JAKARTA - Pandemi covid-19 membuat bisnis di tahun 2020 memang sangat menantang. Situasi yang terjadi membuat perusahaan dan brand harus memilih strategi khusus untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan.
KFC restoran cepat asal Paman Sam memiliki strategi ciamik mensiasati situasi pandemi covid-19. Meningkatnya penjualan online melalui platform digital mendorong KFC untuk memberikan beragam promo seperti diskon untuk pembelian take away dan drive thru. Selain itu KFC juga bekerjasama dengan Ojek Online (Ojol).
“Sebenarnya dine in kami tetap menerima dengan menerapkan protokol covid dan pembatasan jumlah customer sesuai dengan himbauan pemerintah,” ujar Hendra Yuniarto, GM Marketing PT Fastfood Indonesia Tbk (KFC), kepada infobrand melalui wawancara tertulis.
Berkat strategi yang diterapkan, KFC mampu bertahan di tengah pandemi. Buktinya sepanjang tahun 2020, KFC melakukan pengembangan bisnis dengan membuka store baru di beberapa wilayah di Indonesia.
“Dari sisi jumlah store, dibandingkan 3 tahun yang lalu, ada penambahan 60 store. Total store saat ini ada 741 store,” imbuh Hendra.
Strategi tersebut, lanjut Hendra, menurutnya akan tetap dilakukan di tahun 2021 ini, mengingat pandemi covid-19 yang belum menunjukkan titik terang. Selain itu, pandemi covid-19 juga telah membiasakan masyarakat dengan kebiasaan baru, yakni berbelanja secara online.
“Karena masih masa pandemi, kami lebih meningkatkan pelayanan take away, drive thru dan ojol,” jelas Hendra.
Dengan strategi yang diterapkan, KFC menjadi salah satu pemerima apresiasi Indonesia Brand Champion 2021 yang digelar oleh Infobrand.id sebagai number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia. Apresiasi ini merupakan bukti nyata keberhasilan brand dan perusahaan dalam mengelola dan mengawal setiap kebijakan dan strategi, sehingga mampu menjadi pemenang di bidangnya.
Bagaimana strategi lebih lanjut KFC dan brand-brand lainnya menghadapi tantangan 2020 dan menjadi champion di bidangnya, baca selengkapnya di Annual Achievement Report Indonesia Brand Champion 2021 dan Indonesia Corporate Brand Champion 2021 yang akan terbit di Bulan Maret 2021.