JAKARTA, INFOBRAND.ID - Membahas lebih lanjut mengenai konsep Metaverse yang digadang-gadang akan menjadi dunia baru di era digital. Memang dunia virtual yang dikenalkan oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg ini saat ini masih masih sebatas konsep. Namun dalam praktiknya penggunaan teknologi Augmanted Reality (AR), sabagai salah satu alat untuk masuk ke dunia Metaverse, saat ini telah mulai digunakan dalam berbagai kegiatan bisnis.
Salah satu penerapannya adalah sebagai media pemasaran digital. Augmanted Reality sendiri, merupakan teknologi digital untuk memuat informasi dalam format video, teks atau gambar ke objek sehari-hari di dunia nyata dengan menggunakan media smartphone. Dengan teknologi ini, akan memberikan seorang pemasar, kemampuan untuk mengubah objek statis, seperti iklan cetak menjadi pengalaman 3D yang mendalam.
Karena itu, saat ini AR menjadi terus dikemabngkan sebagai strategi marketing dan sales bagi brand, karena menawarkan pengalaman belanja secara online dengan lebih realistis. Bahkan AR menjadi alat sebagai strategi pemasaran digital yang sangat powerfull. Apa saja keuntungan Augmanted Reality Marketing, berikut penjelasannya:
Meningkatkan Brand Awareness
Menggunakan teknologi AR dalam iklan atau kampanye tentu saja menjadi faktor “wow”. Hal ini akan meningkatkan kesadaran akan merek dari para audience, karena membuat audience membicarakan sebuah brand yang menggunakan teknologi tersbeut. Dengan demikian AR sangat efektif sebagai peningkatan kesadaran karena teknologi ini relatif baru dan pengalaman berinteraksi dengan merek melalui AR masih merupakan pengalaman baru bagi sebagian besar pelanggan.
Meningkatkan Engagement
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Blippar, sebuah aplikasi augmented reality terkemuka, kampanye pemasaran yang memanfaatkan AR rata-rata berdurasi 75 detik. Untuk menempatkan ini dalam perspektif, iklan radio dan TV tradisional memiliki durasi hanya 2,5 detik.
Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Mengintegrasikan AR ke media pemasaran digital Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, karena pelanggan Anda memiliki lebih banyak informasi yang tersedia, dan dapat membuat pilihan dan menyelesaikan transaksi dengan kecepatan yang lebih tinggi.
Membawa Digital ke Dunia Nyata
Mungkin manfaat terbesar AR berikan, adalah kemampuannya untuk menghubungkan promosi pemasaran digital Anda dengan pengalaman fisik pelanggan dengan cara-cara baru dan inventif. AR menjembatani saluran pemasaran tradisional dan digital, memungkinkan Anda untuk mengubah iklan fisik atau brosur statis menjadi pengalaman digital, yang dapat dengan mudah dihubungkan dengan strategi pemasaran digital Anda.
Demikian beberapa keuntungan menggunakan teknologi AR dalam kegiatan marketing. Saat ini teknologi AR masih terus dikembangkan, dan penerapannya semakin luas, bahkan penggunannya hampir tak terbatas.
Ini berarti AR memiliki potensi sangat besar yang tidak hanya dimanfaatkan untuk media pemasaran digital. Potensi tersebut tentu akan semakin besar dengan hadirnya konsep Metaverse, sebagai dunia baru di era digital.(Berbagai Sumber)