Ahad, 12 Juli 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Bank Indonesia Luncurkan ‘SNI’-nya Pembayaran QR Code

Posted by: 12-07-2019 16:10 WIB 493 viewer

Bank Indonesia Luncurkan ‘SNI’-nya Pembayaran QR Code
Bank Indonesia

Bank Indonesia meluncurkan secara resmi regulasi terkait QRIS (QR Code  Indonesia Standard) yang akan menciptakan interkoneksi dan interoperabilitas bagi pembayaran dengan sistem QR code di seluruh Indonesia. Launching yang telah dilaksanakan di Jakarta pada Senin (27/5) lalu tersebut bersamaan dengan penyelenggaraan seminar “Digital Transformation for Indonesia Economy”.

Dikuti dari website resmi Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) pada Jumat (12/7), bank sentral juga  mengumumkan Indonesia’s Payment  System 2025 (IPS 2025) Vision.

“Hal ini merupakan rangkaian kebijakan sistem pembayaran  yang akan menjadi prioritas Bank Indonesia  dalam enam tahun kedepan,” tulis rilis tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

Secara umum, dalam IPS 2025, Bank Indonesia menyoroti lima isu utama, sebagai berikut;

1. Integrasi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mendukung penyelenggaraan  mandat bank sentral dalam aspek sirkulasi  rupiah, kebijakan moneter, menjaga  stabilitas sistem keuangan dan inklusi  keuangan.

2. Transformasi digital dalam industri  perbankan melalui pemanfaatan teknologi  dan granular data dalam ekonomi digital

3. Menjamin keterhubungan (interlink)  antara bank dan fintech untuk memitigasi  risiko shadow banking melalui pengaturan  pemanfaatan teknologi digital, hubungan  bisnis, dan kepemilikan bisnis.

4. Menjamin keseimbangan antara inovasi,  perlindungan konsumen, integritas dan  stabilitas, serta kompetisi yang sehat melalui  implementasi digital KYC & due diligence APU  PPT, keterbukaan data dan informasi publik,  dan pemanfataan reg-tech dan sup-tech  dalam pelaporan, pengaturan dan  pengawasan.

5. Menjamin kepentingan nasional dalam  aktivitas ekonomi dan keuangan digital cross-  border.

Dalam upaya mencapai dan merealisasikan  lima isu tersebut, BI kemudian membentuk lima  kelompok kerja yakni, Standarisasi Open API,  Mobile  Fast Payment, dan  International Standardization  of Financial Market Initiatives. Lalu, Open Use of  Granular Data, danRegulatory Reform.

Melalui kelompok kerja ini, bank sentral akan secara aktif  bekerjasama dengan industri dan pemangku  kepentingan lainnya dalam menyusun inisiatif  dan kebijakan terkait. Aftech akan terlibat  dan membantu Bank Indonesia dalam  pelaksanaan kelompok kerja Open API BI.

Kesuluruhan strategi transformasi digital ini disusun Bank Indonesia dalam rangka mempersiapkan dan  membangun infrastuktur ekonomi dan  keuangan yang dibutuhkan untuk mendorong,  mengakselerasi, serta upaya mitigasi risiko  yang timbul dari pertumbuhan ekonomi.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: Marketplace Menggeliat!

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: Marketplace Menggeliat!
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia sebagai entitas yang kredibel dalam penelitian brand di tanah air melakukan survei kepada 154 katego...


Merek-Merek Paling Banyak Dipilih Konsumen di Indonesia, Siapa Juaranya?

Merek-Merek Paling Banyak Dipilih Konsumen di Indonesia, Siapa Juaranya?
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kantar Worldpanel Indonesia, sebuah perusahaan riset pasar, meluncurkan hasil pemeringkatan merek-merek di industri fast movin...


Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19

Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sejak tanggal 2 Maret 2020, virus corona atau covid-19 telah masuk Indonesia dan telah menyebar ke seluruh Indonesia. An...


8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19

8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Konsultan Brand ETNOMARK melakukan riset untuk mengenali gaya perilaku masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini. Sedi...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI