Ahad, 12 Juli 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Hasil Kinerja Keuangan QNB Group untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2017

Posted by: 22-01-2018 14:06 WIB 503 viewer

Hasil Kinerja Keuangan QNB Group untuk Tahun yang Berakhir pada 31 Desember 2017
QNB

QNB Group (“Group”), lembaga keuangan terbesar di Timur Tengah dan Afrika (MEA), mengumumkan hasil kinerja keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017. Pada hasil kinerja keuangan yang berakhir 2017, Laba Bersih mencapai QAR13,1 miliar (USD3,6 miliar), naik 6% dibanding tahun lalu. Total aset meningkat 13% dari Desember 2016 mencapai QAR811 miliar (USD223 miliar), tertinggi yang pernah diraih oleh Group.

Direksi telah merekomendasikan kepada General Assembly (Majelis Umum) untuk membagikan dividen tunai sebesar 60% dari nilai nominal saham (QAR 6.0 per saham). Hasil keuangan untuk 2017 bersamaan dengan distribusi keuntungan ini tunduk pada persetujuan Qatar Central Bank (QCB).

Penggerak utama pertumbuhan total aset berasal dari pinjaman dan uang muka yang tumbuh sebesar 12% mencapai QAR584 miliar (USD161 miliar). QNB Group juga meningkatkan simpanan nasabah sebesar 16% hingga mencapai QAR586 miliar (USD161 miliar) dari Desember 2016. Hal ini menyebabkan menurunnya rasio pinjaman terhadap suku bunga pinjaman dari 102,7% pada Desember 2016 menjadi 99,8% pada 31 Desember 2017.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain sebagai sumber pendapatan yang berkesinambungan, langkah Group untuk efisiensi operasional berhasil mendukung penghematan biaya. Hal ini membantu QNB Group untuk meningkatkan rasio efisiensi (cost to income ratio ) menjadi 29,1%, dari 30,4% tahun lalu yang merupakan salah satu rasio terbaik di antara lembaga keuangan besar di wilayah ini.

Kebijakan penyisihan kerugian pinjaman konservatif Group dan upaya pemulihan yang kuat membantu mengurangi biaya penurunan nilai bersih pada buku pinjaman QNB sepanjang tahun yang menunjukkan kualitas kredit yang kuat dari aset inti bank. Rasio kredit bermasalah sebesar 1,8% pada 31 Desember 2017 telah dipantau secara konsisten, dari tahun ke tahun, mencerminkan kualitas tinggi dari buku pinjaman Group dan pengelolaan risiko kredit yang efektif. Kebijakan konservatif Group sehubungan dengan penyediaan pinjaman memperbaiki rasio cakupan menjadi 112% pada tanggal 31 Desember 2017.

Total Ekuitas meningkat sebesar 11% dari Desember 2016 hingga mencapai QAR79 miliar (USD22 miliar) per 31 Desember 2017. Laba per saham mencapai QAR13.7 (USD3,8) dibandingkan dengan QAR13.1 (USD3,6) pada bulan Desember 2016.

Rasio Kecukupan Modal Group (Capital Adequacy Ratio/CAR) pada tanggal 31 Desember 2017 adalah sebesar 16,49%, lebih tinggi dari persyaratan minimum peraturan Qatar Central Bank dan Basel Committee.

QNB Group berhasil masuk ke pasar baru untuk kebutuhan pendanaan jangka panjang yang stabil dengan menerbitkan obligasi Formosa pada bulan September 2017 melalui program Euro Medium Term Note (EMTN) dan telah terdaftar di Bursa Efek Taipei. Dalam program ini, USD630 juta obligasi diterbitkan dengan masa jatuh tempo 30 tahun yang dapat dipungut biaya setiap 5 tahun. Penerbitan obligasi Formosa merupakan bagian dari strategi berkelanjutan QNB Group untuk memastikan diversifikasi pendanaan dan juga mencerminkan kepercayaan investor terhadap kinerja keuangan QNB Group yang kuat.

QNB Group melayani lebih dari 22 juta Nasabah, memiliki lebih dari 28.200 staf yang beroperasi di 1.230 lokasi dan dengan jaringan ATM lebih dari 4.300 mesin.

Tentang Bank QNB Indonesia

PT Bank QNB Indonesia Tbk berdiri di Medan pada tahun 1913 dengan nama NV Chunghwa Sangyeh Maatschappij yang kemudian pada tahun 1965 mengubah namanya menjadi PT Bank Kesawan. Bank memindahkan lokasi kantor pusat ke Jakarta pada tahun 1990. Pada tahun 2011, Bank memperkuat struktur permodalan melalui Right Issue yang menjadikan Qatar National Bank Q.P.S.C. (QNB Group) sebagai pemegang saham pengendali dan kemudian berubah nama menjadi PT Bank QNB Kesawan Tbk.  

Bank melakukan transformasi besar dalam nama dan logo pada 5 November 2014; dari PT Bank QNB Kesawan Tbk berubah menjadi PT Bank QNB Indonesia Tbk. Saat ini, Bank memiliki 48 Kantor Cabang dan 67 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia serta didukung oleh lebih dari 49.000 jaringan ATM Bersama. Di tahun 2017, melalui Right Issue V kepemilikan saham QNB Group naik menjadi 90,96%. Pada tahun yang sama Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) menetapkan peringkat "idAA" kepada PT Bank QNB Indonesia Tbk.  


QNB

Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Adira Gandeng Modal Rakyat Pasarkan Perlindungan Kendaraan Bermotor

Adira Gandeng Modal Rakyat Pasarkan Perlindungan Kendaraan Bermotor
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Saat ini, bersamaan dengan masuknya pandemi COVID-19 yang menimbulkan ketidakpastian ekonomi dan terhentinya beberapa kegiatan...


Dengan Tokopedia Salam, Berkurban Kini Menjadi Lebih Mudah

Dengan Tokopedia Salam, Berkurban Kini Menjadi Lebih Mudah
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam rangka menyambut perayaan Iduladha pada 31 Juli mendatang, Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam kembali menghadir...


Kredit Digital Tingkatkan Kepercayaan pada Industri E-Commerce Indonesia di Tengah Pandemi

Kredit Digital Tingkatkan Kepercayaan pada Industri E-Commerce Indonesia di Tengah Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi membuat pilihan berbelanja di e-commerce dengan metode pembayaran yang praktis menjadi salah satu solusi yang tepat ba...


Mudahkan Nasabah, Buka Rekening BRI Kini Bisa Lewat Online

Mudahkan Nasabah, Buka Rekening BRI Kini Bisa Lewat Online
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bank BRI kembali melakukan terobosan digital banking guna memberikan kemudahan dan keamanan layanan perbankan. Kali ini, BRI m...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI