Rabu, 21 Agustus 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Sebagus Apapun Aplikasi yang Di Punya Akan Percuma Bila TIDAK ADA Yang Menggunakan.

Posted by: 25-07-2018 17:41 WIB 537 viewer

Sebagus Apapun Aplikasi yang Di Punya Akan Percuma Bila TIDAK ADA Yang Menggunakan.
Andreas Agung Bawono

Saat ini aplikasi mobile sangat mendominasi di smartphone para konsumen. Beragam aplikasi ditawarkan kepada para pengguna smartphone dengan memberikan berbagai fitur layanan yang memanjakan para pengunduhnya. Lantas, apa yang melatarbelakangi banyaknya jumlah aplikasi mobile di Indonesia? Apakah semua lini bisnis membutuhkan aplikasi mobile?

Kali ini, redaksi INFOBRAND.ID telah melakukan wawancara dengan pakar digital marketing Andreas Agung Bawono.  Berikut ini petikan wawancara redaksi INFOBRAND.ID dengan Andreas.

Menurut kacamata pengamatan anda, apa yang mendasari banyaknya aplikasi mobile yang muncul ke permukaan saat ini?

Sebab yang paling utama tentunya adalah karena terjadinya pergeseran dunia kita ke era Teknologi Digital, yang kemudian melahirkan salah satu alat telekomunikasi canggih saat ini, yang kita kenal sebagai Smartphone.

 

Di indonesia sendiri, menurut data dari lembaga riset e-marketer, jumlah pengguna smartphone di negara kita, sampai akhir 2018, diperkirakan ada lebih dari 100 juta pengguna! Jumlah yang luar biasa Besar, dan menempatkan Indonesia sebagai negara ke-4 Terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna smartphone, di bawah China, India dan USA.

 

Nah, perubahan ke era digital, dan kemunculan smartphone inilah yang memicu perubahan besar-besaran juga dari cara orang berbisnis dan melakukan pemasaran, sehingga mendorong munculnya banyak sekali aplikasi mobile saat ini, dan di masa depan tentunya akan terus bertambah.  Saat ini, Bisnis yang berbasis digital atau internet adalah bisnis yang memiliki prospek masa depan paling cerah.

Segmentasi Bisnis seperti apa yang cocok untuk dibuatkan aplikasi mobilenya saat ini? Apakah semua lini bisnis cocok untuk memiliki aplikasi mobile?  

Jadi begini, kita mesti melihatnya dari pangsa pasar atau target market kita. Ketika target market kita SUDAH menggunakan Smartphone yang terkoneksi ke Internet, maka itu berarti bisnis kita COCOK untuk dibuatkan aplikasi mobile.

 

Jadi mau anda berbisnis di bidang apapun; entah itu ritel, properti, perbankan, restoran, game, kafe, software, transportasi, bengkel, kesehatan, hingga berbagai Jasa, bahkan hingga band musik sekalipun, ketika target market anda, para peminat anda itu SUDAH menggunakan Smartphone yang Terkoneksi dengan Internet, maka itu berarti Bisnis anda COCOK dipasangi aplikasi mobile.

Jadi, bila melihat kondisi sekarang, ada Ratusan Juta orang yang sudah menggunakan Smartphone dan terkoneksi ke Internet. Dengan kata lain, segala lini bisnis bisa dibilang cocok untuk memiiki aplikasi mobile.

Banyak brand atau merek mengeluarkan aplikasi mobilenya saat ini. Menurut anda, apa yang harus dilakukan oleh perusahaan atau merek untuk menjadikan aplikasi mobile nya menjadi pilihan setia pengguna smartphone?

Yang pertama tentunya harus banyak-banyak berpromosi secara rutin. Promosi yang efektif adalah via digital marketing, seperti lewat Website dan Facebook Ads (Iklan Berbayar di FB), supaya semakin banyak orang yang tahu tentang aplikasi tersebut dan kemudian mendownloadnya.

Ada quote yang menarik, “Sebagus apapun aplikasi yang kamu punya, tentu akan percuma bila TIDAK ADA yang menggunakannya.” 

Oleh karena itu, harus rajin berpromosi, supaya semakin banyak orang yang tahu dan menggunakannya. Tetapi kembali lagi, apabila orang sudah mendownload, tapi aplikasinya buruk, mereka hanya akan menghapusnya lagi. Oleh karena itu, sangat penting memiliki aplikasi yang berkualitas, antara lain : berisi konten-konten yang selalu update sesuai dinamika bisnis anda, waktu loading-nya jangan terlalu lama, tampilan dan navigasinya harus simple supaya tidak memusingkan pembaca, perbaiki juga segala ‘bug-bug’ yang mungkin muncul dan bisa menyebabkan error. Intinya, anda juga harus me-maintain aplikasi tersebut dengan serius.  Jangan ditinggalkan begitu saja tanpa melakukan update-update, baik konten maupun kinerjanya. Itulah antara lain hal-hal yang mesti dilakukan.

Banyaknya perusahaan yang sudah menggunakan Mobile Apps ini, strategi branding seperti apa yang cocok di segmentasi mobile apps ini agar aplikasinya dikenal dan diunduh secara maksimal oleh pengguna dibandingkan perusahaan sejenis?

Intinya anda harus melakukan banyak promosi. Memang mengeluarkan biaya, tetapi rutin berpromosi adalah jalan terbaik agar aplikasi anda bisa dikenal secara luas, dan bahkan bisa mengalahkan kompetitor anda nantinya, dalam arti aplikasi andalah yang paling banyak dikenal dan didownload orang.

Promosi yang paling efektif untuk aplikasi mobile adalah dengan digital marketing, seperti lewat Website dan Facebook Ads. Dan anda juga bisa memanfaatkan promosi yang gratis lewat sosial media, dengan misalnya membuat postingan rutin di FB dan Instagram tentang aplikasi anda tersebut. Dengan demikian aplikasi anda ini semakin banyak dikenal orang.

Masih berkaitan dengan pertanyaan diatas, materi Iklan seperti apa yang bisa menarik perhatian? Dan apa saja yang harus dilakukan perusahaan dalam beriklan di era millennial saat ini?

Iklan yang bisa menarik perhatian di aplikasi mobile ada beberapa jenis, antara lain : iklan banner standar, yang biasanya tetap menggantung di bagian atas/bawah aplikasi. Lalu ada juga iklan transisi, yang biasanya muncul ketika kita berganti menu atau halaman. Dan ada juga floating banner, yang mirip seperti banner standar, hanya saja floating banner ini bisa ditutup secara manual atau tertutup otomatis setelah sekian waktu.

 

Bagi perusahaan, yang penting dalam sebuah iklan adalah menampilkan konten yang baik dengan paduan antara teks, gambar, dan warna yang klop-serasi, sehingga nyaman dipandang mata. Dan jangan pernah mengeksploitasi iklan, dalam arti iklan yang hadir begitu banyak, hingga bertubi-tubi, terlalu banyak iklan yang muncul dimana-mana. Bila seperti ini, justru malah membuat kapok pengunjung yang menggunakan aplikasi anda.   

Secara sales, apakah sebuah aplikasi mobile bisa meningkatkan sales sebuah perusahaan?

Bisa. Saya gambarkan contohnya dalam alur sederhana sebagai berikut, misal anda perusahaan katering dan mempunyai aplikasi mobile, lalu anda promosikan aplikasi tersebut secara ‘jor-joran’ di Facebook Ads supaya banyak yang mendownload.

Setelah banyak yang mendownload, tentunya banyak yang menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat menu, memilih menu, memesan makanan, mendapat diskon, bertransaksi, dll. Singkat cerita, aplikasi tersebut ternyata sangat berguna dan bisa lebih memudahkan konsumen anda. Intinya konsumen anda Puas karenanya, sehingga dia mereferensikan aplikasi tersebut agar diinstall juga oleh keluarga dan teman-temannya.  Nah dari situ pengguna aplikasi anda sudah bisa bertambah dengan sendirinya, yang tentunya bisa berdampak pada meningkatnya penjualan anda.

Andreas Agung Bawono

www.andreasagung.com

 

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Brand Adalah Doa

Brand Adalah Doa
Seorang pujangga kelas dunia, William Shakespeare (1564 – 1616) pernah mengatakan “What is in a name” , apalah arti sebuah nama....


Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Aman dan Terpercaya

Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Aman dan Terpercaya
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Klinik kecantikan menjadi salah satu tempat favorit kaum hawa untuk memanjakan tubuh mereka agar tetap terlihat cantik d...


Pentingnya Memanfaatkan Kekuatan Cerita Untuk Branding

Pentingnya Memanfaatkan Kekuatan Cerita Untuk Branding
SURABAYA, INFOBRAND.ID - Metode bercerita atau story telling merupakan metode yang cukup efektif dalam menarik perhatian audiens. Dimana melalui sebua...


Gancar Premananto: Pameran Bisa Digunakan Untuk Membangun Merek

Gancar Premananto: Pameran Bisa Digunakan Untuk Membangun Merek
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan bahwa suatu...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES











Index

PRODUCT UPDATE






Index

OPPORTUNITIES UPDATE




Index