Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Di Tengah Pandemi, Humas Harus Berperan Membangun Narasi Positif

Posted by: 1351 viewer

Di Tengah Pandemi, Humas Harus Berperan Membangun Narasi Positif
Ilustrasi berita hoaks/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak sekali hal yang tidak bisa dikontrol, termasuk soal banjir informasi yang mengandung unsur hoaks dan memperkeruh keadaan.

Lantas apa yang bisa dilakukan oleh seorang Public Relations (PR) untuk membendungnya? Jangan sampai seorang PR yang malah menyebarkan informasi yang salah mengenai pandemi.

Caranya yaitu dengan banyak-banyak mengakses dan menyebarkan upaya-upaya pemerintah dalam menaggulangi pandemi berdasarkan sumber yang kredibel.

IKLAN INFOBRAND.ID

"PR harus menyampaikan informasi yang benar, bukan informasi yang sifatnya toksik, dan tidak menjadi jembatan pendistribusian berita bohong, PR harus berkolaborasi membangun informasi positif dan memotivasi," kata Ketua Umum BPP Perhumas, Agung Laksamana belum lama ini.

Pasalnya, hasil riset Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJ) menunjukkan 69 persen orang di masa pandemi mengalami permasalahan psikologis, 68 persen mengalami kecemasan, 67 persen mengalami depresi, serta 77 persen mengalami trauma psikologi. 

Nah, dengan menyampaikan berita-berita dari sumber yang kredibel diharapkan dapat mengurangi angka-angka yang ada pada hasil riset PDSKJ tadi.

Ya, di masa pandemi ini seorang PR harus fokus pada narasi-narasi positif, narasi yang membangun optimisme dengan tetap mengedepankan kewaspadaan yang tinggi. 

Misalnya meningkatkan kepercayaan publik terhadap program vaksinasi dengan menyebarkan informasi soal keamanan dan efektivitas vaksin, apapun jenisnya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Hal lain yang bisa dilakukan seorang PR di masa pandemi ini yaitu meningkatkan kepatuhan terhadap pesan-pesan kunci terkait pandemi Covid-19, seperti menerapkan perilaku 3M dan 3T. 

Untuk meng-counter berita-berita hoaks di masyarakat, seorang PR harus terlebih dahulu memahami target audiens yang disasar, sehingga pesan yang disampaikan sesuai dengan karakter, tone, dan manner, serta memahami karakteristik publik (media).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...