JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mengusung tema “How to Become a Great Young Enterpreneur” yang diselenggarakan oleh Enterpreneur Leaning Center (ELC) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 5 Septermber 2021 lalu, Tri Raharjo S.E., M.M., selaku CEO TRAS N CO Indonesia hadir dalam sesi webinar tersebut dengan membagikan tips bagi para pengusaha muda yang ingin meningkatkan kualitas brand mereka baik di masa pandemic ataupun di masa normal sekalipun.
Dalam sesi materi yang dihadiri lebih dari 500 mahasiswa UIN Jakarta, Tri menggagas lima tahapan dalam mengembangkan sebuah brand supaya lebih dikenal masyarakat dan tentunya menjadi sukses. “ada 5 tahapan dalam memulai bisnis, langkah awal yang harus kita lakukan adalah dengan memulainya terlebih dahulu, pikirkan konsep nama yang muda diingat untuk sebuah brand sehingga konsumen akan selalu membeli produk yang akan kalian tawarkan, yang kedua adalah bisnis yang dilakukan tentunya harus bisnis yang menguntungkan. Bisnis yang menguntungkan adalah bisnis yang sesuai dengan target pasar, karena dengan masuknya produk yang akan kalian bawa, akan menambahkan nilai jual, namun jika pasar yang disasar tidak sesuai bisnis kalian tentunya akan semakin merosot karena berkurangnya omset”
Ia menambahkan “ ada juga system bisnis untuk mengembangkan suatu produk, system ini tentunya harus mencari sesuatu yang berbeda dari para pesaing tentunya, dan dilihat juga dari harga, produk, packaging serta kualitasnya pun perlu diperhatikan. Jika tiga tahap tersebut sudah dilakukan, adanya penduplikasi atau membuka cabang tentunya sangat bermanfaat untuk sebuah brand sehingga semakin meningkatkan penjualan dan produknya semakin diminati. Dan yang terakhir adalah development didalam sebuah brand harus ditingkatkan supaya brand tetap stabil dan berhasil” katanya.
Dalam sesi tanya jawab yang dilakukan bersama mahasiswa tersebut, Tri mengungkapkan bahwa di masa pandemic ini tentunya banyak tantangan yang menerpa sebuah brand. Hampir seluruh penggagas brand menemukan cara dengan digital marketing, karena opsi tersebut dinilai dapat meningkatkan konsumen dan menaikkan omset penjualan.
Tentunya dalam hal ini juga termasuk dalam mengembangkan sebuah bisnis, jika digital marketing yang sesuai dengan pasarnya, maka daya beli konsumen tentunya akan meningkat dan brand tersebut akan semakin maju walau pandemic sekalipun.