Jum'at, 17 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Alibaba Tantang Pengusaha Muda untuk Membangun Brand Konsumen di Global Challenge 2021

Posted by: 138 viewer

Alibaba Tantang Pengusaha Muda untuk Membangun Brand Konsumen di Global Challenge 2021

Jakarta, 8 September 2021 – Dalam beberapa tahun belakangan, minat anak muda Indonesia untuk menjadi pengusaha semakin tinggi – bahkan yang tertinggi di Asia Tenggara. Survei dari World Economic Forum pada tahun 2019 pada pemuda usia 15-35 tahun menemukan bahwa 35,5% dari mereka bercita-cita menjadi pengusaha di masa depan. Dan kini, Alibaba Group menyediakan peluang bagi para calon wirausahawan muda ini untuk mewujudkan konsep bisnis inovatif mereka menjadi kenyataan.

Hari ini, Divisi Global Digital Talent (GDT) Alibaba Group mengumumkan peluncuran kompetisi Alibaba GDT Global Challenge 2021. Acara ini merupakan perlombaan bagi para pengusaha muda di seluruh dunia untuk mengembangkan solusi digital yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang terus berevolusi.

Tema kompetisi tahun 2021 akan berfokus pada potensi brand direct-to-consumer (brand yang dipasarkan langsung untuk konsumen). Tema ini relevan dengan keadaan pandemi Covid-19 yang mendorong konsumen untuk bergeser ke gaya hidup belanja online, dan menekankan pentingnya pelaku bisnis untuk menerapkan strategi digital dalam penjualan dan pemasaran produk. Untuk pertama kalinya, para peserta juga berkesempatan untuk bermitra dengan produsen terpercaya yang direkomendasikan oleh GDT Alibaba untuk bisa bersama-sama menciptakan solusi bisnis menjadi nyata.

IKLAN INFOBRAND.ID

Para peserta terbaik dari tiap negara, yang akan diumumkan pada bulan November, akan bersaing di babak lanjutan dengan peserta lain dari 12 negara, termasuk Tiongkok, Kolombia, Perancis, Indonesia, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat. Tahap Final Global ini akan jatuh pada bulan Desember.

“Masa depan kita akan dipimpin oleh generasi muda di masa kini. Kita telah menyaksikan banyak terobosan baru yang dicetuskan oleh para anak muda melalui kompetisi di tahun-tahun sebelumnya, dan kami sangat antusias menyambut lebih banyak lagi inovasi dan kreasi pada kompetisi GDT tahun ini, tentunya dengan bantuan para produsen terdepan.

Dengan menggabungkan kemahiran digital dari kaum muda dan pengalaman serta rekam jejak para produsen manufaktur kami, kami berharap akan banyak produk baru yang muncul sebagai solusi bagi kebutuhan dan preferensi konsumen saat ini, yang semakin berorientasi pada lanskap digital,” jelas James Song, Secretary General Alibaba’s Globalization Office.

Tahun lalu, HiPajak, tim yang terdiri dari anak muda dan dipimpin oleh Tracy P. Tardia, meraih gelar Grand Winner di babak final global, setelah mengalahkan 2.000 tim dari 15 negara. Tim ini menawarkan aplikasi penyedia solusi perpajakan untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan urusan perpajakan. Sejak menang, HiPajak telah bermitra dengan beberapa lembaga pemerintah dan kini membuka putaran pendanaan awal untuk angel investment round.

Tahun ini, para peserta kompetisi akan mendapatkan berbagai tambahan keuntungan, termasuk akses eksklusif sesi pelatihan dari para pelatih Alibaba GDT Program yang tersertifikasi, tentang ara membangun strategi brand DTC. Pelatihan ini juga meliputi wawasan mengenai brand positioning, customer engagement, riset pasar, dan strategi pemasaran digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

Para peserta akan dinilai berdasarkan kedalaman proposal mereka dari segi wawasan terhadap konsumen, inovasi, dampak sosial, serta eksekusi keseluruhan dan kemampuan presentasi. Para finalis global yang berkesempatan untuk berkerja sama dengan produsen yang direkomendasikan juga akan menerima dana pemasaran dari mitra tersebut. Juara I, juara II, dan juara III masing-masing akan mendapatkan hadiah tunai senilai USD20.000, USD10.000, dan USD5.000.

Program GDT Alibaba (sebelumnya disebut dengan Alibaba GET Program) diluncurkan pertama kali pada tahun 2016 dengan tujuan untuk mempromosikan transformasi digital dan pembangunan inklusif melalui inkubasi talenta digital. Melalui jaringan pelatihan globalnya, program ini telah membantu 80 mitra edukasi dan melatih 1.000 pelatih dan 20 ribu mahasiswa, serta peserta lainnya dari Kolombia, Meksiko, Mongolia, Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, Rwanda, Singapura, dan Tiongkok.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Percepat Keberlanjutan: Inovasi Hijau Aion dalam Mendukung Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Percepat Keberlanjutan: Inovasi Hijau Aion dalam Mendukung Industri Kendaraan Listrik di Indonesia
JAKARTA, Indonesia, 16 Mei, 2024 /PRNewswire/ -- Permintaan terhadap kendaraan listrik di Indonesia terus...


University of Technology Sydney Luncurkan

University of Technology Sydney Luncurkan "Global Game Changers", Meningkatkan Kelestarian Alam di Berbagai Kota dan Komunitas
SYDNEY, 16 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Demi mengatasi perubahan iklim, banyak orang dan organisasi aktif mer...


Rayakan Ulang Tahun Surabaya, Soiree Rooftop & Bar Mempersembahkan Bar Takeover bertajuk

Rayakan Ulang Tahun Surabaya, Soiree Rooftop & Bar Mempersembahkan Bar Takeover bertajuk "Local Heroes
Dalam menyambut hari ulang tahun Surabaya, pengunjung diajak untuk menikmati suasana hutan tropis yang ro...


Trend Micro Mulai Menggelar

Trend Micro Mulai Menggelar "Risk to Resilience World Tour 2024" di Asia Tenggara
Pemimpin industri keamanan siber ini menjangkau basis klien dengan faktor geografi...