Senin, 13 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mau Jadi Humas yang Sukses? Ini Kuncinya

Posted by: 1770 viewer

Mau Jadi Humas yang Sukses? Ini Kuncinya
Ilustrasi kunci sukses humas/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menjadi seorang humas mempunyai tugas utama untuk membangun citra positif pada organisasi atau perusahaan tempat dia bernaung. 

Sayangnya untuk membangun citra positif untuk organisasi atau perusahaan tidak semudah membalikkan telapak tangan, walhasil dari sekian banyak humas yang ada hanya sedikit yang mampu meraih kesuksesan.

Nah, jika ingin menjadi humas yang sukses perhatikan lima kunci sukses humas ini seperti dikutip dari laman Real Business, Rabu (18/8/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

1. Berhubungan Baik dengan Media
Menjaga hubungan baik dengan media adalah salah satu tugas penting humas. Pasalnya seorang jurnalis yang menulis artikel yang dikirimkan seorang humas memiliki nilai yang sangat berbeda satu sama lain.

Untuk itu, seorang humas harus paham cara mengelola atau memengaruhi informasi tentang perusahaannya di domain publik. Dengan kata lain seorang humas harus berusaha meningkatkan cara orang memandang perusahaan yang menaunginya. 

2. Targetkan Kampanye Kehumasan
Seorang humas tentunya akan bekerja keras untuk membangun dan melindungi citra dari sebuah merek atau perusahaan, sehingga klien akan lebih cenderung menggunakan layanan dari perusahaan yang menaungin seorang humas.

Meskipun tidak langsung, penting untuk diingat kampanye humas yang kuat akan menarik banyak perhatian pada apa yang   dilakukan seorang humas, dan mendatangkan lebih banyak bisnis.

Oleh karena itu, upaya yang dilakukan seorang humas harus tepat sasaran. Siapa yang ingin dijangkau? Bagaimana cara mereka mengonsumsi media? Apa yang mereka baca?

IKLAN INFOBRAND.ID

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tadi tentunya akan membantu seorang humas memfokuskan kampanye mereka, mulai dari rilis yang dikirimkan ke media dan lain sebagainya.


3. Buatlah Relevan
Membuat hal yang relevan sangatlah penting terutama di era perputaran informasi yang begitu cepat seperti saat ini. Dengan video viral, tagar, dan topik yang sedang tren, salah satu tantangan tersulit adalah membuat hal tersebut tetap relevan dengan visi misi organisasi atau perusahaan.  

4. Menjadi Pemimpin Pemikiran
Menjadi pemimpin pemikiran (thought leader) adalah tentang diakui sebagai otoritas di bidang atau industri, karena orang-orang akan memandang seorang humas sesuai keahliannya.

Ketika ada berita atau percakapan yang sedang berlangsung di suatu bidang yang terkait dengan industri yang sesuai, seorang humas harus berada pada posisi di mana orang-orang mendatangi mereka untuk meminta pendapat atau nasihat.

Menjadi pemimpin pemikiran adalah platform yang sangat baik untuk menunjukkan relevansi bisnis di industri dan mengapa orang harus memilih untuk mendatangi seorang humas.

IKLAN INFOBRAND.ID

5. Lakukan Percakapan
Semua komunikasi dari seorang humas harus bertujuan untuk membuka dialog antara organisasi atau perusahaan dengan publik. Media sosial seperti Twitter, Facebook, blog dan lain sebagainya merupakan platform yang sangat baik untuk berinteraksi dengan publik.

Dari situ seorang humas dapat mengukur minat dan pendapat publik terhadap layanan atau ide dari sebuah perusahaan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024

Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024
INFOBRAND.ID-Jakarta – AIRSCREAM UK dengan bangga mengumumkan ekspansi dan pertumbuhan bisnis mereka di pasar rokok elektrik di seluruh negeri....


Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras

Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem yang te...


Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan

Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Legian Bali, Autograph Collection bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi menjalin kolaborasi dal...


Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024

Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC)...