Ahad, 12 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bukalapak Perluas Literasi Digital Masyarakat Bersama Pakar Media

Posted by: 2255 viewer

Bukalapak Perluas Literasi Digital Masyarakat Bersama Pakar Media
Najwa Shihab selaku jurnalis dan founder Narasi TV mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan media digital sebagai sarana untuk berinovasi di acara BukaTalks.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, Bukalapak terus berupaya untuk memperluas literasi digital serta turut membangun semangat pemanfaatan media digital yang lebih positif. Melalui gelaran BukaTalks bertajuk “Literasi Era Digital” yang diselenggarakan di Kantor Bukalapak di bilangan Kemang, Bukalapak menggandeng sederet pakar media diantaranya, Najwa Shihab selaku jurnalis dan founder Narasi TV, Ardyan M. Erlangga selaku Managing Editor Vice Indonesia, serta Dahlan Dahi selaku Director Tribunnews.com.

Budi Putra selaku Associate Vice President of Content Bukalapak mengatakan, “BukaTalks merupakan program rutin Bukalapak yang bertujuan untuk membangun wadah bagi para kreator dan inovator dari berbagai bidang untuk saling berbagi cerita inspiratif. Di acara BukaTalks kali ini, Bukalapak mengajak seluruh masyarakat untuk dapat memanfaatkan media digital sebagai sarana bertukar pikiran dan wadah informasi berbobot yang dapat memicu inovasi. Kami mengundang tiga pakar media yang memiliki semangat yang sama untuk membangun media digital dengan cara dan perspektif mereka masing-masing.”

Bukalapak melihat bahwa penetrasi internet di Indonesia merupakan peluang yang harus dimanfaatkan secara optimal untuk memicu inovasi dan kreativitas masyarakat. Berdasarkan hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017, sebanyak 143,26 juta dari 262 juta penduduk Indonesia sudah melek internet. Artinya, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 54,68% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Selebihnya, hasil riset yang dirilis oleh wearesocial.com menunjukkan bahwa durasi penggunaan internet di Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia dengan rata-rata durasi 8 jam 51 menit setiap harinya. Untuk itu, pelaku media digital memegang peranan penting dalam terciptanya arus informasi digital yang positif serta membangun.

IKLAN INFOBRAND.ID

Memahami hal tersebut, Bukalapak berkomitmen untuk turut membangun Indonesia melalui beragam program edukatif dan informatif yang disajikan secara konsisten, seperti BukaReview, BukaMusik, BukaPaket, BukaKisah, serta cuplikan BukaTalks. Hal ini merupakan salah satu langkah nyata Bukalapak dalam memberikan kontribusi positif dalam perkembangan industri digital.

Semangat yang sama juga diutarakan Najwa Shihab selaku jurnalis dan founder Narasi TV, “Ada perubahan besar dalam cara kita mengonsumsi informasi. Hal ini membuat relasi antara jurnalis dan pembuat konten semakin dekat dengan publiknya, sehingga komunikasi yang terjadi bukan lagi satu arah namun dua arah. Untuk itu konten, kolaborasi, komunitas, dan kemampuan untuk membuat hal penting menjadi menarik menjadi kunci utama dalam perkembangan media digital. Apapun yang tampil di layar kita akan melebihi waktu, melampaui generasi, membentuk wajah dan kepribadian negeri. Melalui acara BukaTalks ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk dapat memanfaatkan media digital sebagai sarana bertukar pikiran yang berbobot dan edukatif. Masyarakat harus sadar bahwa begitu memasuki dunia internet, rekam jejak digital menjadi abadi.”

Meluasnya penetrasi digital dan perubahan perilaku masyarakat Indonesia juga menjadi tantangan tersendiri bagi media massa. Dahlan Dahi selaku Director Tribunnews.com mengatakan, “Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi memberikan warna baru dalam industri media. Untuk dapat beradaptasi dengan perubahan, kita harus lihai dalam melihat perilaku audiens. Sekarang informasi dapat diakses di manapun dan kapanpun dengan sangat mudah melalui gawainya, sehingga masyarakat terbiasa dengan laju informasi yang cepat. Media harus kreatif menyajikan informasi yang tidak saja relevan, tapi juga punya value kepada pembaca.”

Opini senada disampaikan oleh Ardyan M. Erlangga selaku Managing Editor Vice Indonesia, “Media digital memiliki tantangan tersendiri. Sebagai pelaku, kita harus pintar dalam memilah informasi mana yang layak untuk dipublikasi dan yang tidak. Selain itu, pemilihan topik dan media komunikasi juga menjadi hal yang krusial dalam menggaet penonton atau pembaca. Untuk itu, perspektif baru dari sebuah peristiwa dan kepiawaian memilih topik yang belum ada di media lain merupakan strategi kami dalam mengisi ruang di industri media digital. Dengan pendekatan imersif, topik tidak harus selalu baru tapi bisa dikemas berbeda, segar dan bisa ditonton atau dibaca kapan saja.”

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024

Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024
INFOBRAND.ID-Jakarta – AIRSCREAM UK dengan bangga mengumumkan ekspansi dan pertumbuhan bisnis mereka di pasar rokok elektrik di seluruh negeri....


Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras

Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem yang te...


Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan

Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Legian Bali, Autograph Collection bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi menjalin kolaborasi dal...


Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024

Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC)...