Nubiko Perkuat Posisi Brand Pilihan Lewat Edukasi dan Validasi Pasar
Nubiko memperkuat brand choice melalui validasi pasar, edukasi, dan penguatan positioning di IMBEX 2025. Fokus pada produk unggulan dan kebutuhan konsumen.
Nubiko menampilkan rangkaian produk unggulan dan memperkuat edukasi konsumen di IMBEX 2025 (Foto: INFOBRAND/Zeinal).
INFOBRAND.ID, Jakarta — Nubiko menegaskan komitmennya menjaga kualitas dan relevansi di pasar setelah meraih Brand Choice Award 2025 untuk kategori Baby Face Cream. Dalam gelaran IMBEX 2025, brand ini memanfaatkan momentum untuk memperdalam pemahaman terhadap kebutuhan konsumen serta memperkuat brand positioning di tengah persaingan industri baby care yang kian selektif.
Founder dan CEO Nubiko, Levianni Fatrine Wijaya, menjelaskan bahwa langkah pertama setelah menerima penghargaan adalah melakukan validasi ulang terhadap preferensi pasar. "Langkah yang saya ambil untuk menjaga kepercayaan konsumen setelah menerima Brand Choice Award adalah saya melakukan validasi ulang tentunya. Apa sih yang membuat Nubiko ini dipilih di masyarakat berikut juga produk apa yang paling dipakai oleh masyarakat di Indonesia," jelas Levi.
Levianni menambahkan bahwa penguatan positioning menjadi fokus agar brand tetap relevan. "Kita gak boleh lalai dan lengah ya, harus mempertahankan lah porsi dan posisi yang ada sekarang untuk lebih baik. Maka brand positioning adalah salah satu cara untuk kita tahu bahwa sampai di step mana kita bisa terus mengedukasi bahwa Nubiko itu adalah salah satu pilihan produk yang bagus dan baik untuk anak-anak di Indonesia," tambahnya.
Dalam IMBEX tahun ini, Nubiko menampilkan hampir seluruh rangkaian produk utamanya. Levianni menjelaskan, "Overall sih hampir semua produk unggulan. Jadi dari semua produk kita ada essential soothie, ada baby cream, ada hair lotion, dan body lotion. Semuanya insyaAllah adalah produk-produk yang dipercaya oleh market dan best seller saat ini."
Meskipun menampilkan berbagai varian, Nubiko tetap membawa identitas yang menjadi fondasi merek sejak awal. "Tentunya kalau bicara apa sih yang paling ditonjolkan sebagai identitas Nubiko tuh kita menonjolkan produk yang membuat kulit anak lebih sehat. Itulah yang membuat Nubiko dikenal sampai saat ini. Maka hal tersebut gak boleh hilang dari pengenalan dari brand produknya."
Pendekatan tersebut menjadi bagian dari strategi untuk terus mempertahankan kepercayaan konsumen, sekaligus memastikan bahwa awareness publik sesuai dengan positioning yang dibangun.
IMBEX sebagai Sarana Validasi Konsumen dan Penguatan Edukasi
Sebagai pameran terbesar kebutuhan ibu dan anak di Indonesia, IMBEX menjadi ruang yang strategis bagi Nubiko untuk berinteraksi langsung dengan para orang tua. Melalui ajang ini, Nubiko mengumpulkan data dan melihat secara langsung bagaimana masyarakat menilai serta memahami produk mereka.
"Tentu saja dengan customer yang datang kita juga mengumpulkan database yah. Jadi ada database yang kita kumpulkan dengan beberapa pertanyaan yang mana kita tahu bahwa ternyata market itu cukup teredukasi dengan produk kita," ujarnya.
Ia juga menilai bahwa antusiasme publik terhadap IMBEX terus meningkat. "Ketertarikan masyarakat terhadap IMBEX itu masih sangat besar dari tahun ke tahun, bahkan tahun ini nambah terus ya, tenant-nya nambah terus. Berarti kan kepercayaan dan pilihan orang terhadap produk baby itu udah mulai naik, terus lebih selektif lagi."
Interaksi langsung dengan pengunjung tidak hanya menjadi peluang memahami perilaku konsumen, tetapi juga memperkuat upaya edukasi brand. "Dengan adanya IMBEX ini membantu para ibu dan ayah di Indonesia itu lebih teredukasi ketika datang ke sini. Dan kami merasa beruntung juga bisa setiap tahun terlibat di sini."
Nubiko melihat IMBEX sebagai kanal penting dalam upaya menghadirkan informasi dan literasi produk yang lebih mudah diakses. Levianni menyampaikan, "Dengan begitu berarti IMBEX juga telah membantu kami untuk mengedukasi bahwa Nubiko itu adalah salah satu produk terbaik untuk anak-anak."
Melalui validasi pasar, penguatan brand positioning, serta partisipasi aktif dalam IMBEX, Nubiko menegaskan kesiapannya mempertahankan kepercayaan yang diberikan konsumen, khususnya di segmen baby care yang menuntut kualitas dan keamanan tinggi.


