Selasa, 21 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Selama Pandemi, OVO Naikkan Kualitas Transaksi UMKM Hingga 84%

Posted by: 1212 viewer

Selama Pandemi, OVO Naikkan Kualitas Transaksi UMKM Hingga 84%
OVO mendongkrak transaksi UMKM di Masa Pandemi

JAKARTA, INFOBRAND.ID - OVO bersama Center of Reform on Economics Indonesia hari ini meluncurkan hasil survei Dampak Sosial dan Ekonomi OVO terhadap UMKM dalam sebuah diskusi media, yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM, RI, Teten Masduki dan dihadiri oleh Ekonom Senior dan Pendiri CORE Indonesia, Hendri Saparini, Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra, Director of Central Public Affairs Grab Indonesia, Tirza R. Munusamy, dan Head of Mandiri Institute, Teguh Yudo Wicaksono.

Survei yang dilakukan oleh CORE Indonesia di awal 2021 ini membuktikan bahwa OVO berperan besar bagi pelaku UMKM Indonesia.

Memotret perilaku UMKM yang tersebar di 12 kota dan 8 provinsi, dampak penggunaan OVO termasuk mendorong tingkat inklusi keuangan khususnya bagi pelaku usaha nano dan mikro dari tingkat pendidikan dasar dan menengah, serta meningkatkan pendapatan melalui sinergi ekosistem digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki mengatakan, “Melalui transformasi dari hulu ke hilir serta pemanfaatan ekonomi digital, diharapkan UMKM dapat mengoptimalkan sepenuhnya ekosistem digital. Semoga hasil kajian ini dapat menginspirasi seluruh pemangku kepentingan untuk turut berperan aktif dalam mengembangkan dan memajukan pelaku UMKM serta mengakselerasi transformasi digital UMKM.”

Selanjutnya, Pendiri CORE Indonesia, Hendri Saparini menjelaskan, “Dari hasil survei kami, 84 persen populasi pelaku UMKM OVO menyatakan bahwa OVO sangat membantu penjualan mereka di masa pandemi. Bahkan 8 dari 10 populasi mulai mengenal berbagai layanan perbankan sejak bergabung dengan OVO, dan sekitar 71 persen menjadi lebih melek layanan keuangan digital.”

Dalam survei yang melibatkan 2.001 merchant OVO ini, sebelum masa pandemi 68 persen pelaku UMKM mengalami peningkatan pendapatan bulanan sejak bergabung dengan OVO, dengan rerata peningkatan pendapatan 27 persen. 31 persen populasi melayani lebih dari 75 kali transaksi harian, sedangkan 45 persen melayani 20 - 75 transaksi.

Tak lupa juga Karaniya Dharmasaputra, selaku Presiden Direktur OVO menambahkan, “Saat ini lebih dari 1 juta pelaku UMKM telah menjadi merchant OVO dan menerima pembayaran digital melalui QRIS. Selain berkomitmen untuk merangkul lebih banyak pelaku usaha, masuk ke ekosistem digital nasional, OVO terus berupaya menghadirkan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka, melalui pendalaman literasi keuangan digital yang secara khusus menyasar para wirausahawan Indonesia”

Selama pandemi, OVO terus memberikan dukungan bagi pengusaha lokal termasuk pelaku UMKM dengan menghadirkan program #DukungLokal, yang diluncurkan sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia serta kemudahan pendaftaran menjadi merchant, untuk mendukung program QRIS 12 Juta Merchant yang diinisiasi oleh Bank Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Dukung World Water Forum 2024, Hyundai Siapkan 86 IONIQ 5 dan 6

Dukung World Water Forum 2024, Hyundai Siapkan 86 IONIQ 5 dan 6
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah menyerahkan 86 kendaraan yang terdiri atas 50 mobil IONIQ 5 dan 36 mobil IONIQ 6 untu...


Gandeng EcoTouch, Blibli Hasilkan Kain dari Limbah Fesyen

Gandeng EcoTouch, Blibli Hasilkan Kain dari Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli Tiket Action bersama EcoTouch berhasil mengumpulkan 391,96 kg limbah fesyen untuk diolah menjadi kain baru melalui prog...


Kolaborasi, Garuda Indonesia-Allianz Berikan Perlindungan Penumpang Pesawat

Kolaborasi, Garuda Indonesia-Allianz Berikan Perlindungan Penumpang Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. berkolaborasi dengan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) dalam memberikan p...


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...