Kamis, 14 November 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Wika Dukung Program Siswa Mengenal Nusantara 2019

Posted by: 13-08-2019 15:40 WIB 386 viewer

Wika Dukung Program Siswa Mengenal Nusantara 2019
Seremoni Pembekalan oleh Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara

Jelang kegiatan pertukaran ke Jawa Tengah dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2019, para siswa pelajar yang berasal dari SMU/SMK/SLB terpilih dari Sulawesi Utara mendapatkan pembekalan oleh Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara dan BUMN penanggungjawab BHUN di Manado, Selasa (13/8).

Kegiatan BHUN terselenggara berkat kerjasama BUMN yaitu PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. (WIKA), PT Nindya Karya (Persero) (NK), PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) (BKI) dan Perum DAMRI dan Dinas Pendidikan Sulut. Kegiatan ini diawali dengan seleksi siswa/i berprestasi di Sulut sejak 1 Agustus 2019 lalu yang mana telah terpilih pelajar yang akan mewakili kabupaten/kota asalnya.

Jumlah peserta yang terpilih sebanyak 20 pelajar ditambah 3 pelajar difabel dari sekolah luar biasa (SLB). Para pelajar yang terpilih akan menjadi duta Sulawesi Utara dan selama penyelenggaraan kegiatannya akan didampingi oleh guru berprestasi dan perwakilan dari Diknas.

Pada sambutannya pada saat membuka acara, Kepala Dinas Dikda, Dr. Liesje G.L Punuh, M.Kes. menyampaikan apresiasi terhadap dukungan dari Kementerian BUMN maupun BUMN yang terlibat. Kesempatan dari duta Sulawesi Utara untuk menjalani cross culture di Jawa Tengah diyakini akan memberikan dampak positif bagi para pesertanya.

“Saya berharap, adik-adik yang merupakan siswa/i yang terpilih ini dapat mengambil manfaat dari kegiatan SMN. Pengalaman yang baik yang kalian dapatkan di Jawa Tengah juga harus kalian sebarkan untuk memotivasi semangat belajar teman-temannya dan memupuk kecintaan terhadap  nusa dan bangsa," ungkap Dr. Liesje atau yang biasa disapa Grace.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga kini tengah bersiap untuk menyambut kedatangan para pelajar dari Jawa Tengah yang ingin mengenal lebih jauh tentang Sulawesi Utara.  Peserta SMN Jawa Tengah, yang dikirim oleh Angkasa Pura 1, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, PTPN IX dan PTPN X, akan tiba pada Rabu (14/8) dan memulai aktifitas SMN di bawah Koordinasi WIKA, Nindya, BKI dan Damri.

SMN akan dimulai Kamis (15/8) diawali dengan kegiatan wawasan kebangsaan di Kodim Bolaang Mongondow (Bolmong). Pelajar SMN juga diwajibkan menulis diari atau pengalaman selama mengikuti kegiatan SMN. Siswa/i nantinya juga berkesempatan berkunjung ke Bunaken di Pulau Nain, serta sejumlah lokasi lain yakni Perpustakaan Daerah Jembatan Soekarno, Rumah Kreatif BUMN, Makan Imam Bonjol, Benteng Moraya, Danau Linau, Casa Baio, Pantai Paal, Pantai Surabaya, Manado Independent School, serta belajar bertani di pertanian bunga dan sayuran di Tomohon.

Peserta juga akan mengikuti kegiatan upacara 17 Agustus bersama dengan BUMN-BUMN se-Sulut dan masyarakat di Singkil, Ternate Baru, Manado. Selain itu, peserta akan diajak mengunjungi kantor cabang atau wilayah kerja WIKA, Nindya, BKI dan Damri di Sulut. Acara SMN akan berakhir dan ditutup pada 20/8 di Hotel Novotel, Manado, dan baru kembali ke Jawa Tengah keesokan harinya.

 

Bagian dari BUMN Hadir Untuk Negeri

Siswa Mengenal Nusantara merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang mana pelaksanaan kegiatan-kegiatan didalamnya diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Program BHUN juga menjadi bagian dalam “membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders)” mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN sebagai Agen Pembangunan (Agent of Development) untuk turut serta “Membangun Kapasitas Nasional".

SMN akan terus menjadi andalan penanaman rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Bogasari Fasilitasi Pengusaha Kuliner Dapatkan Sertifikat Halal

Bogasari Fasilitasi Pengusaha Kuliner Dapatkan Sertifikat Halal
PT Bogasari Flour Mills menjadi fasilitator bagi 20 usaha kecil dan menengah (UKM) mitra binaan yang tergabung di Paguyuban Mie Tunggalrasa Garamiro u...


Pavilion Indonesia Raup Rp49 Miliar di Seoul International Café Show

Pavilion Indonesia Raup Rp49 Miliar di Seoul International Café Show
Sejumlah pelaku usaha di Indonesia kembali ambil bagian pada gelaran the 19th Seoul International Café Show yang diselenggarakan pada 7-11 Nove...


SolarTuff: Teruji Puluhan Tahun Sebagai Atap Transparan Terbaik

SolarTuff: Teruji Puluhan Tahun Sebagai Atap Transparan Terbaik
INFOBRAND.ID – PT. Impact Pratama Industri Tbk, sebagai perusahaan yang bergerak dalam memproduksi atap- atap dengan bahan dasar polycarbonate s...


Trend Berlibur Ke Luar Negeri, Carter Pesawat Jadi Produk Primadona TX Travel

Trend Berlibur Ke Luar Negeri, Carter Pesawat Jadi Produk Primadona TX Travel
INFOBRAND.ID - Kebutuhan akan travelling sudah menjadi trend masyarakat masa kini untuk menghabiskan masa berlibur panjang atau sekadar weekend....