Selasa, 26 Januari 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Presiden Jokowi Dorong Produk SME Masuk E-Catalogue

Posted by: 06-11-2019 14:59 WIB 788 viewer

Presiden Jokowi Dorong Produk SME Masuk E-Catalogue
Presiden Jokowi (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus mendorong produk SME (Small Medium Enterprise) untuk masuk ke dalam e-catalogue untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah/lembaga. Hal ini disampaikannya dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019 di Jakarta, Rabu (6/11).

Dia meminta agar aturan e-catalogue tidak mempersulit produk-produk dalam negeri. Ia ingin agar produk SME bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri. “Fasilitasi agar barang dalam negeri bisa masuk e-catalogue,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, upaya pemerintah untuk mempermudah aturan tersebut tampak dari keinginan untuk mengajukan omnibus law, satu undang-undang (UU) yang sekaligus merevisi beberapa UU bahkan puluhan UU.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kita akan memberikan insentif khusus industry kecil yang barangnya masuk e-catalogue, supaya ramai-ramai masuk ke e-catalogue,” jelasnya.

Sementara Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto mengatakan bahwa total belanja barang/jasa pemerintah pada periode 2015-2019 adalah sebesar Rp5.335 triliun. Dengan nilai penghematan sebesar Rp177,93 triliun dari proses pengadaan melalui e-tendering dan e-purchasing. 

Selanjutnya, Presiden Jokowi meminta LKPP dapat bersinergi dengan lembaga-lembaga terkait misalnya Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk mengurus SNI. “Dengan kinerja yang baik LKPP berkontribusi optimal  mendorong produk dalam negeri diserap sebanyak-banyaknya dalam proses pengadaan, kedua menciptakan lapangan kerja, dan ketiga pengembangan SME,” ujar Jokowi.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Trend E-Commerce Live Streaming dan Konten Rekomendasi Tumbuh Signifikan

Trend E-Commerce Live Streaming dan Konten Rekomendasi Tumbuh Signifikan
JAKARTA - 2020 menjadi tahun pemicu lonjakan aktivitas digital termasuk belanja online. Hasil survei dari salah satu bank swasta di Indonesia menemuka...


Brand-Brand Mobil Launching Produk Baru di Masa Pandemi

Brand-Brand Mobil Launching Produk Baru di Masa Pandemi
JAKARTA - Berdasarkan pemberitaan digital di Indonesia, Suzuki berada di urutan pertama brand terpopuler dengan adanya moto GP dengan Joan Mir (2,43...


Era Belanja Online, Paylater Bakal Naik Daun di 2021

Era Belanja Online, Paylater Bakal Naik Daun di 2021
JAKARTA - Fenomena konsep buy now pay later (BNPL) “beli sekarang, bayar nanti” atau yang lebih dikenal sebagai Paylater di Indonesia kian...


Carsome Prediksi Pasar Mobil Bekas Akan Lebih Bergairah di 2021

Carsome Prediksi Pasar Mobil Bekas Akan Lebih Bergairah di 2021
JAKARTA - Tidak hanya penjualan mobil baru yang mulai pulih, animo pasar mobil bekas di Indonesia diprediksi akan semakin bergairah pada kuartal kedua...