Ahad, 12 Juli 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Tahun 2030, Indonesia Ditargetkan Jadi Basis Produksi Mobil Listrik

Posted by: 25-04-2019 16:46 WIB 810 viewer

Tahun 2030, Indonesia Ditargetkan Jadi Basis Produksi Mobil Listrik
Ilustrasi mobil listrik (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Indonesia ditargetkan akan menjadi basis produksi mobil bertenaga Internal Combustion Engine (ICE) atau mobil listrik pada tahun 2030 mendatang, baik untuk pasar domestic maupun ekspor.

Hal ini disampaikan Airlangga saat membuka pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

“Dalam roadmap pengembangan industri kendaraan bermotor, Pemerintah mentargetkan pada 2025, maka 20 persen dari total produksi kendaraan baru di Indonesia sudah berteknologi listrik, sehingga dapat mendukung komitmen Pemerintah Indonesia untuk dapat menurunkan emisi gas rumah kaca (CO2) sebesar 29 persen pada 2030 tanpa bantuan internasional, sekaligus menjaga kemandirian energi nasional,” ungkapnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hal senada juga pernah disampaikan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto beberapa waktu lalu. Menurut dia, agar bisa menjual produk tersebut ke luar negeri, industri nasional diharapkan memproduksi bahan baku dan komponen utamanya secara mandiri.

“Target itu diajukan menyusul telah rampungnya riset mobil listrik yang dilakukan oleh 6 perguruan tinggi negeri di Indonesia,” kata dia.

Adapun keenam perguruan tinggi negeri yang telah menyelesaikan Riset dan Penelitian Komprehensif atas Kendaraan Bertenaga Listrik (Electrified Vehicle Comprehensive Research and Study) tersebut seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Sebelas Maret dan Institut Teknologi Surabaya serta Universitas Udayana.

Riset ini mendapat dukungan penuh dari Kemenperin dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Para peneliti membedah 18 unit mobil listrik dan konvensional dari Toyota Indonesia sebagai bahan penyusunan peta jalan industri otomotif Indonesia.

Mobil-mobil listrik yang mereka riset adalah Toyota Prius, Toyota Prius Plug-in Hybrid dan Corolla Altis. [ded]




Article Related


Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: Marketplace Menggeliat!

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: Marketplace Menggeliat!
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia sebagai entitas yang kredibel dalam penelitian brand di tanah air melakukan survei kepada 154 katego...


Merek-Merek Paling Banyak Dipilih Konsumen di Indonesia, Siapa Juaranya?

Merek-Merek Paling Banyak Dipilih Konsumen di Indonesia, Siapa Juaranya?
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kantar Worldpanel Indonesia, sebuah perusahaan riset pasar, meluncurkan hasil pemeringkatan merek-merek di industri fast movin...


Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19

Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sejak tanggal 2 Maret 2020, virus corona atau covid-19 telah masuk Indonesia dan telah menyebar ke seluruh Indonesia. An...


8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19

8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Konsultan Brand ETNOMARK melakukan riset untuk mengenali gaya perilaku masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini. Sedi...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI