JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menjadi seorang humas mempunyai tugas utama untuk membangun citra positif pada organisasi atau perusahaan tempat dia bernaung.
Sayangnya untuk membangun citra positif untuk organisasi atau perusahaan tidak semudah membalikkan telapak tangan, walhasil dari sekian banyak humas yang ada hanya sedikit yang mampu meraih kesuksesan.
Nah, jika ingin menjadi humas yang sukses perhatikan lima kunci sukses humas ini seperti dikutip dari laman Real Business, Rabu (18/8/2021).
1. Berhubungan Baik dengan Media
Menjaga hubungan baik dengan media adalah salah satu tugas penting humas. Pasalnya seorang jurnalis yang menulis artikel yang dikirimkan seorang humas memiliki nilai yang sangat berbeda satu sama lain.
Untuk itu, seorang humas harus paham cara mengelola atau memengaruhi informasi tentang perusahaannya di domain publik. Dengan kata lain seorang humas harus berusaha meningkatkan cara orang memandang perusahaan yang menaunginya.
2. Targetkan Kampanye Kehumasan
Seorang humas tentunya akan bekerja keras untuk membangun dan melindungi citra dari sebuah merek atau perusahaan, sehingga klien akan lebih cenderung menggunakan layanan dari perusahaan yang menaungin seorang humas.
Meskipun tidak langsung, penting untuk diingat kampanye humas yang kuat akan menarik banyak perhatian pada apa yang dilakukan seorang humas, dan mendatangkan lebih banyak bisnis.
Oleh karena itu, upaya yang dilakukan seorang humas harus tepat sasaran. Siapa yang ingin dijangkau? Bagaimana cara mereka mengonsumsi media? Apa yang mereka baca?
Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tadi tentunya akan membantu seorang humas memfokuskan kampanye mereka, mulai dari rilis yang dikirimkan ke media dan lain sebagainya.
3. Buatlah Relevan
Membuat hal yang relevan sangatlah penting terutama di era perputaran informasi yang begitu cepat seperti saat ini. Dengan video viral, tagar, dan topik yang sedang tren, salah satu tantangan tersulit adalah membuat hal tersebut tetap relevan dengan visi misi organisasi atau perusahaan.
4. Menjadi Pemimpin Pemikiran
Menjadi pemimpin pemikiran (thought leader) adalah tentang diakui sebagai otoritas di bidang atau industri, karena orang-orang akan memandang seorang humas sesuai keahliannya.
Ketika ada berita atau percakapan yang sedang berlangsung di suatu bidang yang terkait dengan industri yang sesuai, seorang humas harus berada pada posisi di mana orang-orang mendatangi mereka untuk meminta pendapat atau nasihat.
Menjadi pemimpin pemikiran adalah platform yang sangat baik untuk menunjukkan relevansi bisnis di industri dan mengapa orang harus memilih untuk mendatangi seorang humas.
5. Lakukan Percakapan
Semua komunikasi dari seorang humas harus bertujuan untuk membuka dialog antara organisasi atau perusahaan dengan publik. Media sosial seperti Twitter, Facebook, blog dan lain sebagainya merupakan platform yang sangat baik untuk berinteraksi dengan publik.
Dari situ seorang humas dapat mengukur minat dan pendapat publik terhadap layanan atau ide dari sebuah perusahaan.