Kamis, 21 Februari 2019

infobrand




Sebagus Apapun Aplikasi yang Di Punya Akan Percuma Bila TIDAK ADA Yang Menggunakan.

Posted by: 25-07-2018 17:41 WIB 376 viewer

Sebagus Apapun Aplikasi yang Di Punya Akan Percuma Bila TIDAK ADA Yang Menggunakan.
Andreas Agung Bawono

Saat ini aplikasi mobile sangat mendominasi di smartphone para konsumen. Beragam aplikasi ditawarkan kepada para pengguna smartphone dengan memberikan berbagai fitur layanan yang memanjakan para pengunduhnya. Lantas, apa yang melatarbelakangi banyaknya jumlah aplikasi mobile di Indonesia? Apakah semua lini bisnis membutuhkan aplikasi mobile?

Kali ini, redaksi INFOBRAND.ID telah melakukan wawancara dengan pakar digital marketing Andreas Agung Bawono.  Berikut ini petikan wawancara redaksi INFOBRAND.ID dengan Andreas.

Menurut kacamata pengamatan anda, apa yang mendasari banyaknya aplikasi mobile yang muncul ke permukaan saat ini?

Sebab yang paling utama tentunya adalah karena terjadinya pergeseran dunia kita ke era Teknologi Digital, yang kemudian melahirkan salah satu alat telekomunikasi canggih saat ini, yang kita kenal sebagai Smartphone.

 

Di indonesia sendiri, menurut data dari lembaga riset e-marketer, jumlah pengguna smartphone di negara kita, sampai akhir 2018, diperkirakan ada lebih dari 100 juta pengguna! Jumlah yang luar biasa Besar, dan menempatkan Indonesia sebagai negara ke-4 Terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna smartphone, di bawah China, India dan USA.

 

Nah, perubahan ke era digital, dan kemunculan smartphone inilah yang memicu perubahan besar-besaran juga dari cara orang berbisnis dan melakukan pemasaran, sehingga mendorong munculnya banyak sekali aplikasi mobile saat ini, dan di masa depan tentunya akan terus bertambah.  Saat ini, Bisnis yang berbasis digital atau internet adalah bisnis yang memiliki prospek masa depan paling cerah.

Segmentasi Bisnis seperti apa yang cocok untuk dibuatkan aplikasi mobilenya saat ini? Apakah semua lini bisnis cocok untuk memiliki aplikasi mobile?  

Jadi begini, kita mesti melihatnya dari pangsa pasar atau target market kita. Ketika target market kita SUDAH menggunakan Smartphone yang terkoneksi ke Internet, maka itu berarti bisnis kita COCOK untuk dibuatkan aplikasi mobile.

 

Jadi mau anda berbisnis di bidang apapun; entah itu ritel, properti, perbankan, restoran, game, kafe, software, transportasi, bengkel, kesehatan, hingga berbagai Jasa, bahkan hingga band musik sekalipun, ketika target market anda, para peminat anda itu SUDAH menggunakan Smartphone yang Terkoneksi dengan Internet, maka itu berarti Bisnis anda COCOK dipasangi aplikasi mobile.

Jadi, bila melihat kondisi sekarang, ada Ratusan Juta orang yang sudah menggunakan Smartphone dan terkoneksi ke Internet. Dengan kata lain, segala lini bisnis bisa dibilang cocok untuk memiiki aplikasi mobile.

Banyak brand atau merek mengeluarkan aplikasi mobilenya saat ini. Menurut anda, apa yang harus dilakukan oleh perusahaan atau merek untuk menjadikan aplikasi mobile nya menjadi pilihan setia pengguna smartphone?

Yang pertama tentunya harus banyak-banyak berpromosi secara rutin. Promosi yang efektif adalah via digital marketing, seperti lewat Website dan Facebook Ads (Iklan Berbayar di FB), supaya semakin banyak orang yang tahu tentang aplikasi tersebut dan kemudian mendownloadnya.

Ada quote yang menarik, “Sebagus apapun aplikasi yang kamu punya, tentu akan percuma bila TIDAK ADA yang menggunakannya.” 

Oleh karena itu, harus rajin berpromosi, supaya semakin banyak orang yang tahu dan menggunakannya. Tetapi kembali lagi, apabila orang sudah mendownload, tapi aplikasinya buruk, mereka hanya akan menghapusnya lagi. Oleh karena itu, sangat penting memiliki aplikasi yang berkualitas, antara lain : berisi konten-konten yang selalu update sesuai dinamika bisnis anda, waktu loading-nya jangan terlalu lama, tampilan dan navigasinya harus simple supaya tidak memusingkan pembaca, perbaiki juga segala ‘bug-bug’ yang mungkin muncul dan bisa menyebabkan error. Intinya, anda juga harus me-maintain aplikasi tersebut dengan serius.  Jangan ditinggalkan begitu saja tanpa melakukan update-update, baik konten maupun kinerjanya. Itulah antara lain hal-hal yang mesti dilakukan.

Banyaknya perusahaan yang sudah menggunakan Mobile Apps ini, strategi branding seperti apa yang cocok di segmentasi mobile apps ini agar aplikasinya dikenal dan diunduh secara maksimal oleh pengguna dibandingkan perusahaan sejenis?

Intinya anda harus melakukan banyak promosi. Memang mengeluarkan biaya, tetapi rutin berpromosi adalah jalan terbaik agar aplikasi anda bisa dikenal secara luas, dan bahkan bisa mengalahkan kompetitor anda nantinya, dalam arti aplikasi andalah yang paling banyak dikenal dan didownload orang.

Promosi yang paling efektif untuk aplikasi mobile adalah dengan digital marketing, seperti lewat Website dan Facebook Ads. Dan anda juga bisa memanfaatkan promosi yang gratis lewat sosial media, dengan misalnya membuat postingan rutin di FB dan Instagram tentang aplikasi anda tersebut. Dengan demikian aplikasi anda ini semakin banyak dikenal orang.

Masih berkaitan dengan pertanyaan diatas, materi Iklan seperti apa yang bisa menarik perhatian? Dan apa saja yang harus dilakukan perusahaan dalam beriklan di era millennial saat ini?

Iklan yang bisa menarik perhatian di aplikasi mobile ada beberapa jenis, antara lain : iklan banner standar, yang biasanya tetap menggantung di bagian atas/bawah aplikasi. Lalu ada juga iklan transisi, yang biasanya muncul ketika kita berganti menu atau halaman. Dan ada juga floating banner, yang mirip seperti banner standar, hanya saja floating banner ini bisa ditutup secara manual atau tertutup otomatis setelah sekian waktu.

 

Bagi perusahaan, yang penting dalam sebuah iklan adalah menampilkan konten yang baik dengan paduan antara teks, gambar, dan warna yang klop-serasi, sehingga nyaman dipandang mata. Dan jangan pernah mengeksploitasi iklan, dalam arti iklan yang hadir begitu banyak, hingga bertubi-tubi, terlalu banyak iklan yang muncul dimana-mana. Bila seperti ini, justru malah membuat kapok pengunjung yang menggunakan aplikasi anda.   

Secara sales, apakah sebuah aplikasi mobile bisa meningkatkan sales sebuah perusahaan?

Bisa. Saya gambarkan contohnya dalam alur sederhana sebagai berikut, misal anda perusahaan katering dan mempunyai aplikasi mobile, lalu anda promosikan aplikasi tersebut secara ‘jor-joran’ di Facebook Ads supaya banyak yang mendownload.

Setelah banyak yang mendownload, tentunya banyak yang menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat menu, memilih menu, memesan makanan, mendapat diskon, bertransaksi, dll. Singkat cerita, aplikasi tersebut ternyata sangat berguna dan bisa lebih memudahkan konsumen anda. Intinya konsumen anda Puas karenanya, sehingga dia mereferensikan aplikasi tersebut agar diinstall juga oleh keluarga dan teman-temannya.  Nah dari situ pengguna aplikasi anda sudah bisa bertambah dengan sendirinya, yang tentunya bisa berdampak pada meningkatnya penjualan anda.

Andreas Agung Bawono

www.andreasagung.com

 

 


aplikasi mobile

Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...


Sedikit Lebih Baik

Sedikit Lebih Baik
Jika seekor kuda mengikuti lomba balap kuda dan menang dengan perbedaan jarak hanya sehidung dari kuda lawannya, kuda tersebut memenangkan 10 kali lip...


Asian Games 2018 & Nation Branding! It’s The Time To Build Indonesia Brand

Asian Games 2018 & Nation Branding! It’s The Time To Build Indonesia Brand
Pagelaran akbar olahraga Asian Games 2018 secara resmi telah ditutup. Dari perolehan medali, Indonesia mengukir sejarah yang membanggakan dengan mendu...


Sisi Manajemen Pemasaran Dari Event Akbar Idul Adha

Sisi Manajemen Pemasaran Dari Event Akbar Idul Adha
Bagi yang beragama Islam, kisah bagaimana Nabi Ibrahim as dan putra beliau, Nabi Ismail as telah banyak diperdengarkan dalam khutbah hari raya Idul Ad...


CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek

CEO Alvara Research: Milennial Indonesia Tidak Boleh Hanya Jadi Obyek, Milennial Harus Jadi Subyek
Keluarkan sebuah karya buku yang berjudul Millennial Nusantara, Hasanuddin Ali selaku penulis dan CEO and Founder Alvara Research Center pun juga kelu...


Serial Leadership! Anak Muda Memimpin Orang Tua, Sulitkah?

Serial Leadership! Anak Muda Memimpin Orang Tua, Sulitkah?
Ditugaskan menjadi pemimpin sebuah unit yang "penghuninya" orang-orang yang (jauh) lebih tua dari kita. Bagaimana ya? Saya tidak alami ha...


Aktualisasi “NATION BRANDING” Di Asian Games 2018

Aktualisasi “NATION BRANDING” Di Asian Games 2018
Ada pepatah yang mengatakan bahwa hidup di surga itu seperti memiliki mobil buatan jerman, bergaji standar Amerika, menikmati makanan China, dan memil...


Low Cost Carrier Terminal (LCCT)

Low Cost Carrier Terminal (LCCT)
Kalau ditanya apakah Indonesia bisa menjadi destinasi pariwisata kelas dunia? Jawabannya dengan tegas adalah bisa. Dari rumus 3A (Atraksi, Akses, Amen...


Tips Memilih Kalkulator Yang Baik

Tips Memilih Kalkulator Yang Baik
Saat ini berhitung dengan menggunakan alat hitung digital atau yang lebih akrab disapa dengan Kalkulator sudah menjadi kebiasaan konsumen di Indonesia...


Marketing Iblis: Belajar Pemasaran Dari Dunia Lain

Marketing Iblis: Belajar Pemasaran Dari Dunia Lain
Selama ini, mungkin kita menganggap bahwa manajemen pemasaran hanya dilakukan oleh manusia saja dan salah satu tokohnya yang terkenal di dunia adalah...


Persiapan Peluncuran Satelit Merah Putih

Persiapan Peluncuran Satelit Merah Putih
Hari H peluncuran Satelit Merah Putih sudah semakin dekat. Direncanakan tanggal 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu Florida atau pukul 12.18 WIB tepat ak...


Sign In
VIP Members

OPINIONS








Index