Rabu, 01 April 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Survei TRAS N CO Indonesia: Industri Perbankan Paling Aktif di Dunia Digital PR

Posted by: 13-02-2020 15:26 WIB 401 viewer

Survei TRAS N CO Indonesia: Industri Perbankan Paling Aktif di Dunia Digital PR
Ilustrasi

JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia dan media INFOBRAND.ID sepanjang November 2019 hingga Januari 2020 lalu melakukan survei Top Digital PR Index terhadap 583 perusahaan publik dari 43 kategori industri. Survei yang dilakukan melalui tiga parameter penilaian (Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect dan Digital Awareness Aspect) tersebut untuk menentukan industri mana yang paling aktif di dunia digital Public Relation (PR) yang disebut mampu memberikan kekuatan untuk membangun reputasi brand, kredibilitas serta kepercayaan publik.

Terlebih, data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) mencatat bahwa penetrasi pengguna internet d Indonesia mencapai 64,8% di tahun 2018 atau naik sebesar 10,12% dari tahun sebelumnya. Artinya, ada sekitar 171,17 juta jiwa pengguna internet dari total 246,16 juta jiwa penduduk Indonesia berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik). Data tersebut sekaligus membuktikan bahwa internet telah berubah menjadi media yang sangat powerful untuk mendukung segala aktivitas digital PR.

Hasilnya, dari 43 kategori industri yang tersurvei, perbankan berhasil menempati urutan teratas. Dimana corporate brand search yang terindex di Google Indonesia mencapai 379.880 pencarian rata-rata per bulan. Selain itu, industri perbankan juga telah banyak diulas di media mencapai 88.239 pemberitaan dengan persentase 86,29% positif dan 13,71 negatif. Tentunya ini menjadi bukti keberhasilan atas kinerja positif untuk industri perbankan dalam mengolah corporate image perusahaan.

Kemudian di urutan kedua ditempati oleh kategori industri Computer and Service dengan 127.035 pemberitaan yang terdiri dari 88,06% berita positif dan 11,94% berita negatif. Begitu juga dengan corporate brand search untuk industri ini yang tercatat sebanyak 9.860 pencarian di internet setiap bulannya. Artinya, aktivitas yang dilakukan industri ini di internet boleh dibilang cukup aktif yang membuatnya semakin dikenal publik.

Sementara kategori industri Property and Real Estate berhasil menempati urutan ketiga yang dimana dalam melakukan aktivitas PR-nya, industri ini telah diulas media sebanyak 28.441 pemberitaan yang memuat 81,34% berita positif dan 18,66% berita negatif. Bahkan setiap bulannya, industri ini juga telah banyak dicari oleh 52.030 pengguna internet di Indonesia yang membuat industri ini semakin populer di dunia digital.

Selanjutnya ada kategori dari industri Transportation yang telah berhasil mencatat corporate brand search mencapai 436.250 pencarian setiap bulannya di Google Indonesia. Selain itu, industri ini juga telah diulas sebanyak 11.140 pemberitaan dengan persentase positif mencapai 80,91% dan persentase negatif 19,09%.

Dan terakhir hasil survei tersebut mencatat bahwa kategori industri Telecommunication telah diulas sebanyak  39.925 pemberitaan di media sepanjang 2019 lalu dengan 85,33%% berita positif dan 14,67% berita negatif. Tentu saja, ini sekaligus membuktikan kalau aktivitas digital PR telah dilakukan secara maksimal oleh industri ini. Terlebih, setiap bulannya industri ini juga telah dicari oleh pengguna internet Indonesia sebanyak 33.760 pencarian yang tentu saja menjadi kekuatan industri ini di dunia digital.

Melihat hasil survei tersebut, artinya perbankan boleh dibilang sebagai perusahaan publik yang mampu memanfaatkan secara maksimal peran PR digital-nya dalam membangun kepercayaan konsumen khususnya investor untuk memacu pertumbuhan perusahaan di tengah era digitalisasi saat ini.

Perusahaan perbankan juga dinilai telah berhasil mengolah cara dan fungsi komunikasi mereka di media digital atau internet. Oleh karena itu, PR digital menjadi begitu penting untuk membangun citra positif bagi perusahaan perbankan di tanah air. Untuk itu, bagi para praktisi PR, sudah saatnya kini mulai melek digital untuk bisa membangun corporate image menjadi lebih baik lagi.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0

Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0
Integrasi penggunaan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi atau dikenal dengan Era 4.0 sejatinya berpusat pada otomatisasi teknologi yang secara l...


Membangun Corporate Image Melalui Media Digital

Membangun Corporate Image Melalui Media Digital
Public Relation (PR) adalah sebuah profesi yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Hanya bedanya, dulu sebelum internet berkembang pesat seper...


Hasil Survei TRAS N CO Indonesia:  5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: 5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting terkemuka yang mendedikasikan diri terhadap penelitian, perkembangan...


Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produ...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index