen.

Program SIC sejalan dengan misi Revitalisasi SMK dari Kemendikbud Ristek untuk menciptakan lulusan berkualitas demi menjawab kebutuhan kerja yang semakin meningkat seiring dengan akselerasi interaksi digital pada era industri 4.0. Seperti yang disampaikan oleh Risman Adnan M, CTO - Samsung R&D Institute Indonesia, “Sebagai inisiatif corporate citizenship yang berkontribusi pada pertumbuhan digitalisasi, SIC memantapkan perannya dalam menghadirkan generasi muda siap kerja melalui pembekalan dasar keahlian digital sehingga siswa mampu bereksplorasi secara praktikal.

Selain membekali para siswa dan guru, program SIC juga mendorong pola pikir para peserta dalam merespon permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitarnya dengan project atau produk solusi digital.”

Sementara itu, studi Bank Dunia (World Bank) mengungkapkan bahwa siswa Indonesia kehilangan 0,9 tahun masa pembelajaran dan penurunan skor Programme for International Student Assessment (PISA) sebanyak 25 poin selama pandemi . Kondisi tersebut tidak dapat disepelekan dan membutuhkan solusi yang aplikatif untuk mengatasinya, salah satunya bagi pelajar SMK yang membutuhkan kemampuan praktik selama proses pembelajaran.

Tim SMK Negeri 1 Geger Madiun, yang terdiri dari Muhammad Hafiz Falah, Rahmanda Dwi Pandega, dan Dayinta Ayu Faj'rin, menjawab masalah sosial dari learning loss melalui aplikasi Study Tools dan berhasil terpilih sebagai tim terbaik sekaligus juara satu pada Program SIC 2021. Study Tools merupakan aplikasi untuk pembelajaran praktikum secara praktis yang menyediakan simulasi praktik dengan metode drag and drop.

Rahmanda Dwi Pandega, UI/UX Designer Study Tools mengatakan, “Kami melakukan riset mendalam sebelum mengimplementasikan dalam sebuah project. Hasil yang kami temukan dalam wawancara dengan beberapa pelajar SMK yakni adanya tantangan PJJ di mana para siswa tidak bisa melakukan pembelajaran praktik di sekolah dan menyebabkan terjadinya learning loss atau mengakibatkan ketinggalan dan kehilangan proses belajar mendalam layaknya sekolah offline. Karena itu, kami tergerak untuk menghadirkan Study Tools sebagai solusi atas kurangnya kesempatan praktikum serta keterbatasan biaya untuk pengadaan alat dan bahan praktik yang dialami siswa selama PJJ.”

Ketiga siswa yang menciptakan Study Tools bukanlah siswa dalam jurusan teknis karena itu proses pembuatan aplikasi ini penuh tantangan dan tidak mudah. Selama tiga bulan, aplikasi ini dibangun dengan trial and error yang cukup panjang mengingat hal ini adalah pengalaman pertama mereka belajar UI/UX dan coding.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Inovasi Pigeon Hadirkan Botol Susu dengan Motif Batik

Inovasi Pigeon Hadirkan Botol Susu dengan Motif Batik
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pigeon, brand terkemuka produk perawatan bayi terus membuktikan diri sebagai perusahaan yang inovatif. Bukan hanya dari segi k...


Grab Jadi Platform Pertama Dukung Pemetaan Acuan Dasar Pembangunan Nasional

Grab Jadi Platform Pertama Dukung Pemetaan Acuan Dasar Pembangunan Nasional
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Grab perusahaan transportasi on demand yang mengklaim sebagai aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara digandeng Badan...


Pertama di Indonesia, Madurasa Hadirkan Kemasan Botol Terbalik

Pertama di Indonesia, Madurasa Hadirkan Kemasan Botol Terbalik
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mengkonsumsi madu telah menjadi tren baru selama masa pandemi covid-19 yang berlangsung dalam dua tahun terakhir. Uniknya, ber...


Sharp Kenalkan SALLI Asisten Virtual Siap Layani 24 Jam

Sharp Kenalkan SALLI Asisten Virtual Siap Layani 24 Jam
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Sharp Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan layanan service center berbasis sistem Artificial Intelligence di tahu...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

BRANDING & CSR






Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index