Rabu, 08 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Inisiatif P&G Untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia dari Pandemi Covid-19

Posted by: 1563 viewer

Ini Inisiatif P&G Untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia dari Pandemi Covid-19
Dok. P&G

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama dengan Procter & Gamble  atau (P&G), perusahaan fast moving consumer goods (FMCG), menggelar program “PEKKA Mart”, pada Juli ini. Program ini merupakan wujud komitmen P&G dalam memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak oleh pandemi, khususnya perempuan kepala keluarga.

Menggandeng Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga, “PEKKA Mart” bertujuan untuk menguatkan ekonomi perempuan Kepala Keluarga dengan mengambil daerah percontohan di wilayah Cianjur, Batang, dan Trenggalek.

Sampai saat ini, PEKKA telah memfasilitasi perempuan kepala keluarga untuk mengembangkan ekonomi keswadayaan melalui kegiatan simpan pinjam, kelompok simpan pinjam, kemudian membentuk Lembaga Keuangan Mikro Berbasis Komunitas dengan menerapkan sistim koperasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sedangkan pada pertengahan Juli lalu (22/7), telah digelar program webinar untuk mensosialiasikan peluncuran sinergi KPPPA, P&G, dan PEKKA melalui PEKKA Mart.

Dituturkan oleh Indra Gunawan, selaku Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat KPPPA menegaskan bahwa KPPPA mempunyai 5 program prioritas arahan presiden, yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berprespektif gender; peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan atau pengasuhan anak; penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak; penurunan pekerja anak; serta pencegahan perkawinan anak.

“Sinergi ini merupakan upaya untuk mengimplementasikan arahan Presiden yang pertama dalam upaya peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender,” paparnya.

Data Bank Dunia (2016) memperkirakan 43% UKM formal di Indonesia adalah milik perempuan. Dalam sebuah survei terhadap UMKM milik perempuan, IFC (2016) menemukan bahwa secara umum banyak yang bersifat informal karena prosedur birokrasi yang rumit dan kurangnya insentif untuk mendaftar.

Hal ini tentunya menghambat UMKM milik perempuan untuk tumbuh, mengakses pasar, berpartisipasi dalam rantai nilai dan menjadi penyedia pesanan pemerintah.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Bahkan, 61,80% perempuan bekerja di sektor informal dan hanya 38,20% bekerja di sektor formal. Tingginya tingkat perempuan yang bekerja di sektor informal sangat terkait erat dengan rendahnya tingkat pendidikan mereka,” ucap Indra.

Sementara itu, diungkapkan Nararya Soeprapto, Senior Director PT Procter & Gamble Home Products Indonesia, program PEKKA Mart sejalan dengan dasar P&G sebagai suatu perusahaan, yakni memberi kembali kepada masyarakat, dan juga pemberdayaan perempuan.

“Melalui program PEKKA Mart ini, kami yakin akan meningkatkan kemampuan anggota komunitas PEKKA untuk mengelola dan mengembangkan PEKKA Mart itu sendiri." pungkas Nararya.

Selaras dengan hal tersebut, pihaknya akan terus berupaya untuk berinvestasi kepada masyakarat, khususnya masyakakat Indonesia dengan konsisten menjalankan program-program serta tanggung jawab sosial yang memberikan dampak berarti bagi komunitas di sekeliling.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Dimensity 9300+ Meluncur, Chip Kelas Atas Terbaru dari MediaTek

Dimensity 9300+ Meluncur, Chip Kelas Atas Terbaru dari MediaTek
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand teknologi, MediaTek, secara resmi meluncurkan Dimensity 9300+ sebagai chip selular andalan terbarunya dalam portofolio D...


Masuki Tren AI, Apple Luncurkan Chip M4

Masuki Tren AI, Apple Luncurkan Chip M4
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Apple baru-baru ini mengumumkan secara resmi memperkenalkan kehadiran chip M4 sebagai chip yang dapat mendukung kinerja kecerd...


Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special Hadirkan Kembali Pesta Kuliner Sedaap

Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special Hadirkan Kembali Pesta Kuliner Sedaap
INFOBRAND.ID - Pesta Kuliner Sedaap, event kuliner yang diselenggarakan oleh Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special, hadir kembali. Gelaran Pesta Kuliner...


Sapa Konsumen, MUF Auto Fest 2024 Kembali Digelar

Sapa Konsumen, MUF Auto Fest 2024 Kembali Digelar
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah sukses dilaksanakan di Kota Bandung, gelaran MUF Auto Fest 2024 kini kembali digelar di Jakarta, tepatnya di Mall Kela...