Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pentingnya Omnichannel Bagi Bisnis di Era Digital

Posted by: 2918 viewer

Pentingnya Omnichannel Bagi Bisnis di Era Digital
Omnichannel.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam perkembangannya teknologi semakin memberikan kemudahan bagi kita dalam melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya perkembangan teknologi dalam kegiatan perdagangan, atau akrab disebut dengan e-commerce. Ke depan aktivitas belanja online akan semakin mudah dan memanjakan masyarakat.

Hadi Kuncoro, Group CEO PowerCommerce.Asia, meyakini kebiasaan masyarakat dalam menggunakan teknologi digital dalam kegiatan sehari-hari akan akan semakin kuat. Ke depan semua akan menjadi virtual, bahkan saat pandemi sudah berhenti, aktivitas di luar ruang makin berkurang, yang akhirnya menciptakan hybrid dan mendorong layanan omnichannel.

“Tahun 2022 menjadi sangat penting dan krusial. Karena sejak pembangunan selama ekosistem terdigitalisasi, awarness, trafic, dan traction, sudah terintegrasi dengan ekosistem di luar. Maka, seluruh kanal dan channel, marketing channel, hingga sales, dan payment, dan logistik harus terintegrasi satu sama lain,” ujar Hadi Kuncoro, dalam sesi Webinar di Infobrand.id.

IKLAN INFOBRAND.ID

Karena itu kedepan omnichannel akan banyak diterapkan dalam bisnis karena memberikan banyak sekali manfaat. Oleh karena itu, omnichannel menjadi strategi bisnis yang layak diaplikasikan oleh para pelaku bisnis di era modern ini. Berikut beberapa alasan pentingnya omnichannel bagi sebuah bisnis.

1. Mengintegrasikan Berbagai Channel

Omnichannel merupakan strategi yang menghubungkan berbagai channel atau saluran penjualan dalam bisnis. Baik offline maupun online, semua channel akan dihubungkan pada satu saluran yang terpusat. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis lebih mudah dalam memeriksa stok barang, melakukan analisis, hingga memeriksa total penjualan. Dengan adanya integrasi pada satu channel yang terpusat, maka pemilik bisnis bisa meningkatkan produktivitas toko.

2. Mendapatkan Data Dan Membuat Strategi Yang Spesifik

Contoh bentuk meningkatnya produktivitas berkat adanya omnichannel adalah pembuatan rencana atau strategi penjualan yang lebih spesifik. Strategi yang spesifik bisa disusun berdasarkan data-data yang dikumpulkan melalui semua channel penjualan. Dari data tersebut, pelaku bisnis bisa mengetahui bagaimana karakteristik dan tingkah laku pelanggan selama bertransaksi di channel tersebut. Setelah mengetahui karakteristik pelanggan, pengusaha kemudian bisa menyusun campaign dan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

IKLAN INFOBRAND.ID

3. Memberikan Pengalaman Menyenangkan Bagi Konsumen

omnichannel akan memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada semua konsumen. Apalagi, sistem ini memungkinkan pelaku bisnis untuk membuat channel atau sambungan dari toko offline dan online. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh sistem omnichannel, tentunya akan membuat pelanggan betah dan mendapat pengalaman belanja yang menyenangkan.

4. Mendorong Traffic Dan Penjualan

Sebuah penelitian berhasil mengungkapkan bahwa penjualan toko online akan mengalami peningkatan hingga 15-30% setelah menerapkan strategi omnichannel. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa customer cenderung akan berkunjung ke toko offline setelah mendapatkan informasi secara online melalui website. Secara tidak langsung, omnichannel akan meningkatkan jumlah pengunjung toko offline Anda.

5. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

IKLAN INFOBRAND.ID

omnichannel marketing akan memberikan pengalaman yang konsisten kepada customer di semua platform. Bukan hanya itu, strategi bisnis ini juga menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi untuk masing-masing konsumen. Pendekatan seperti ini, tentunya akan meningkatkan pengalaman konsumen secara menyeluruh. Hal ini kemudian akan mengarah pada meningkatnya loyalitas konsumen.

6. Meningkatkan Brand Recall

Strategi omnichannel sangat menekankan konsistensi lintas platform. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua konsumen akan melihat informasi brand Anda dengan cara yang sama pada seluruh perangkat dan platform. Konsistensi inilah yang akan membantu meningkatkan brand recall bagi pelanggan Anda. Dengan memberikan kesan brand recall yang kuat, maka hal ini akan meningkatkan pembelian dari seluruh konsumen.

Agus Aryanto

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Catat, 11-12 Mei Mendatang SPEKIX 2024 akan Digelar di JCC

Catat, 11-12 Mei Mendatang SPEKIX 2024 akan Digelar di JCC
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Special Kids Expo (SPEKIX) 2024 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 11-12 Mei 2024 dengan tuj...


Tingkatkan Bisnis UMKM, Kadin Dorong Pemanfaatan Digital

Tingkatkan Bisnis UMKM, Kadin Dorong Pemanfaatan Digital
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong digitalisasi bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) un...


Bluebird Hadirkan Lifecare Taxi Baru dengan Kursi Otomatis Khusus

Bluebird Hadirkan Lifecare Taxi Baru dengan Kursi Otomatis Khusus
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Blue Bird Tbk (Bluebird) layanan terbaru Lifecare Taxi yang dilengkapi kursi khusus untuk mendukung mobilitas lansia, orang...


Tahun Lalu, PlayStation 5 Terjual 54,8 Juta Secara Global

Tahun Lalu, PlayStation 5 Terjual 54,8 Juta Secara Global
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sony Indonesia memaparkan sejumlah pencapaian yang diraih PlayStation selama tahun 2023, di antaranya konsol PlayStation 5 yan...