Ahad, 12 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Begini Cara Efektif Mengelola Komunikasi Internal Perusahaan

Posted by: 1679 viewer

Begini Cara Efektif Mengelola Komunikasi Internal Perusahaan
Ilustrasi mengelola komunikasi internal perusahaan/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tujuan komunikasi internal tidak hanya untuk membuat karyawan tetap terhubung satu sama lain, tetapi mampu menciptakan pemahaman bersama tentang tujuan, nilai-nilai, serta pedoman suatu perusahaan.  

Dengan kata lain, komunikasi internal sangat penting untuk menjaga agar karyawan tetap mengetahui informasi terkini mengenai inisiatif terbaru perusahaan, membangun suara otoritas, dan kepercayaan dalam memerangi rumor. 

"Komunikasi internal juga sebagai fasilitator komunikasi yang efisien dan jelas di antara departemen yang berbeda," kata Head of Corporate Public Relations Indofood Sukses Makmur Nurulita Novi Arlaida beberapa waktu yang lalu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Komunikasi internal juga berfungsi untuk menjaga karyawan agar tetap fokus dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan perusahaan. 

Selain itu, komunikasi internal juga mampu membuat karyawan merasa diakui atau dihargai, sehingga mendorong mereka untuk lebih termotivasi dan tertarik dengan pekerjaan yang mereka lakoni sekarang ini. 

Beberapa ahli bahkan menyebutkan, terdapat hubungan positif antara komunikasi internal dengan efektivitas sebuah organisasi karena melalui komunikasi internal budaya kerja sebuah perusahaan dapat terbangun. 

Nah, lantas bagaimana membuat komunikasi internal yang efektif, berikut caranya.

1. Menetapkan Tujuan
Saat menentukan tujuan, sebaiknya menggunakan metode SMART (specific, measurable, achievable, relevant, and timely). Pastikan tujuannya spesifik, bisa diukur, dan seterusnya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

2. Melakukan Asesmen Target Audiens
Target audiens diinginkan harus jelas, misalkan ditujukan khusus kepada manajemen, karyawan di daerah atau level tertentu, dengan begitu maka proses asesmen dapat berjalan dengan baik. 

3. Uji Rencana Komunikasi
Sebelum melangkah jauh, baiknya lakukan uji rencana komunikasi internal yang akan dibangun, mulai dari inisiatif program, pesan kunci yang akan disampaikan, materi komunikasi, tim yang bergerak, kanal komunikasi yang tepat, hingga biaya yang dibutuhkan. 

4. Buat Pengukuran Rencana
Dalam hal ini seorang PR perlu menetapkan key performance indicator untuk mengevaluasi program yang diusungnya, termasuk mengenai komunikasi internal.

5. Pastikan Kejelasan Informasi
Untuk membuat komunikasi internal yang efektif pastikan informasi yang ingin kita sampaikan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dikomunikasikan secara terbuka dan objektif, serta adanya komunikasi dua arah.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024

Memasuki Tahun Ke- 3 di Indonesia, AIRSCREAM UK Hadir di JIVE Expo 2024
INFOBRAND.ID-Jakarta – AIRSCREAM UK dengan bangga mengumumkan ekspansi dan pertumbuhan bisnis mereka di pasar rokok elektrik di seluruh negeri....


Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras

Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem yang te...


Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan

Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Legian Bali, Autograph Collection bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi menjalin kolaborasi dal...


Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024

Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC)...