Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bakpia Kukus Tugu Jogja, Inovasi yang Lahir berkat Suara Konsumen

Posted by: 488 viewer

Bakpia Kukus Tugu Jogja, Inovasi yang Lahir berkat Suara Konsumen
Ilustrasi Bakpia Kukus Tugu Jogja, oleh-oleh kekinian dari Yogyakarta.

INFOBRAND.ID-Bakpia Kukus Tugu Jogja menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Pelajar yang sangat digemari wisatawan. Berdiri sejak 2017, Bakpia Kukus Tugu Jogja menghadirkan inovasi yang berbeda dari kebanyakan bakpia yang ada. Bakpia Kukus Tugu Jogja berbentuk bundar yang rasanya mirip dengan bolu yang lembut, dipadukan dengan beragam isian.

Bedanya dengan bakpia umumnya yakni ada pada susunan bertekstur tipis dengan beberapa layer yang dipadukan dengan aneka macam isian. Saat ditemui Kompas.com di Yogyakarta, Senior Brand Manager Bakpia Kukus Tugu Jogja, Nurul Akbar mengatakan, produknya merupakan bentuk inovasi agar lebih menyesuaikan dengan keinginan pasar, baik domestik maupun internasional.

“Dari awal, bakpia kukus ini di-launching, kita memang sudah beberapa kali menerima feedback seperti itu. Tapi kita menjawab demand yang baru di mana inovasi itu awalnya dari research kita, masyarakat ingin bakpia jenis baru, dan bosan dengan varian yang itu-itu saja,” kata Akbar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Bakpia Kukus Tugu Jogja didirikan oleh Rizka Wahyu Romadhona bersama suaminya. Awalnya usahanya hanyalah usaha rumahan. Melihat permintaan yang tinggi, keduanya mulai mendirikan toko agar masyarakat bisa lebih mudah membeli Bakpia Kukus Tugu Jogja.

Bakpia Kukus Tugu Jogja memulai bisnis online dengan bergabung bersama salah satu platform e-commerce yakni Tokopedia pada 2020. Melalui beragam kampanye, bisnis Bakpia Kukus Tugu Jogja mulai mengalami kenaikan permintaan, meskipun saat itu dalam kondisi pandemi Covid-19. “Bergabungnya kami dengan Tokopedia, mendapatkan brand awareness di mana orang-orang lebih kenal dengan brand kita, terutama di Jogja. Ini juga meningkatkan penjualan kita,” ungkap dia. “Pandemi merupakan pukulan yang berat untuk pelaku usaha. Makanya saat itu, kita selalu eksplor untuk channel baru. Mungkin offline kita terdampak, tapi online-nya mulai kita gencarkan dan alhamdulillah bisa terlewati,” tambah dia.

Sebagai oleh-oleh khas Jogja, Bakpia Kukus Tuju Jogja juga mendorong penggunaan bahan baku yang tidak hanya berkualitas, tapi juga diproduksi oleh warga lokal. Bakpia Kukus Tugu Jogja juga menerapkan standar sertifikasi untuk menjamin keamanan hingga ke tangan konsumen. Hingga saat ini, Bakpia Kukus Tugu Jogja telah memiliki puluhan gerai dan terus berupaya berekspansi dengan menggandeng UMKM lokal. Adapun sebanyak 700 UMKM ikut bekerja sama dengan Bakpia Kukus Tugu Jogja. “Kita juga merangkul UMKM, mungkin kalau main ke toko kita, 60 persen produk kita, dan 40 persen produk UMKM. Kurang lebih ada 700 UMKM yang bergabung dengan kita,” jelas dia.

Adapun beberapa varian produk Bakpia Kukus Tugu Jogja, di antaranya bakpia kukus, bolu kukus, sifon cake, dan almond tart. Adapun kisaran harga produk Bakpia Kukus Tugu Jogja, yakni Rp 24.500 sampai dengan Rp 45.000. Ke depannya, Bakpia Kukus Tugu Jogja juga tengah membidik pasar luar negeri. Hanya saja, pihaknya masih ingin memastikan dan meriset lebih dalam lagi mengenai kemampuan produk untuk bertahan di waktu yang lama. “Kita pastinya mau ekpor ya sebagai bisnis. Kita ada arah ke sana, tapi tidak dalam waktu dekat ini, karena kita tahu umur produk kita pendek, jadi kita harus berinovasi dulu untuk rencana ekspor. Mungkin kita akan bikin dalam bentuk frozen food misalnya,” kata Akbar.

Bagi masyarakat yang ingin memulai bisnis kuliner, Akbar membagikan tips singkatnya. Mulai bisnis dengan konsisten, memastikan fundamental bisnis sehat, produk harus menjawab kebutuhan pasar, hingga menerapkan teknologi sebagai sarana penjualan saat ini. “Jadi bisnis seperti ini, bukan untuk short term, tapi long term, selebihnya usaha dan doa,” kata dia.

IKLAN INFOBRAND.ID

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Primadona Giant POLYTRON Diganjar Top Innovation Choice Award 2024

Primadona Giant POLYTRON Diganjar Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Bukan rahasia lagi jika mencuci pakaian menjadi pekerjaan rutin yang melelahkan dan menyita waktu. Untuk membuatnya lebi...


Hadirkan CCTV Inovatif, Immersive Tech Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Hadirkan CCTV Inovatif, Immersive Tech Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kehadiran CCTV sekarang ini telah menjadi kebutuhan, karena dengan keberadaan CCTV mampu meningkatkan keamanan rumah dan berba...


Inovasi Minuman Berkolagen, Flimbeauty Flimcol Raih Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Minuman Berkolagen, Flimbeauty Flimcol Raih Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produk minuman kesehatan Flimbeauty Flimcol berhasil memperoleh penghargaan di bidang inovasi dari media INFOBRAND.ID yang bek...


Arumi Smart Diffuser, Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Dunia Aroma

Arumi Smart Diffuser, Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Dunia Aroma
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah keberagaman tren wewangian, diffuser wewangian menjadi sebuah perangkat yang tidak hanya mampu untuk menyebark...