Ahad, 12 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Strategi BETADINE Memenangkan & Bertahan di Pangsa Pasar Antiseptik

Posted by: 3355 viewer

Strategi BETADINE Memenangkan & Bertahan di Pangsa Pasar Antiseptik
Produk BETADINE Antiseptik/Istimewa

INFOBRAND.ID-BETADINE®, brand yang dikenal luas dengan produk obat pembersih luka kini semakin memperkuat posisinya dalam industri kesehatan Indonesia dengan menghadirkan produk-produk baru. Merek ini awalnya berasal dari Amerika Serikat yang mulai dikenal di seluruh dunia sejak 1969, ketika NASA memercayainya sebagai produk antiseptik yang digunakan untuk membersihkan Apollo 11.

Bahan aktif utama BETADINE® yaitu Povidone – Iodine (PVPI), merupakan zat antimikroba yang memiliki spektrum-luas dan efektif mengatasi kuman serta mampu mengendalikan penyebaran infeksi topikal bagi penggunanya.

Lebih dari 30 tahun lisensi BETADINE® dipegang PT Mahakam Beta Farma sebagai partner lokal dalam memasarkan dan mendistribusikan produk brand ini. Namun pada tahun 2016, lisensi BETADINE® diambil alih PT Mundipharma Healthcare Indonesia sebagai pemilik brand.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Sejak  2016, kita mulai mengembangkan produk BETADINE® di Indonesia mulai dari peluncuran produk baru, positioning produk baru, hingga bekerja  sama dengan pemerintah. Salah satu milestone yang sangat penting bagi Mundipharma adalah ketika menjadi partner pemerintah untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat dari tahun 2017 hingga  sekarang,” papar Adi Prabowo, Head of Marketing, Digital & E Commerce PT Mundipharma Healthcare Indonesia.

Sejak tahun 2017 hingga saat ini, BETADINE® telah melaksanakan tiga pilar program bersama Kementerian Kesehatan RI, baik secara luring maupun daring. Program pertama yaitu edukasi Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Program kedua yaitu Edukasi mengenai Kesehatan Reproduksi yang dilakukan bersama Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI dan Persatuan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI).

Program yang ketiga yaitu edukasi terkait pandemi. Perusahaan memberikan edukasi tentang antiseptik terhadap tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Ikatan Apoteker Indonesia di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Selain bekerja sama dengan banyak pihak, Mundipharma melalui BETADINE® juga memiliki beragam strategi untuk mengembangkan market share di Indonesia. Strategi paling utama yaitu dengan mengembangkan berbagai lini produk inovatif.

Di Indonesia, BETADINE® memiliki empat kategori produk, yakni Wound Care (Produk Penanganan Luka), URTI Care (Produk untuk Mulut, Hidung dan Tenggorokan), Feminine Care (Produk untuk Area Kewanitaan), Protective Care (Produk untuk Membersihkan Tubuh), untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan untuk mencegah dan mengatasi infeksi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Gissela Nurfitriani, Brand Manager PT Mundipharma Healthcare Indonesia, market share dan awareness produk kategori Wound Care sudah 99%. Sehingga sejak 2016, perusahaan lebih fokus pada pengembangan produk kategori URTI Care dan Feminine Care.

“Kategori produk URTI Care untuk produk saluran pernafasan bagian atas akan menjadi growth driver BETADINE® di tahun 2022. Kami akan berusaha memperkuat awareness kategori produk ini,” jelas Gissel.

Secara keseluruhan, pertumbuhan bisnis  BETADINE® dari 2016 hingga 2021, sangat  luar biasa dengan persentase lebih dari  300%. Adi menambahkan, kunci sukses Mundipharma Healthcare Indonesia bisa terus tumbuh di tengah ketatnya persaingan dalam Industri Kesehatan Indonesia adalah karena perusahaan selalu mendengarkan insight dari konsumen dan selalu berusaha relevan dengan pasar yang berubah dengan cepat.

“Pertama, dengan mendengarkan konsumen, kita jadi tahu apa yang konsumen pikirkan tentang brand kita, seperti apa kebiasaan konsumen dan sebagainya. Yang kedua adalah menjadi tetap relevan dan adaptif dengan semua perubahan yang ada. Mungkin itu yang selalu kita harus sadari sebagai sebuah brand,”pungkas Adi.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024

Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024
INFOBRAND.ID-Jakarta – AIRSCREAM UK dengan bangga mengumumkan ekspansi dan pertumbuhan bisnis mereka di pasar rokok elektrik di seluruh negeri....


Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras

Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem yang te...


Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan

Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Legian Bali, Autograph Collection bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi menjalin kolaborasi dal...


Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024

Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC)...