Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek

Posted by: 3815 viewer

CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek
Hasanuddin Ali CEO & Founder Alvara Research Center

Keluarkan sebuah karya buku yang berjudul Millennial Nusantara, Hasanuddin Ali selaku penulis dan CEO and Founder Alvara Research Center pun juga keluarkan hasil riset mengenai 9 Perilaku Milenial Indonesia.

Riset tersebut pun dilakukan Hasanuddin karena ketertarikannya untuk mempelajari generasi milennial sejak 2012 ketika dirinya membaca sensus penduduk yang dilakukan BPS tahun 2010 yang menunjukkan bahwa piramida penduduk Indonesia akan didominasi oleh penduduk dengan usia muda, dan diprediksikan akan mencapai puncaknya tahun 2025-2030.

Adapun 9 point perilaku milennial Indonesia yang Hasanuddin tuliskan dalam riset yang ia lakukan ialah:

IKLAN INFOBRAND.ID

1.Kecanduan Internet

2.Mudah berpaling ke lain hati

3.Dompet tipis

4.Kerja cepat, kerja cerdas

5.Bisa apa saja

IKLAN INFOBRAND.ID

6.Liburan kapan saja, dimana saja

7. Cuek dengan politik

8.Suka berbagi

9.Tidak harus memiliki

Riset-riset tersebut diatas dikatakan Hasanuddin selain menggunakan data dari BPS, dirinya juga mempelajari berbagai riset terkait milennial diberbagai negara terutama di Amerika Serikat.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami banyak mengambil rujukan dari riset yang dilakukan oleh Pew Research Center yang banyak melakukan riset milennial berbagai negara,” tambah Hasanuddin.

Masih jarangnya di Indonesia orang yang melakukan riset terkait milennial pada saat itu membuat sulitnya mendapatkan referensi tentang generasi milennial di Indonesia lah yang di ceritakan Hasanuddin merupakan sebuah kesulitan yang dirinya alami saat lakukan proses riset tersebut.

Jika ditengok di beberapa point hasil riset diatas, ada yang menyatakan bahwa milennial mampu untuk liburan kapan saja dan dimana saja tapi dipoint berikutnya juga dituliskan jika kaum milennial memiliki dompet tipis, tentu point diatas mengundang pertanyaan bagaimana bisa milennial yang memiliki dompet tipis bisa liburan kapan saja dan dimana saja.

Hassanudin pun menjelaskan yang dimaksud point tersebut ialah, “Saat ini liburan bagi milennial sudah menjadi keharusan, 1 dari 3 milennial di Indonesia melakukan liburan setiap tahun, hal ini tercermin dari setiap kali terjadi long weekend, tempat-tempat wisata ramai dikunjungi oleh wisata.”

sementara untuk pengertian dompet tipis sendiri, Hasanuddin menjelaskan bahwa, “ Yang dimaksud dengan dompet tipis adalah tidak berarti milennial Indonesia tak memiliki uang, mereka punya uang tapi tidak dalam bentuk tunai, mereka lakukan transaksi secara cashless, baik menggunakan kartu (debit, kartu kredit, e-money) ataupun menggunakan aplikasi fintech.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Berikutnya lebih dalam lagi, pada point diatas tedapat juga point yang mengatakan bahwa generasi milennial cuek dengan politik, padahal seperti diketahui saat ini di akun akun social media banyak ditemukan postingan-postingan berbau politik dan direspon banyak juga oleh para generasi milennial yang terlihat dalam kolom komen. 

Hasanuddin pun terangkan maksud dari point tersebut, “Mereka memang riuh di social media soal politik tapi masih kalah dengan tiga topik lain yakni olahraga, musik, dan film. Dari survei yang kita lakukan banyak milennial yang masuk kategori pemilih apatis dan mengambang, jumlah lebih besar dibanding generasi-generasi yang lebih tua.”

Adanya hasil riset tersebut, pria yang mengenyam pendidikan statistika ITS Surabaya ini berharap agar generasi milennial tidak boleh hanya menjadi obyek, milennial Indonesia harus menjadi subyek, harus menjadi penggerak utama arus perubahan di Indonesia, sehingga mereka akan menjadi generasi emas yang akan menentukan wajah indonesia di tahun 2025-2030.

lebih lanjut mengenai hasil riset dapat dicek link dibawah ini:

9 Perilaku Milennial Indonesia   

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...