INFOBRAND.ID-Dalam rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) "Adira Finance untuk Indonesia", PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) meresmikan "Festival Kreatif Lokal 2022", pada awal Oktober ini.
Bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), Adira Finance meresmikan landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di Desa Carangsari dan Festival Pasar Rakyat di Pasar Adat Desa Carangsari, Bali, sebagai destinasi ke-3 rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022.
Di bawah pilar Sahabat Lokal, program Festival Kreatif Lokal 2022 berfokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengaj) di Indonesia. Tahun ini merupakan tahun ke-3 Festival Kreatif Lokal digelar bekerja sama dengan Kemenparekraf RI.
Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila menuturkan, “Adira Finance berkeinginan untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM. "Oleh karena itu, kami menjalin kerja sama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI untuk melaksanakan rangkaian Festival Kreatif Lokal."
Menurutnya, langkah itu sejalan dengan visi perusahaan untuk menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Carangsari dipilih sebagai salah satu Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah memenuhi kriteria pendukung, yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia (SDM) termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.
Selain itu Desa Carangsari juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik seperti Taman Beji Samuan, perkebunan cokelat, hingga menyusuri Sungai Ayung yang merupakan sungai terpanjang di Bali.
Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara merupakan kegiatan yang mengajak komunitas motor untuk melakukan touring atau berkendara ke desa wisata dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata, agar nantinya sektor ekonomi, sosial, lingkungan dapat tumbuh berkembang dan menjadi salah satu destinasi liburan wisatawan lokal khususnya pengguna kendaraan bermotor.
Indra Ni Tua, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, mengatakan bahwa adaptasi, Kolaborasi, dan Inovasi menjadi aspek penting dalam pengembangan Desa Wisata. Adanya inovasi yang dilakukan oleh Adira Finance dalam pelaksanaan rangkaian program Festival Kreatif Lokal yang dikolaborasikan dengan program ADWI oleh Kemenparekraf tentunya menjadi langkah strategis untuk mengangkat potensi sektor parekraf desa wisata secara lebih luas.
"Kami mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata. Dengan adanya kolaborasi ini, kami harap menjadi bentuk adaptasi serta upaya pemulihan perekonomian sektor pariwisata pasca pandemi,” harap Indra.
Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Kemenparekraf RI, Zurich Asuransi Indonesia (Zurich), MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.
Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara menambahkan “Kami bangga dapat kembali berkolaborasi dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Zurich pun memahami bahwa pelaku usaha merupakan salah satu penggerak perekonomian. Melalui kolaborasi dengan Adira Finance, Zurich akan memberikan edukasi pengelolaan risiko untuk mereka sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan UKM di Indonesia, khususnya Desa Wisata.