Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Posted by: 584 viewer

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Allianz/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dalam pelestarian lingkungan dan termasuk upaya penurunan emisi karbon secara berkelanjutan. 

Pada tahun 2023, Allianz Indonesia meningkatkan komitmennya dengan menerapkan inisiatif green office dan proses digitalisasi yang berkelanjutan dalam operasinya.

Melalui inisiatif ini, Allianz Indonesia berhasil mengelola lebih dari 5.500kg sampah, mengurangi penggunaan kertas melalui alat penjualan digital seperti Allianz Discover, portal nasabah Allianz eAZy Connect, dan layanan polis elektronik. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, Allianz Indonesia telah menerapkan kebijakan untuk membatasi jejak karbon karyawan dengan menetapkan target sebesar 613kg emisi GHG (Gas Rumah Kaca) per karyawan per tahun. 

Kebijakan ini mencakup pengurangan konsumsi energi listrik, pengurangan emisi dari perjalanan bisnis, dan pengurangan penggunaan kertas.

Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli mengungkapkan, Allianz Indonesia menyadari pentingnya partisipasi perusahaan, dalam memastikan bahwa setiap proses bisnis tetap berkomitmen pada pelestarian lingkungan. 

"Kami mengambil peran yang bertanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan dan sosial untuk memastikan kualitas bumi di masa depan. Dengan menjaga bumi sebagai lingkungan yang layak untuk generasi mendatang, kami aktif berkontribusi untuk memaksimalkan visi dan misi Allianz Indonesia dalam melindungi masa depan setiap orang," kata dia dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (24/4/2024).

Selain inisiatif green office, Allianz Indonesia telah aktif terlibat dalam penanaman mangrove sejak tahun 2019. Melalui inisiatif ini, lebih dari 24.000 pohon mangrove telah ditanam di sepanjang pantai Jakarta, Bekasi, dan baru-baru ini di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Program penanaman mangrove di Tanjung Pakis telah berlangsung dari Desember 2023 hingga Maret 2024. Mangrove memainkan peran penting dalam mitigasi perubahan iklim karena menyerap dan menyimpan karbon biru. 

Penanaman mangrove juga berkontribusi terhadap restorasi ekosistem pesisir yang terdegradasi, melindungi keanekaragaman hayati, dan meningkatkan ekosistem laut, pesisir, dan daratan.

Peningkatan Kualitas Hidup 
Selain melakukan penanaman bibit mangrove di Tanjung Pakis, Karawang, Allianz Indonesia berusaha untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan mangrove tersebut. 

Selain melakukan penanaman dan pemantauan pertumbuhan mangrove, Allianz Indonesia juga bekerja sama dengan komunitas lokal, seperti nelayan, UMKM, petani mangrove, dan masyarakat di sekitarnya, untuk menjaga konservasi mangrove. 

Program ini juga meliputi kegiatan literasi keuangan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat. Dengan serangkaian inisiatif tersebut, Allianz Indonesia tidak hanya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar, tetapi juga memberikan nilai tambah dari hasil olahan mangrove sebagai komoditas. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui program pelatihan dan pemberdayaan, Allianz Indonesia berupaya mengoptimalkan pemanfaatan komoditas mangrove agar memiliki nilai ekonomi lebih tinggi bagi masyarakat setempat. 

Sasaran dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pengelolaan mangrove secara berkelanjutan, termasuk pengelolaan keuangan bagi diri mereka sebagai individu dan pemilik usaha. 

Dengan demikian, petani, UMKM, dan warga setempat dapat memanfaatkan mangrove sebagai sumber penghasilan yang berkelanjutan, sekaligus melindungi ekosistem mangrove dengan baik.

"Dalam semangat kolaborasi jangka panjang, Allianz Indonesia berupaya untuk memperkuat hubungan dengan berbagai komunitas dan masyarakat. Tujuan kami adalah agar manfaat yang kami berikan dapat berdampak secara berkelanjutan, terutama dalam upaya pelestarian lingkungan,"; pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer

OPPO Luncurkan Ponsel Standar Militer
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Oppo akhirnya secara resmi menghadirkan ponsel pintar dengan ketahanan berstandar militer yakni Oppo A60 untuk pembelian secar...


POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali

POLYTRON Buka Showroom EV Kedua di Bali
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kabar gembira bagi penggemar motor listrik POLYTRON di Bali! Baru-baru ini, merek motor listrik POLYTRON, membuka lagi showroo...


FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera dan Dua Lensa Baru, Apa Kehebatannya?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - FUJIFILM Indonesia meluncurkan dua kamera digital mirrorless dan dua lensa terbaru ke pasar Indonesia yang disebut untuk melen...


Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan

Dalam Setahun, KTB Mampu Lego 29.276 Kendaraan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) membukukan penjualan 29.276 unit kendaraan dan meraih 39,2 persen pangsa pasar dalam...