Rabu, 15 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Indosat Ooredoo Hutchison Berkontribusi Positif pada Indonesia dan SDGs

Posted by: 1392 viewer

Indosat Ooredoo Hutchison Berkontribusi Positif pada Indonesia dan SDGs
IDCamp-ol

INFOBRAND.ID- Creating Shared Value (CSV) atau “menciptakan nilai bersama” yang dikenalkan Porter & Karmer (2011) merupakan konsep Corporate Social Responsbility (CSR) yang dipilih sejumlah perusahaan di Indonesia. Dalam konsep CSV, kehadiran produk atau jasa beserta misi dan sistem bisnis yang diaplikasikan perusahaan harus mengandung kebaikan bagi masyarakat sekitar. Artinya, perusahaan bukan hanya memastikan kemanfaatan produk atau goodness-nya, melainkan juga menciptakan respect dari para pemangku kepentingannya.

Konsep ini pula yang dipilih Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dalam menjalankan inisiatif berkelanjutannya. Untuk berkontribusi pada Indonesia, IOH memiliki tiga inisiatif sosial yang digelar secara berkelanjutan dan selaras dengan berbagai Sustainable Development Goals (SDGs). Ketiga inisiatif tersebut adalah edukasi digital IDCamp, pemberdayaan perempuan SheHacks, serta lingkungan melalui program konservasi, kelautan, dan perikanan. Selain itu, IOH juga memiliki program filantropi berupa donasi berbasis komunitas, tanggap darurat bencana, serta volunteering untuk mendukung masyarakat dan pemerintah.

Dituturkan Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, “Secara umum tujuan kegiatan CSR IOH secara keseluruhan adalah untuk memberikan dampak positif dan berkelanjutan melalui tiga pilar CSR, yakni Pendidikan Digital (IDCamp), Pengembangan Komunitas (SheHacks), dan Lingkungan (Marine Conservation). Sementara itu, filantropi merupakan landasan kegiatan yang dilaksanakan dari ketiga pilar tersebut. Semuanya sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui program-program tersebut, lanjutnya, perusahaan ingin menunjukkan bahwa IOH tidak sekadar melakukan kegiatan bisnis, namun memainkan peran yang lebih penting dalam memberdayakan masyarakat Indonesia.

Diakui Steve, inisiatif sosial yang efektif adalah yang mampu menjawab atau memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat. Dengan melibatkan masyarakat sebagai penerima manfaat dalam proses inisiasi program sosial, maka dampak program akan lebih tepat sasaran hingga berkelanjutan. Oleh karena itu, IOH akan memastikan penerima manfaat bisa memiliki kemandirian di masa depan.

“IOH terus berfokus untuk menciptakan inisiatif berkelanjutan yang relevan dengan tantangan saat ini dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dalam mempercepat agenda transformasi digital dan berkontribusi pada kemajuan bangsa,” yakinnya.

Objektif dari program tersebut adalah untuk mengisi celah kesenjangan kebutuhan talenta digital di Indonesia. Mengingat, Indonesia membutuhkan sembilan juta talenta digital hingga 2030 mendatang atau 600.000 talenta digital per tahun, dimana programming/coding merupakan kompetensi utama yang harus dipenuhi.

Oleh karena itu, inisiatif IDCamp adalah sebagai bentuk dukungan IOH terhadap pemerintah untuk menyediakan talenta digital yang siap bersaing di era ekonomi digital. “Melalui program IDCamp, kami ingin membantu menyelesaikan masalah di hulu dalam ekosistem digital, yaitu berupa ketersediaan tenaga kerja yang memiliki kemampuan memadai,” ungkap Steve.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, IOH juga melihat adanya kebutuhan talenta digital untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat kekuatan digital di kawasan Asia-Pasifik. Oleh karena itu, lanjut Steve, IOH mendesain program beasiswa belajar coding gratis dengan berbagai tingkatan dan topik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, di mana peserta yang berhasil menyelesaikannya akan mendapat sertifikat yang diakui secara global.

“Setelah mereka memiliki kompetensi digital dan menyelesaikan program IDCamp, kami berharap mereka bisa menghadirkan aplikasi digital, yang bisa digunakan oleh pelanggan IOH dan masyarakat luas sebagai hasil di hilir. Secara jangka panjang, harapannya lulusan IDCamp akan memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi digital Indonesia. Ekosistem inilah yang menjadi dampak kemanfaatan bersama dari program IDCamp. Melalui program ini, pelanggan juga dapat ikut serta dengan menjadi bagian dari program IDCamp secara tidak langsung dengan menggunakan produk dan layanan dari IOH,” papar Steve.

Awal Desember ini, IDCamp telah mengumumkan kolaborasinya dengan KADIN untuk bersama-sama memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia pada tahun 2023. Program IDCamp X KADIN 2023 akan melakukan roadshow dan pelatihan secara offline di Solo, Medan, dan Makassar. Setelah itu, para peserta dapat mendaftarkan diri ke IDCamp dan 1.000 peserta terpilih akan mendapat pelatihan online tingkat pemula untuk Android, Front End Web, dan Back End Web. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah para mahasiswa serta para pencari kerja muda.

Setelah mendapat pelatihan pemula, IOH dan KADIN akan menyeleksi 300 peserta untuk mendapatkan pelatihan tingkat menengah. Setelah lulus pelatihan menengah, alumni IDCamp X KADIN 2023 akan mendapat sertifikat, masuk ke platform alumni IDCamp dan KADIN Talent Hub. Program alumni IDCamp dan KADIN Talent Hub akan memberikan informasi lowongan kerja, penawaran pelatihan, dan program karir lain yang sesuai dengan keahlian para alumni.

“IDCamp juga telah mengadakan developer challenge pada September lalu sekaligus memperingati Hari Bhakti Postel yang ke-77. IDCamp juga mendukung pemanfaatan teknologi digital yang bersifat inklusif dengan secara konsisten menyelenggarakan bootcamp bagi peserta penyandang disabilitas,” imbuh Steve.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hasilnya, sejak dijalankan pada 2019 lalu, inisiatif IDCamp telah memberikan manfaat kepada lebih dari 180 ribu masyarakat Indonesia. Selain itu, sejak 2019-2022, IOH telah diikuti oleh lebih dari 37 ribu women developers, 22 ribu developer dari penyandang disabilitas, dan lebih dari 1.300 pekerja.

Inisiatif IDCamp ini pun berhasil meraih penghargaan “PR Program of The Year 2022” dari Majalah MIX MarComm untuk kategori Social PR Program dan Out Takes Index-Social PR Program. Paling anyar, akhir tahun ini, IDCamp jgua berhasil meraih penghargaan “Corporate Sustainability Initiatives 2022” untuk kategori Creative Philanthropy.

Setahun setelah IDCamp digelar, pada 2020, IOH menggelar inisiatif SheHacks, yakni program inovasi bagi perempuan Indonesia untuk mengurangi kesenjangan gender dengan memberdayakan keahlian mereka dalam menggunakan teknologi. Insiatif ini selaras dengan SDGs ke-5 (gender equality), ke-10 (reduces inequalities), ke-17 (partnership fof the goals).

Melanjutkan kesuksesan tahun-tahun sebelumnya, SheHacks 2022 kembali digelar. Melalui inisiatif itu, IOH akan memperluas cakupannya dengan memasukkan isu-isu lingkungan, di samping isu ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Melalui SheHacks, IOH juga akan memberdayakan perempuan Indonesia di bidang teknologi dengan serangkaian sesi mentoring, inkubasi, pendampingan, dan diperkaya dengan bootcamp serta demo day untuk membantu mereka terhubung dengan para pemangku kepentingan utama dan mewujudkan ide-ide inovatif atau prototipe produk mereka menjadi solusi yang nyata.

Dalam kesempatan konferensi pers yang digelar pada April 2022 lalu, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menuturukan, “Peran perempuan Indonesia di bidang teknologi dan manajemen kepemimpinan masih berpotensi tinggi untuk ditingkatkan. Melalui program SheHacks, kami ingin memberdayakan kapasitas mereka dalam menggunakan teknologi dan membantu mereka mengembangkan solusi inovatif untuk mengatasi kesenjangan gender dan masalah kehidupan nyata yang mereka hadapi.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Pilar CSR lainnya yang dijalankan IOH secara berkelanjutan adalah Enviromental atau lingkungan. Pilar tersebut sejalan dengan SDGS ke-14 (Life Below Water) dan ke-15 (Life on Land).

Salah satu inisiatif Lingkungan yang dihadirkan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) adalah program “Sampah Jadi Pulsa” yang telah digelar pada Juni 2022 lalu. Berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, dan Mall BTM Bogor, di program “Sampah Jadi Pulsa” , IOH mengajak masyarakat untuk menukarkan botol plastik bekas dengan pulsa IM3 maupun Tri melalui Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay yang ditempatkan di Mall BTM Bogor.

“Sampah Jadi Pulsa merupakan salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) IOH di dalam pilar Lingkungan. Program ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi limbah botol plastik dan menjaga kelestarian alam dengan pemanfaatan teknologi digital,” ungkap Vikram Sinha, pada konferensi pers yang digelar Juni 2022 lalu.

Poin-poin yang didapatkan dari program “Sampah Jadi Pulsa” dapat ditukarkan dengan pulsa IM3 atau Tri, yang bisa digunakan untuk membeli kuota data, telepon, SMS, serta aktivasi layanan Over-the-Top (OTT) seperti aplikasi streaming musik dan film. Sementara itu, botol plastik bekas yang terkumpul melalui RVM akan dikelola oleh Plasticpay menjadi kerajinan tangan dan bentuk lain sebagai bagian dari pemberdayaan komunitas mitra UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Plasticpay adalah gerakan sosial berbasis platform digital, yang mengajak masyarakat untuk mengubah sampah botol plastik yang merusak lingkungan menjadi produk yang bermanfaat, bernilai lebih, dan membawa kebaikan.

Selanjutnya, pada Agustus 2022 lalu, IOH juga telah meluncurkan program CSR Konservasi Laut di Jembrana, Bali, yang berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Program tersebut memiliki empat utama yang berfokus pada rehabilitasi habitat laut, pengelolaan sampah plastik di daerah pesisir, penguatan komunitas konservasi penyu, dan penguatan masyarakat di lingkungan sekitar.

Pada kesempatan konferensi pers yang digelar Agustus 2022, Vikram Sinha menegaskan, ”Sejak IOH resmi memulai perjalanannya pada 4 Januari 2022, kami memiliki misi untuk memberikan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan setiap orang Indonesia. Melalui program CSR Konservasi Laut di Jembrana, kami berkomitmen untuk berperan aktif dalam menciptakan kawasan konservasi laut yang lebih sehat dengan dukungan penuh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI serta berbagai komunitas pegiat lingkungan.

Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals nomor 14, yakni Ekosistem Lautan, melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya kelautan dan samudera untuk pembangunan berkelanjutan."

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pertamina Hulu Energi Perkuat Komitmen Menuju Net Zero Emission

Pertamina Hulu Energi Perkuat Komitmen Menuju Net Zero Emission
INFOBRAND.ID - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina terus menjajaki beragam peluang kerjasama dengan berbagai pihak u...


MedcoEnergi Perkuat Portofolio Tiga Sektor Bisnis Menuju Transisi Energi

MedcoEnergi Perkuat Portofolio Tiga Sektor Bisnis Menuju Transisi Energi
INFOBRAND.ID - Minyak dan gas (migas) masih memiliki peran penting di era transisi ini termasuk bagi industri strategis seperti petrokimia dan pembang...


MedcoEnergi Dukung Penanganan Perubahan Iklim melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan

MedcoEnergi Dukung Penanganan Perubahan Iklim melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan
INFOBRAND.ID - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi), perusahaan energi independen nasional terkemuka di Asia Tenggara, berkomitmen untuk...


AC Smart Neuva Pro Dibekali Refrigerant R32 yang Hemat

AC Smart Neuva Pro Dibekali Refrigerant R32 yang Hemat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di musim panas ini, Indonesia sedang dihadapkan pada fenomena yang semakin umum terjadi, hot spells, periode panas yang ekstre...