Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

68% Responden di Indonesia Rela Menolak Kenaikan Gaji atau Promosi Jabatan demi Keseimbangan Karier dan Kehidupan Pribadi: Michael Page

Posted by: 13 viewer

68% Responden di Indonesia Rela Menolak Kenaikan Gaji atau Promosi Jabatan demi Keseimbangan Karier dan Kehidupan Pribadi: Michael Page

JAKARTA, Indonesia,  4 Juli 2022 /PRNewswire/ -- Di tengah pandemi global, aksi pengunduran diri secara masif (Great Resignation) telah terjadi di Indonesia selama dua tahun terakhir, dan trennya semakin meningkat pada 2022. Gelombang pengunduran diri yang berlangsung di Indonesia melibatkan hampir setengah (43%) tenaga kerja di Indonesia dengan masa kerja kurang dari dua tahun. Bahkan, 84% tenaga kerja ingin mencari prospek karier baru dalam enam bulan mendatang.

Olly Riches, Senior Managing Director, Michael Page Singapura, Indonesia & Filipina
Olly Riches, Senior Managing Director, Michael Page Singapura, Indonesia & Filipina

Perusahaan jasa rekrutmen profesional, Michael Page Indonesia, meluncurkan "Talent Trends 2022 Report" yang berjudul "The Great X", dan memuat analisis penting tentang dunia kerja.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski gaji dan bonus masih menjadi motivasi utama bagi kandidat pegawai, survei menunjukkan pergeseran tren yang mengarah pada fasilitas kerja selain uang. Sebanyak 68% responden di Indonesia bahkan rela menolak kenaikan gaji dan/atau promosi jabatan demi memperoleh keseimbangan karier dan kehidupan pribadi, kesehatan, dan kebahagiaan yang lebih baik.

Olly Riches, Senior Managing Director, Michael Page Singapura, Indonesia & Filipina berkata, "Individu semakin mementingkan budaya kerja di perusahaan, prinsip, dan kepemimpinan ketimbang citra perusahaan dan promosi yang dilakukan perusahaan. Tingkat permintaan tenaga kerja di sektor Teknologi, serta Layanan Kesehatan dan Ilmu Hayati terus mengalami peningkatan di tengah Covid-19. Dalam beberapa kasus, tenaga kerja dibutuhkan sebagai pendukung ide-ide inovatif di usaha rintisan dan perusahaan konvensional." 

Setelah ekonomi mulai pulih, perusahaan tidak boleh meremehkan efek psikologis yang timbul akibat penggabungan "pekerjaan" dan kehidupan "pribadi" dalam dua tahun terakhir. Sebanyak 72% responden menginginkan metode bekerja gabungan (hybrid) antara bekerja dari rumah dan kantor.

Selain itu, 66% tenaga profesional di Indonesia telah menanyakan atau berpikir untuk menanyakan tentang kebijakan perusahaan tentang aspek Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi (Diversity, Equity & Inclusion/DE&I) dalam wawancara kerja. Menurut 33% responden, ketidakjelasan komitmen DE&I akan membuat mereka berhenti mengejar peluang kerja.

Pandemi juga telah mengubah prioritas pekerja. Sebanyak 81% kandidat pegawai meyakini bahwa kesehatan mental dan kesejahteraan harus dipertimbangkan dalam kinerja pegawai dan penilaian kerja. Perusahaan harus menciptakan budaya kerja positif yang mengapresiasi tenaga kerja pada seluruh jenjang.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejumlah besar tenaga kerja pun merasa tidak mendapat dukungan di tempat kerja. Sebanyak 49% responden berkata, beban kerja mereka meningkat jika dibandingkan sebelum Covid-19 terjadi. Menurut 83% responden, perusahaan tempat mereka bekerja tidak mengambil langkah aktif untuk menjamin keseimbangan karier dan kehidupan pribadi. Perusahaan harus mengubah , banyak hal dan membantu tenaga kerja agar bekerja secara lebih efisien.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Huawei Lansir Sejumlah Produk Baru di Segmen Pasar Komersial dan Distribusi guna Mendorong Pertumbuhan UKM secara Cerdas

Huawei Lansir Sejumlah Produk Baru di Segmen Pasar Komersial dan Distribusi guna Mendorong Pertumbuhan UKM secara Cerdas
BANGKOK, 3 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Huawei Asia-Pacific Partners Conference berlan...


Mitra Resmi UEFA EURO 2024™ Hisense Luncurkan Materi Promosi

Mitra Resmi UEFA EURO 2024™ Hisense Luncurkan Materi Promosi "BEYOND GLORY", Tawarkan Pengalaman Terbaik saat Menyaksikan Pertandingan Sepakbola
QINGDAO, Tiongkok, 3 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Sebagai mitra resmi UEFA EURO 2024™, Hisense ingin menghadi...


SMARTIES™ Awards 2024: Tahap Pendaftaran telah Dibuka untuk Praktisi Pemasaran Inovatif di Seluruh Dunia!

SMARTIES™ Awards 2024: Tahap Pendaftaran telah Dibuka untuk Praktisi Pemasaran Inovatif di Seluruh Dunia!
SINGAPURA, 3 Mei 2024 /PRNewswire/ -- MMA Global, lembaga nirlaba, resmi membuka tahap pendaftaran ajang...


Menyambungkan Hati dan Budaya, Perjalanan Dijiwa Sanctuaries dalam Membentuk Ulang Hospitality Landscape Bali

Menyambungkan Hati dan Budaya, Perjalanan Dijiwa Sanctuaries dalam Membentuk Ulang Hospitality Landscape Bali
DENPASAR, Indonesia, 2 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Dijiwa Sanctuaries, sebuah perusahaan manajemen hotel di...