Kamis, 25 April 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Sebagus Apapun Aplikasi yang Di Punya Akan Percuma Bila TIDAK ADA Yang Menggunakan.

Posted by: 25-07-2018 17:41 WIB 414 viewer

Sebagus Apapun Aplikasi yang Di Punya Akan Percuma Bila TIDAK ADA Yang Menggunakan.
Andreas Agung Bawono

Saat ini aplikasi mobile sangat mendominasi di smartphone para konsumen. Beragam aplikasi ditawarkan kepada para pengguna smartphone dengan memberikan berbagai fitur layanan yang memanjakan para pengunduhnya. Lantas, apa yang melatarbelakangi banyaknya jumlah aplikasi mobile di Indonesia? Apakah semua lini bisnis membutuhkan aplikasi mobile?

Kali ini, redaksi INFOBRAND.ID telah melakukan wawancara dengan pakar digital marketing Andreas Agung Bawono.  Berikut ini petikan wawancara redaksi INFOBRAND.ID dengan Andreas.

Menurut kacamata pengamatan anda, apa yang mendasari banyaknya aplikasi mobile yang muncul ke permukaan saat ini?

Sebab yang paling utama tentunya adalah karena terjadinya pergeseran dunia kita ke era Teknologi Digital, yang kemudian melahirkan salah satu alat telekomunikasi canggih saat ini, yang kita kenal sebagai Smartphone.

 

Di indonesia sendiri, menurut data dari lembaga riset e-marketer, jumlah pengguna smartphone di negara kita, sampai akhir 2018, diperkirakan ada lebih dari 100 juta pengguna! Jumlah yang luar biasa Besar, dan menempatkan Indonesia sebagai negara ke-4 Terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna smartphone, di bawah China, India dan USA.

 

Nah, perubahan ke era digital, dan kemunculan smartphone inilah yang memicu perubahan besar-besaran juga dari cara orang berbisnis dan melakukan pemasaran, sehingga mendorong munculnya banyak sekali aplikasi mobile saat ini, dan di masa depan tentunya akan terus bertambah.  Saat ini, Bisnis yang berbasis digital atau internet adalah bisnis yang memiliki prospek masa depan paling cerah.

Segmentasi Bisnis seperti apa yang cocok untuk dibuatkan aplikasi mobilenya saat ini? Apakah semua lini bisnis cocok untuk memiliki aplikasi mobile?  

Jadi begini, kita mesti melihatnya dari pangsa pasar atau target market kita. Ketika target market kita SUDAH menggunakan Smartphone yang terkoneksi ke Internet, maka itu berarti bisnis kita COCOK untuk dibuatkan aplikasi mobile.

 

Jadi mau anda berbisnis di bidang apapun; entah itu ritel, properti, perbankan, restoran, game, kafe, software, transportasi, bengkel, kesehatan, hingga berbagai Jasa, bahkan hingga band musik sekalipun, ketika target market anda, para peminat anda itu SUDAH menggunakan Smartphone yang Terkoneksi dengan Internet, maka itu berarti Bisnis anda COCOK dipasangi aplikasi mobile.

Jadi, bila melihat kondisi sekarang, ada Ratusan Juta orang yang sudah menggunakan Smartphone dan terkoneksi ke Internet. Dengan kata lain, segala lini bisnis bisa dibilang cocok untuk memiiki aplikasi mobile.

Banyak brand atau merek mengeluarkan aplikasi mobilenya saat ini. Menurut anda, apa yang harus dilakukan oleh perusahaan atau merek untuk menjadikan aplikasi mobile nya menjadi pilihan setia pengguna smartphone?

Yang pertama tentunya harus banyak-banyak berpromosi secara rutin. Promosi yang efektif adalah via digital marketing, seperti lewat Website dan Facebook Ads (Iklan Berbayar di FB), supaya semakin banyak orang yang tahu tentang aplikasi tersebut dan kemudian mendownloadnya.

Ada quote yang menarik, “Sebagus apapun aplikasi yang kamu punya, tentu akan percuma bila TIDAK ADA yang menggunakannya.” 

Oleh karena itu, harus rajin berpromosi, supaya semakin banyak orang yang tahu dan menggunakannya. Tetapi kembali lagi, apabila orang sudah mendownload, tapi aplikasinya buruk, mereka hanya akan menghapusnya lagi. Oleh karena itu, sangat penting memiliki aplikasi yang berkualitas, antara lain : berisi konten-konten yang selalu update sesuai dinamika bisnis anda, waktu loading-nya jangan terlalu lama, tampilan dan navigasinya harus simple supaya tidak memusingkan pembaca, perbaiki juga segala ‘bug-bug’ yang mungkin muncul dan bisa menyebabkan error. Intinya, anda juga harus me-maintain aplikasi tersebut dengan serius.  Jangan ditinggalkan begitu saja tanpa melakukan update-update, baik konten maupun kinerjanya. Itulah antara lain hal-hal yang mesti dilakukan.

Banyaknya perusahaan yang sudah menggunakan Mobile Apps ini, strategi branding seperti apa yang cocok di segmentasi mobile apps ini agar aplikasinya dikenal dan diunduh secara maksimal oleh pengguna dibandingkan perusahaan sejenis?

Intinya anda harus melakukan banyak promosi. Memang mengeluarkan biaya, tetapi rutin berpromosi adalah jalan terbaik agar aplikasi anda bisa dikenal secara luas, dan bahkan bisa mengalahkan kompetitor anda nantinya, dalam arti aplikasi andalah yang paling banyak dikenal dan didownload orang.

Promosi yang paling efektif untuk aplikasi mobile adalah dengan digital marketing, seperti lewat Website dan Facebook Ads. Dan anda juga bisa memanfaatkan promosi yang gratis lewat sosial media, dengan misalnya membuat postingan rutin di FB dan Instagram tentang aplikasi anda tersebut. Dengan demikian aplikasi anda ini semakin banyak dikenal orang.

Masih berkaitan dengan pertanyaan diatas, materi Iklan seperti apa yang bisa menarik perhatian? Dan apa saja yang harus dilakukan perusahaan dalam beriklan di era millennial saat ini?

Iklan yang bisa menarik perhatian di aplikasi mobile ada beberapa jenis, antara lain : iklan banner standar, yang biasanya tetap menggantung di bagian atas/bawah aplikasi. Lalu ada juga iklan transisi, yang biasanya muncul ketika kita berganti menu atau halaman. Dan ada juga floating banner, yang mirip seperti banner standar, hanya saja floating banner ini bisa ditutup secara manual atau tertutup otomatis setelah sekian waktu.

 

Bagi perusahaan, yang penting dalam sebuah iklan adalah menampilkan konten yang baik dengan paduan antara teks, gambar, dan warna yang klop-serasi, sehingga nyaman dipandang mata. Dan jangan pernah mengeksploitasi iklan, dalam arti iklan yang hadir begitu banyak, hingga bertubi-tubi, terlalu banyak iklan yang muncul dimana-mana. Bila seperti ini, justru malah membuat kapok pengunjung yang menggunakan aplikasi anda.   

Secara sales, apakah sebuah aplikasi mobile bisa meningkatkan sales sebuah perusahaan?

Bisa. Saya gambarkan contohnya dalam alur sederhana sebagai berikut, misal anda perusahaan katering dan mempunyai aplikasi mobile, lalu anda promosikan aplikasi tersebut secara ‘jor-joran’ di Facebook Ads supaya banyak yang mendownload.

Setelah banyak yang mendownload, tentunya banyak yang menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat menu, memilih menu, memesan makanan, mendapat diskon, bertransaksi, dll. Singkat cerita, aplikasi tersebut ternyata sangat berguna dan bisa lebih memudahkan konsumen anda. Intinya konsumen anda Puas karenanya, sehingga dia mereferensikan aplikasi tersebut agar diinstall juga oleh keluarga dan teman-temannya.  Nah dari situ pengguna aplikasi anda sudah bisa bertambah dengan sendirinya, yang tentunya bisa berdampak pada meningkatnya penjualan anda.

Andreas Agung Bawono

www.andreasagung.com

 

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan

Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan
INFOBRAND.ID – Yuswohady selaku Managing Partner, Inventure mengatakan inovasi bukan hanya menjadi kebutuhan melainkan sudah menjadi upaya survi...


Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'

Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'
INFOBRAND.ID – Kata-kata inovasi saat ini menjadi salah satu tema sentral, terutama di era revolusi industry 4.0 ini. Dimana semua jenis organis...


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES








Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS







Index