JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hadir sebagai destinasi online fashion, beauty, lifestyle utama di Asia, Zalora meluncurkan fitur siaran langsung atau live stream pertamanya, Z-Live, mulai tanggal 25 Juni 2021. Fitur Z-Live diluncurkan bersamaan dengan perayaan kampanye ZALORA Big Fashion Sale, sehingga memudahkan pelanggan berbelanja sembari menonton berbagai episode dari Z-Live.
Fitur live streaming e-commerce saat ini telah berkembang pesat dan diprediksi memiliki nilai USD $19 miliar di Asia Tenggara pada 2023. Hal ini tentu dilandaskan dengan konektivitas yang lebih kuat, peningkatan pendapatan, hingga perkembangan layanan iklan dan konten yang semakin beragam dari industri ini.
Menurut para peneliti, konsumsi konten online harian di seluruh dunia telah meningkat sejak awal pandemi COVID-19, dimana tercatat adanya rata-rata dua kali lipat peningkatan, dari 3 jam 17 menit sampai 6 jam 59 menit.
Mengenai pesatnya perkembangan di dunia live streaming e-commerce ini, CEO Zalora Group, Gunjang Soni mengatakan “Peluncuran fitur live stream merupakan bagian dari rencana strategis kami yang lebih kuat guna menyatukan aspek konten, sosial, dan perdagangan secara bersamaan untuk menciptakan pengalaman belanja yang lebih menarik dan inspiratif di dunia fashion dan lifestyle.”
Melalui Z-Live, perusahaan berharap bisa menyediakan konten yang relevan bagi kebutuhan para pelanggan. Menurut Soni, siaran langsung juga dapat meningkatkan hubungan emosional yang kuat terhadap belanja online, dimana dapat menjembatani kesenjangan antara pengalaman belanja online dan offline seperti ketika menunjukkan sebuah produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan interaksi lainnya.
Fokus aplikasi ini dalam menghadirkan konten adalah akurasi kualitasnya, dan telah dikembangkan oleh tim ZALORA bersamaan dengan brand favorit pelanggan Asia Tenggara. Selain konten siaran langsung, pelanggan juga dapat mencari konten lain yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Z-Live.
Selain untuk kebutuhan live streaming, Z-Live juga berkolaborasi dengan teknologi BeLive, penyedia teknologi live stream dari Singapura. BeLive merupakan pemain live stream utama sejak 2014, dan telah menjadi solusi untuk pelayanan live stream, dan kini membantu mengembangkan platform Z-Live dengan berbagai alat pendukung guna menyediakan pengalaman live stream terbaik. Menghadirkan kualitas video yang baik, BeLive akan mendukung berbagai konten live stream ZALORA dengan kecepatan dan keamanan yang terjamin.
Kenneth Tan, CEO BeLive. “Kami sangat senang dan bangga dapat berkolaborasi untuk mendukung performa Z-Live, sehingga harapannya dapat membantu pertumbuhan industri retail bersama ZALORA.”
Pada episode pertamanya, Zalora akan mengundang sederet selebriti dan influencer ternama di bidang fashion, beauty dan lifestyle seperti Ayla Dimitri, Alika Islamadina, Karina Nadila, Aris Suhendra, Cindercella, Ben Kasyafani, Alva Susilo, Della Dartian.
Z-Live sendiri memiliki 5 segmen live stream, dimana fokus pada berbagai kategori populer ZALORA, dengan penawaran eksklusif dan hadiah giveaway yang dapat dinikmati selama live stream berlangsung. Sebagai kurator brand fashion dan lifestyle terpercaya, pelanggan dapat menyaksikan berbagai konten menarik bersama brand favorit.