JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sebagai e-commerce terdepan, Blibli siap menempatkan dirinya di masa pandemic ini dalam hal kesehatan, bagi marketplace satu ini semua pihak akan menjadi prioritas utamanya.
Dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/4826/2021 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Obat dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Untuk menghentikan permainan harga obat oleh distributor dan penjual, Blibli telah menerapkan dan memperketat pengawasan terhadap produk-produk yang dijual.
Sebagai perusahaan dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Blibli sebagai mal online juga menawarkan berbagai macam produk yang terbagi dalam 16 kategori, mulai dari kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup lainnya, dan didukung oleh lebih dari 100.000 mitra usaha. Dalam memastikan distribusi barang yang cepat ke seluruh Indonesia.
Produk yang dijual pada plaform Blibli akan diseleksi sebagai berikut: Melakukan monitoring secara ketat dan menindak tegas siapapun yang terbukti melanggar dan tidak sesuai dengan aturan yang disebutkan dalam Keputusan Menkes tentang HET, dalam bentuk penurunan konten, menerapkan proses verifikasi berlapis dan bertanggung jawab dalam alur proses pembelian obat-obatan resep dokter, dengan mewajibkan pembeli untuk menyertakan resep dokter resmi, memastikan mitra yang berjualan obat obatan di platform Blibli merupakan pihak yang memiliki izin resmi untuk menjual obat-obatan,
Lebih lanjut, Blibli juga akan kembali mengingatkan mitra dan berbagai pihak untuk mematuhi dan menjalankan aturan yang berlaku serta akan terus mengawasi dengan memastikan kebijakan internal terkait penjualan produk-produk obat-obatan khususnya dengan resep dokter diterapkan.
Langkah ini diambil guna memastikan implementasinya diterapkan tidak hanya oleh Blibli namun seluruh mitra terkait untuk mendukung pemerintah dalam mengendalikan dan menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Oleh karena itu, pentingnya bagi partner Blibli semua untuk mengikuti prosedur yang ada dan tidak menyulitkan pihak manapun di situasi saat ini.
Selain itu, Blibli juga mengajak masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan Pemerintah, yaitu menjalankan praktik 5M antara lain memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi fisik. Karena hal tersebut adalah langkah awal untuk kita semua di masa Covid-19 untuk fase dua yang rawan sekali terkena virusnya.
Ada hal menarik juga yang Blibli tawarkan kepada pelanggan setia, Blibli menyediakan layanan Customer Care selama 24 jam setiap hari agar pelanggan bisa bertanya langsung pada Blibli. Pelanggan pun bisa mengakses Customer Care dengan mudah melalui berbagai kanal, termasuk telepon, chat, email, media sosial dan WhatsApp.