Selasa, 14 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

KAI Terus Bertransformasi Menuju Solusi Ekosistem Transportasi

Posted by: 1203 viewer

KAI Terus Bertransformasi Menuju Solusi Ekosistem Transportasi
KAI INDONESIA

INFOBRAND.ID-Sebelum era transformasi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih berorientasi pada produk: fokus pada fungsinya sebagai moda transportasi. Tahun 2009 menjadi tonggak bersejarah dimulainya transformasi KAI dengan revitalisasi perseroan menjadi service oriented company dan mengusung visi sebagai solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. 

Revitalisasi dilakukan dengan tetap berpegang pada brand positioning KAI sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi penumpang, angkutan logistik, dan jasa lainnya yang in line dengan KAI. Dengan arahan tersebut, maka revitalisasi dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan menciptakan anak-anak usaha yang lebih spesifik seperti  KAI Wisata, KAI Logistik, KAI Commuter, KAI Bandara, KAI Service, dan KAI Properti.

Transformasi yang konsisten ini membuahkan hasil, dengan perbaikan kinerja keuangan pada tahun ketiga pasca transformasi (2012). KAI membukukan margin hingga Rp425 miliar, jumlah yang sangat signifikan dibandingkan kinerja sebelum transformasi (2008) yang merugi hingga Rp83 miliar. Pendapatan terus meningkat hingga pandemik 2020-2021 mengerem laju pertumbuhan KAI.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pandemik yang membatasi mobilitas penduduk itu telah menyebabkan KAI membukukan rugi bersih sebesar Rp1,69 triliun sepanjang 2020. Padahal, pada 2019, KAI masih mencatatkan laba bersih sebesar Rp2,02 triliun.

Untuk mengatasi dampak pandemik kepada kinerjanya, pada 2021, bertepatan dengan perayaan 75 tahun KAI, perseroan ini meluncurkan program bertajuk “Adaptif, Solutif, Kolaboratif untuk Indonesia.” Langkah Adaptif diwujudkan dengan terus berinovasi, cepat menyesuaikan diri, melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi, serta efisiensi, antara lain dengan menambah fitur-fitur KAI Access dan menggunakan big data untuk mengetahui minat dan kebiasaan pelanggan, sehingga KAI dapat melayani dan menghadirkan layanan sesuai keinginan mereka.

Seiring dengan berlalunya pandemik, kinerja KAI mulai pulih Kembali. Pada semester I 2022, KAI menghasilkan laba bersih sebesar Rp740 miliar, atau tumbuh 254% dibandingkan Semester I 2021 yang merugi Rp480 miliar. Di samping peningkatan laba, KAI juga membukuk an kinerja EBITDA yang positif, sebesar Rp2.078 miliar atau tumbuh signifikan jika dibandingkan Semester I 2021 Rp548 miliar.

Dalam siaran pers-nya pada 8 Agustus lalu, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan perkembangan kinerja KAI pada Semester I 2022. Menurut Didiek, dua segmen bisnis utama KAI, yaitu angkutan penumpang dan angkutan barang memberikan kontribusi signifikan kepada kinerja KAI.

Pada angkutan penumpang, volume pelanggan kereta api pada Semester I 2022 meningkat 42% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari sisi angkutan barang, volume angkutan pada Semester I 2022 meningkat 15%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pencapaian positif pada pendapatan perusahaan juga diiringi dengan peningkatan biaya, namun peningkatan biaya tersebut dapat dikelola dan dijaga pertumbuhannya di bawah pendapatan operasional dengan terus diimbangi dengan upaya-upaya efisiensi yang ketat. “Efisiensi lainnya yang KAI lakukan di antaranya dengan menurunkan biaya melalui restrukturisasi pinjaman dengan cara rescheduling pembayaran atau renegosiasi tarif bunga. KAI juga memprioritaskan investasi yang memberikan peningkatan produktivitas angkutan di masa yang akan datang serta investasi strategis nasional yang memberikan manfaat kepada masyarakat seperti LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan berbagai penugasan lainnya,” kata Didiek.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Yadea Resmi Bangun Pabrik di RI

Yadea Resmi Bangun Pabrik di RI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan kendaraan roda dua listrik asal China, Yadea, melakukan peletakan batu pertama untuk pabrik barunya di Karawang, Ja...


BNI Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Gunung Ruang

BNI Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Gunung Ruang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, melalui BNI Berbagi kembali menyalurkan bantuan korban erupsi Gunung Ruang Tagulandang...


realme C65 Tetap Lancar Dioperasikan Walau dalam Keadaan Basah

realme C65 Tetap Lancar Dioperasikan Walau dalam Keadaan Basah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Jika smartphone entry-level pada umumnya identik dengan fitur yang terbatas, realme C65, smartphone terbaru dari realme C Seri...


Hadirkan Terobosan, Battery dan Electric Motor POLYTRON Bersertifikasi IP67

Hadirkan Terobosan, Battery dan Electric Motor POLYTRON Bersertifikasi IP67
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di dunia teknologi, ketahanan terhadap lingkungan eksternal seperti air dan partikel debu merupakan faktor krusial dalam memas...