Selasa, 21 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Digitalisasi Jadi Babak Baru bagi Kalbe Farma

Posted by: 584 viewer

Digitalisasi Jadi Babak Baru bagi Kalbe Farma
ilustrasi

INFOBRAND.ID-PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) memasuki babak baru dengan peningkatan penjualan secara digital setelah mengembangkan sejumlah aplikasi. Strategi ini diharapkan menjadi tambahan energi untuk pertumbuhan kinerja keuangan perseroan, selain ekspansi bisnis dan penambahan produk.  

Analis Samuel Sekuritas Suria Dharma mengungkapkan, Kalbe Farma bersama Grup Emtek telah mengembangkan aplikasi KlikDokter. Aplikasi ini mencatatkan pertumbuhan pengguna yang signifikan hingga mencapai angka jutaan. KlikDokter merupakan solusi layanan kesehatan online yang terintegrasi.

Selain itu, menurut Suria, Kalbe Farma telah menyediakan aplikasi KALCare yang sangat dibutuhkan masyarakat di masa pandemi dan PPKM. KALCare merupakan unit bisnis e-commerce Kalbe Farma yang menyediakan berbagai produk kesehatan mulai dari nutrsi kesehatan, vitamin & suplemen, peralatan medis, serta makanan dan minuman kesehatan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Saat ini, KALCare telah melayani pengiriman produk ke lebih dari 100 kota di 24 provinsi di seluruh Indonesia. Aplikasi tersebut juga didukung oleh ribuan merchant partners dan melayani lebih dari ratusan ribu pelanggan aktif.

“Inisiatif digital tersebut diperkirakan menjadi sumber pertumbuhan baru Kalbe Farma ke depan. Inisiatif tersebut mendorong kami untuk mempertahankan rekomendasi beli saham KLBF,” tulis Suria dalam risetnya.

Namun, mengenai kinerja, dia memilih untuk menurunkan target laba bersih perseroan tahun 2021 dan 2022. Sedangkan target pendapatan direvisi sedikit naik untuk tahun 2021 dan 2022.

Revisi target tersebut mempertimbangkan pertumbuhan kinerja keuangan Kalbe Farma sepanjang semester I-2021.

KlikDokter didirikan melalui perusahaan patungan yang dibentuk oleh Kalbe Farma dengan kepemilikan saham sebesar 76% dan sisanya 24% dipegang oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK). KlikDokter menawarkan berbagai layanan B2C dan B2B, termasuk telekonsultasi, e-resep, pengiriman obat, reservasi layanan medis, toko kesehatan online, serta solusi media terintegrasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun target laba bersih perseroan tahun ini diturunkan dari Rp 3,27 triliun menjadi Rp 2,93 triliun. Sedangkan perkiraan  pendapatan direvisi naik tipis dari Rp 24,71 triliun menjadi Rp 24,73 triliun.

Begitu juga dengan perkiraan laba bersih perseroan tahun 2022 direvisi turun dari semula Rp 3,47 triliun menjadi Rp 3,22 triliun.

Sedangkan pendapatan perseroan direvisi naik dari Rp 26,43 triliun menjadi Rp 26,53 triliun. Berbagai faktor tersebut mendorong Samuel Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi beli saham KLBF dengan target harga Rp 1.750.

Sentimen positif terhadap pergerakan saham perseroan berasal dari peluang pendistribusian vaksin Covid-19.

Sementara itu, analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Mimi Halimin mengungkapkan, realisasi kinerja keuangan Kalbe Farma telah sesuai ekspektasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Laba bersih senilai Rp 780,8 miliar per Juli 2021 telah merefleksikan 52,4% dari perkiraan kami dan setara dengan 51,2% dari consensus analis,” tulis dia dalam risetnya.

Mirae memilih untuk merevisi naik target kinerja keuangan Kalbe Farma tahun ini. “Kami menaikkan target kinerja keuangan perseroan tahun 2021 dan 2022 sejalan dengan tingginya pencapaian penjualan divisi obat resep dan divisi distribusi di tengah penurunan performa divisi nutrisi,” jelasnya.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...