Senin, 11 Desember 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

Cafe Dinilai Sebagai Peluang Bisnis Bagi Gen Z di Indonesia

Posted by: 1444 viewer

Cafe Dinilai Sebagai Peluang Bisnis Bagi Gen Z di Indonesia
Ilustrasi Cafe

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Cafe sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi Generasi Z. Kesuksesan bisnis cafe tergantung dari kualitas kopi, teh, maupun makanan yang ditawarkan. Indonesia berpeluang besar memanfaatkan bisnis cafe karena memiliki kopi dan teh yang cita rasanya tidak dimiliki kopi dan teh negara lain.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo menyampaikan hal tersebut ketika menghadiri pembukaan Cafe Asia Exhibition 2021 dan The 8th International Coffee and Tea Expo di Marina Bay Sands, Singapura. Acara yang berlangsung 18-21 November 2021 dibuka Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong.

“Survey terbaru yang dilakukan McKinsey menunjukkan, buying power Generasi Z atau mereka yang lahir setelah 1995 di AS mencapai 150 miliar dollar AS. Konsumsi mereka untuk kopi dua kali di atas peminum kopi yang berusia di atas 60 tahun,” kata Dubes Tommy.

IKLAN INFOBRAND.ID

Potensi itu juga berlaku untuk Indonesia dan Singapura karena persentase Generasi Z-nya lebih besar dari AS. Ini tentunya menjadi peluang bagi produsen kopi dan teh di Indonesia maupun mereka yang bergerak di bisnis makanan dan minuman, termasuk cafe.

Menurut Dubes Tommy, kopi Indonesia mempunyai cita rasa yang unik dan berbeda dengan kopi dari negara lain. Setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda tergantung jenis tanah dan juga cuaca di tempat kebun kopi itu berada.

Ia menyebut Kopi Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Toraja, Kopi Bajawa, dan Kopi Bali yang mempunyai kekhasan yang berbeda. “Anda bisa merasakan aroma coklat, jeruk, bunga, cinnamon atau kayu manis pada kopi yang berasal dari Indonesia,” kata Dubes Tommy.

Di Paviliun Indonesia terlibat sebanyak 20 usaha kecil dan menengah dari Indonesia. Mereka menawarkan berbagai macam kopi, teh, dan juga makanan khas Indonesia.

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong menjelaskan, pandemi Covid-19 memukul para pengusaha restoran baik makanan maupun minuman. Namun ia mengapreasi industri makanan dan minuman Singapura yang terus berusaha untuk bisa bertahan dan melakukan penyesuaian.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Pandemi covid-19 memberikan banyak tantangan kepada kita semua. Kita dipaksa untuk melakukan perubahan termasuk redesign dalam pekerjaan di industri restoran. Saya menghargai upaya pelaku industri untuk melakukan perubahan,” kata Menteri Gan.

Menurut Gan, pameran yang sempat tertunda dua tahun dan sekarang bisa kembali diselenggarakan merupakan cerminan ketangguhan industri makanan dan minuman Singapura. Ia berharap pameran kali ini bisa menjadi momentum kebangkitan industri makanan dan minuman, meski tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang masih berubah secara dinamis.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Darya-Varia Perkenalkan Inovasi Pengobatan Herbal Untuk Redakan Gejala ISPA

Darya-Varia Perkenalkan Inovasi Pengobatan Herbal Untuk Redakan Gejala ISPA
INFOBRAND.ID-Sebagai perusahaan farmasi dengan pengalaman selama lebih dari 47 tahun di Indonesia, Darya-Varia terus berkomitmen untuk mempe...


Gerakan BCA untuk Lindungi Nasabah dari Jeratan Penipuan

Gerakan BCA untuk Lindungi Nasabah dari Jeratan Penipuan
INFOBRAND.ID-Di era yang serba digital dan canggih, banyak oknum yang memanfaatkan celah untuk melakukan modus penipuan. Tujuannya, mendapatkan data p...


Toffin Luncurkan Aplikasi yang Mengusung Teknologi AI

Toffin Luncurkan Aplikasi yang Mengusung Teknologi AI
INFOBRAND.ID-PT Toffin Indonesia meluncurkan aplikasi Toffin App© untuk memberikan kemudahan layanan bagi para pemilik bisnis makanan dan minuman...


SASA Food Truck Tampil di Decemblar Kustom Weekende 2023

SASA Food Truck Tampil di Decemblar Kustom Weekende 2023
INFOBRAND.ID-Di pengujung tahun 2023, Sasa, brand lokal bumbu dapur, mensponsori event Decemblar Kustom Weekende 2023. Event diselenggarakan di Ecoven...