INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berupaya membangun ekosistem pariwisata dengan menggandeng agen-agen perjalanan hingga media dari Indonesia dan Malaysia.
Mengutip Antara, Rabu (7/2/2024), Vice President Corporate & Channel Management PT Garuda Indonesia (Persero) Tbc Arsena Permasadhie mengatakan, posisi Garuda untuk membuat ekosistem adalah sebagai principal.
"Garuda percaya ketika mitra tumbuh, Garuda akan tumbuh,” kata dia.
Dia menambahkan, fungsi maskapai BUMN tersebut sebagai aset bangsa untuk membantu seluruh mitra ikut tumbuh. Menurut dia, mengatakan ekosistem yang dimaksud terdiri dari para mitra agen perjalanan, mitra-mitra korporasi, dan mitra media.
“Nah dari itu semua ketika kita bisa melewati itu (pandemi COVID-19) akhirnya Garuda punya satu komitmen untuk bisa tumbuh bersama kembali dengan mitra-mitra tersebut,” ujarnya.
Dalam hal ini, Garuda membawa tujuh agen perjalanan Indonesia untuk mengikuti kegiatan di Kuala Lumpur, selain juga mengundang 10 agen perjalanan dari Malaysia dalam kegiatan tersebut. Hadir pula sejumlah perwakilan media dari Indonesia dan Malaysia.
Adapun agen perjalanan dari Indonesia kebanyakan merupakan “agen MICE” di mana kliennya mayoritas korporasi, maka ia mengatakan coba didorong agar dapat berkegiatan salah satunya di Malaysia. Agen juga diajak melihat tempat dan juga ajang menarik di pusat Kuala Lumpur.
“Kita berpikir sedikit jauh. Mudah-mudahan korporasi yang datang ke Malaysia melihat ada yang bisa dikerjasamakan,” jelasnya.