Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Segera Beroperasi, Starlink Siap Ikuti Aturan Indonesia

Posted by: 485 viewer

Segera Beroperasi, Starlink Siap Ikuti Aturan Indonesia
Starlink/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan Satelit Starlink milik Elon Musk dapat mengikuti aturan di tanah air, dan membayar Biaya Hak Penggunaan Frekuensi.

"Semua harus ikut regulasi Indonesia. Izinnya semua harus ikut Indonesia, bayar juga, tidak ada yang gratis,” kata dia di Jakarta usai membuka acara ‘The 10th Asia Pacific Spectrum Management Conference 2024’ kemarin.

Menurut Budi Arie lagi, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga sudah hampir memenuhi seluruh syarat untuk menjual layanan internet di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selanjutnya, Starlink akan melakukan uji layak operasi (ULO) yang menjadi salah satu syarat penyedia internet berbasis satelit, sebelum menjajakan paket internet di dalam negeri.

Dikatakan Budi Arie lagi, pemerintah tidak menghambat Starlink untuk masuk ke Indonesia asal perusahaan wajib memenuhi seluruh persyaratan yang ada.

Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi langkah kolaborasi Starlink dengan perusahaan lokal Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Perusahaan milik Elon Musk itu pun menawarkan teknologi yang bisa membantu beberapa wilayah, termasuk wilayah yang sulit dijangkau, sebagai contoh bagian Indonesia Timur.

Dia menambahkan, kerja sama Starlink dengan APJII merupakan kerja sama yang saling menguntungkan, karena teknologi yang ditawarkan Starlink ini memang bisa membantu untuk beberapa wilayah di Indonesia. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Indonesia timur tuh terbantu nanti, daripada kita gelar kabel, segala macam. Starlink nih disrupsi juga, tapi soal kewajiban soal tanggung jawab sebagai korporasi, dia harus ikut aturan dan regulasi di Indonesia,” jelasnya.

Diketahui, belum lama ini Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) secara resmi mengumumkan kerja sama dengan PT. Starlink Services Indonesia (Starlink) untuk meningkatkan akses internet di seluruh Indonesia.

Starlink-APJII menyepakati kerja sama tersebut dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan skema kerja sama yang saling menguntungkan layaknya simbiosis mutualisme.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer

OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Oppo akhirnya secara resmi menghadirkan ponsel pintar dengan ketahanan berstandar militer yakni Oppo A60 untuk pembelian secar...


POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali

POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kabar gembira bagi penggemar motor listrik POLYTRON di Bali! Baru-baru ini, merek motor listrik POLYTRON, membuka lagi showroo...


FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - FUJIFILM Indonesia meluncurkan dua kamera digital mirrorless dan dua lensa terbaru ke pasar Indonesia yang disebut untuk melen...


Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan

Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membukukan penjualan 29.276 unit kendaraan dan meraih 39,2 persen pangsa pasar dalam...