Selasa, 13 April 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

76% Masyarakat Kini Lebih Suka Gunakan Pembayaran Tanpa Sentuh

Posted by: 04-03-2021 14:42 WIB 578 viewer

76% Masyarakat Kini Lebih Suka Gunakan Pembayaran Tanpa Sentuh
Pembayaran nirkabel.

JAKARTA - Selama masa pandemi COVID-19, metode pembayaran nirsentuh1 muncul sebagai solusi penting bagi konsumen di Indonesia untuk bertransaksi dengan cara yang lebih mudah, praktis dan aman. UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 20202 mengungkapkan bahwa di antara metode pembayaran nirsentuh yang tersedia, konsumen di Indonesia lebih senang menggunakan metode pembayaran antara sesama konsumen atau peer-to-peer 76%, diikuti oleh pembayaran menggunakan QR Code 69% dan internet banking berbasis seluler 64%.

Masih berdasarkan hasil study tersebut, hanya seperempat responden yang mengatakan bahwa mereka masih bergantung pada pembayaran tunai selama pandemi. Dari responden yang masih melakukan pembayaran tunai, sebesar 34% adalah konsumen yang berusia antara 51 sampai 65 tahun.

Studi UOB 3 juga menemukan bahwa preferensi pembayaran digital berbeda antar generasi. Sebanyak 70% Gen-Y Indonesia yang disurvei lebih menyukai layanan pembayaran peer-to-peer, sementara 77% konsumen Gen-Z lebih memilih pembayaran sistem QR (QRIS). Sedangkan preferensi utama dari generasi Baby Boomers adalah layanan internet banking berbasis seluler sebesar 69%.

IKLAN INFOBRAND.ID

Temuan UOB ASEAN Consumer Sentiment Study 2020 sejalan dengan data transaksi UOB Indonesia dan TMRW, bank digital UOB yang ditujukan untuk generasi digital ASEAN. Data UOB Indonesia menunjukkan bahwa dari Februari hingga Desember 2020, transfer dana elektronik bulanan (RTOL dan RTGS)4 yang dilakukan oleh nasabah TMRW tumbuh rata-rata 26 persen.

Khoo Chock Seang, Head of Personal Financial Services and Digital Bank, UOB Indonesia, mengatakan, Pandemi COVID-19 telah mempercepat digitalisasi di sebagian besar aspek kehidupan kita. Dengan semakin banyaknya orang Indonesia yang memperhatikan keamanan dan kemudahan pembayaran digital melalui ponsel mereka, kami berharap permintaan layanan berbasis seluler akan terus tumbuh dan mendorong tujuan Indonesia untuk mewujudkan cashless society.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di UOB, kata Khoo, mendukung pembayaran non-tunai seperti yang diinginkan pemerintah dengan meluncurkan perbankan digital dan mendesain metode pembayaran menjadi lebih mudah, aman dan cerdas. Hal itu untuk membantu menjawab kebutuhan lebih dari 90% persen responden dalam survei yang mengatakan bahwa mereka menginginkan layanan digital yang lebih nyaman 95% dan metode pembayaran digital yang aman 94%.

Sebagai bagian dari inisiatif untuk masuk ke ranah bank digital, pada bulan Agustus 2020 UOB Indonesia meluncurkan TMRW yang telah meraih pengakuan industri sebagai bank yang fokus melayani generasi digital kawasan ASEAN. Dengan TMRW, nasabah akan memperoleh pengalaman tanpa kontak langsung, mulai dari pembukaan rekening hingga menjalankan berbagai fitur transaksi perbankan yang tersedia di dalam aplikasi TMRW.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pengalaman digital menyeluruh ini didukung oleh fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan machine learning guna menciptakan pengalaman yang menarik dan dipersonalisasi berdasarkan data transaksi setiap nasabah. Dengan memahami dan mengantisipasi kebutuhan nasabah, TMRW mampu menyajikan wawasan yang disesuaikan untuk membantu setiap pengeluaran individu maupun menabung dengan lebih bijak.

“Karena tren bergerak ke preferensi pembayaran nirsentuh dibandingkan dengan pembayaran tunai, kami percaya TMRW merupakan masa depan. Melalui fitur QR di TMRW yang memungkinkan pembayaran cepat dan nyaman, UOB sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai dan target Bank Indonesia untuk menjangkau 12 juta merchants menggunakan metode pembayaran QRIS pada akhir tahun 2021,” demikan dipaparkan Khoo.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Membangun Pondasi Bisnis Kuliner yang Paling Moncer

Membangun Pondasi Bisnis Kuliner yang Paling Moncer
JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah mempengaruhi banyak aspek dalam pengelolaan usaha, terutama bagi para pengusaha UMKM. Pen...


Dorong Sektor Properti dengan Pemasaran Aset Bank

Dorong Sektor Properti dengan Pemasaran Aset Bank
JAKARTA - Sejak pandemi COVID-19 merebak di Indonesia awal kuartal 2020 kemarin, perekonomian nasional turut terkena dampak negatif yang menurunkan pe...


Innova dan Avanza Paling Diminati di Pasar Mobil Bekas

Innova dan Avanza Paling Diminati di Pasar Mobil Bekas
JAKARTA - Mobil MPV yang ramah keluarga ternyata masih jadi minat utama pasar. Berdasarkan Carsome Insights 2020, Toyota Innova dan Toyota Avanza yang...


Kategori Kecantikan dan Riasan Tumbuh Positif Pasca Pandemi

Kategori Kecantikan dan Riasan Tumbuh Positif Pasca Pandemi
JAKARTA - Industri FMCG di Indonesia telah mengalami penurunan yang stabil pada tahun 2020. Sesuai dengan NielsenIQ Indonesia Beauty Report Segmen kec...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS








Index
Elnusa