JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam perkembangannya teknologi semakin memberikan kemudahan bagi kita dalam melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya perkembangan teknologi dalam kegiatan perdagangan, atau akrab disebut dengan e-commerce. Ke depan aktivitas belanja online akan semakin mudah dan memanjakan masyarakat.
Hadi Kuncoro, Group CEO PowerCommerce.Asia, meyakini kebiasaan masyarakat dalam menggunakan teknologi digital dalam kegiatan sehari-hari akan akan semakin kuat. Ke depan semua akan menjadi virtual, bahkan saat pandemi sudah berhenti, aktivitas di luar ruang makin berkurang, yang akhirnya menciptakan hybrid dan mendorong layanan omnichannel.
“Tahun 2022 menjadi sangat penting dan krusial. Karena sejak pembangunan selama ekosistem terdigitalisasi, awarness, trafic, dan traction, sudah terintegrasi dengan ekosistem di luar. Maka, seluruh kanal dan channel, marketing channel, hingga sales, dan payment, dan logistik harus terintegrasi satu sama lain,” ujar Hadi Kuncoro, dalam sesi Webinar di Infobrand.id.
Karena itu kedepan omnichannel akan banyak diterapkan dalam bisnis karena memberikan banyak sekali manfaat. Oleh karena itu, omnichannel menjadi strategi bisnis yang layak diaplikasikan oleh para pelaku bisnis di era modern ini. Berikut beberapa alasan pentingnya omnichannel bagi sebuah bisnis.
1. Mengintegrasikan Berbagai Channel
Omnichannel merupakan strategi yang menghubungkan berbagai channel atau saluran penjualan dalam bisnis. Baik offline maupun online, semua channel akan dihubungkan pada satu saluran yang terpusat. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis lebih mudah dalam memeriksa stok barang, melakukan analisis, hingga memeriksa total penjualan. Dengan adanya integrasi pada satu channel yang terpusat, maka pemilik bisnis bisa meningkatkan produktivitas toko.
2. Mendapatkan Data Dan Membuat Strategi Yang Spesifik
Contoh bentuk meningkatnya produktivitas berkat adanya omnichannel adalah pembuatan rencana atau strategi penjualan yang lebih spesifik. Strategi yang spesifik bisa disusun berdasarkan data-data yang dikumpulkan melalui semua channel penjualan. Dari data tersebut, pelaku bisnis bisa mengetahui bagaimana karakteristik dan tingkah laku pelanggan selama bertransaksi di channel tersebut. Setelah mengetahui karakteristik pelanggan, pengusaha kemudian bisa menyusun campaign dan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.
3. Memberikan Pengalaman Menyenangkan Bagi Konsumen
omnichannel akan memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada semua konsumen. Apalagi, sistem ini memungkinkan pelaku bisnis untuk membuat channel atau sambungan dari toko offline dan online. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh sistem omnichannel, tentunya akan membuat pelanggan betah dan mendapat pengalaman belanja yang menyenangkan.
4. Mendorong Traffic Dan Penjualan
Sebuah penelitian berhasil mengungkapkan bahwa penjualan toko online akan mengalami peningkatan hingga 15-30% setelah menerapkan strategi omnichannel. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa customer cenderung akan berkunjung ke toko offline setelah mendapatkan informasi secara online melalui website. Secara tidak langsung, omnichannel akan meningkatkan jumlah pengunjung toko offline Anda.
5. Meningkatkan Loyalitas Konsumen
omnichannel marketing akan memberikan pengalaman yang konsisten kepada customer di semua platform. Bukan hanya itu, strategi bisnis ini juga menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi untuk masing-masing konsumen. Pendekatan seperti ini, tentunya akan meningkatkan pengalaman konsumen secara menyeluruh. Hal ini kemudian akan mengarah pada meningkatnya loyalitas konsumen.
6. Meningkatkan Brand Recall
Strategi omnichannel sangat menekankan konsistensi lintas platform. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua konsumen akan melihat informasi brand Anda dengan cara yang sama pada seluruh perangkat dan platform. Konsistensi inilah yang akan membantu meningkatkan brand recall bagi pelanggan Anda. Dengan memberikan kesan brand recall yang kuat, maka hal ini akan meningkatkan pembelian dari seluruh konsumen.
Agus Aryanto