Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Berkat Insurtech, 15 Juta Masyarakat Gunakan Asuransi  

Posted by: 2012 viewer

Berkat Insurtech, 15 Juta Masyarakat Gunakan Asuransi  
Platform Igloo insurtech.

JAKARTA - Perkembangan teknologi dalam bidang asuransi mendorong penetrasi asuransi di Indonesia. Igloo, perusahaan Insurtech Asia Tenggara mengklaim pertumbuhan bisnis positif lebih dari 50 juta polis didistribusikan lewat platformnya sejak Maret 2019. Perusahaan juga mengalami peningkatan gross premium lebih dari tiga kali lipat sejak mereka berdiri.

Selain itu, Igloo juga menambahkan tiga mitra strategis sebagai hasil dari akselerasi digital dan lonjakan permintaan e-commerce dengan peningkatan  pengguna digital sebesar 36 persen di Indonesia  selama pandemi (menurut laporan eConomy SEA 2020). Mitra-mitra baru tersebut adalah perusahaan ritel furnitur dan perabotan rumah Fabelio, perusahaan pengiriman on-demand dan sameday Lalamove, dan salah satu platform digital logistik terbesar di Indonesia Ritase, guna memperkuat posisi mereka di Indonesia.

Perkembangan tersebut semakin menegaskan kemampuan teknologi Igloo untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat melalui polis yang sesuai dengan gaya hidup saat ini. Indonesia memiliki tingkat penetrasi asuransi sebesar 0,5 persen atau peringkat tiga besar dari negara-negara dengan tingkat asuransi terendah di dunia di angka US$14 miliar. Di sisi lain, Asia Tenggara memiliki salah satu jumlah pengguna internet terbesar dan sedang tumbuh pesat dengan ekonomi digital Indonesia diperkirakan tumbuh 23 persen – dari 44 miliar dolar AS ke 124 miliar dolar AS dari saat ini hingga 2025.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemitraan yang dilakukan juga menjadi penutupan tahun yang kuat bagi Igloo dengan total 10 kemitraan di Indonesia, dari 20+ di seluruh Asia Tenggara. Kemitraan dengan Fabelio, Lalamove dan Ritase akan memungkinkan Igloo memperluas keragaman penawaran produk khususnya selama lonjakan pembelian lewat e-commerce.

Sebagai contoh, di tahun 2020, Fabelio, meningkatkan kapasitas penyimpanannya hingga 80 persen seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen dan mencatat transaksi penjualan online tertinggi pada kuartal ke-4. Sejak November 2020, untuk memastikan kenyamanan para konsumennya, produk garansi 2 tahun yang telah dimiliki Fabelio didukung oleh perlindungan asuransi Igloo hingga Rp 10 juta. Pelanggan Ritase juga akan menikmati perlindungan asuransi transit hingga Rp 5 miliar. Pelanggan Lalamove sekarang bisa juga memilih perlindungan asuransi transit hingga Rp 100 juta dengan premi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 30.000.

Chief Commercial Officer Igloo, Raunak Mehta mengungkapkan, 2020 merupakan tahun krusial bagi Igloo di saat kami terus bekerja dengan mitra kami untuk mengembangkan asuransi gaya hidup yang sesuai dengan perubahan kebutuhan gaya hidup para pelanggan.  Kemitraan strategis kami dengan Fabelio, Lalamove, dan Ritase, tentunya akan mempercepat proses dalam membantu mengatasi kesenjangan asuransi di Indonesia.

“Kami terus melihat angka peningkatan pelanggan yang beralih ke digital, kami berharap dapat menawarkan mereka polis yang lancar dan mudah yang mendukung gaya hidup baru mereka,” jelas Raunak, dalam siaran media yang diterima infobrand.id, Selasa (26/1/2021).

Penawaran produk baru tersebut menambah daftar penawaran terpilih Igloo seperti proteksi elektronik, asuransi isi rumah, perpanjangan garansi, asuransi bencana, proteksi COVID-19, dan biaya rawat inap dengan tujuan menyediakan seluruh rangkaian produk asuransi yang relevan terhadap perubahan kebutuhan gaya hidup khususnya selama pandemi. Penawaran-penawaran itu tak bisa terwujud tanpa kemitraan dengan kemitraan lain seperti asuransi COVID-19 yang didistribusikan lewat platform e-commerce Blibli dan Bhinneka di bulan Mei. 

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami berharap muncul lebih banyak asuransi mikro yang fokus kepada e-commerce selama 2021 karena perubahan kebiasaan gaya hidup pelanggan selama pandemi,” imbuh Raunak.

City Director Lalamove Indonesia, Andi M. Rizki menambahkan, kebutuhan akan asuransi yang terjangkau di Indonesia yang tersedia online tumbuh dengan cepat, didukung oleh populasi muda, penggunaan internet yang masif, dan bisnis baru yang inovatif. Pihaknya meyakini Igloo akan menghadirkan inovasi untuk mendorong industri ini ke era digital sehingga tidak tertinggal.

Igloo menargetkan peningkatan angka polis hingga tiga kali lipat melalui platform mereka di Indonesia dalam dua tahun ke depan. Perusahaan berencana untuk meluncurkan asuransi untuk penyakit tunggal, kendaraan, bisnis, keamanan internet, e-wallet, dan hewan peliharaan pada pertengahan tahun depan. Untuk melakukan itu, Igloo sedang mencari lebih banyak peluang kemitraan dan talenta ketika mereka memperluas tim mereka untuk mendukung permintaan, termasuk kemitraan dengan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia pada awal 2021.

Sementara, Country Manager Igloo Indonesia Pradityo Anggoro Kusumo, mengatakan, Indonesia memiliki tingkat literasi asuransi yang rendah di mana masyarakat melihat produk asuransi sebagai investasi yang mewah. Dengan menawarkan asuransi mikro, kami berharap bisa meningkatkan kesadaran tentang bagaimana asuransi bisa terjangkau dan mendukung aktivitas sehari-hari mereka.

“Kemitraan terbaru kami dengan ritel furnitur dan perabotan rumah online Fabelio dan perusahaan logistik seperti Lalamove dan Ritase adalah bukti evolusi asuransi saat ini,” jelas Padityo.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejak pendanaan Seri A+ mereka pada April 2020, Igloo telah menambah timnya hingga 50 persen untuk mendukung teknologi yang melayani permintaan asuransi mikro yang tumbuh. Kesuksesan Igloo didasarkan kepada kemampuan berkembang dalam penawaran produk mereka dengan menggunakan big data, manajemen risiko aktuaria, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin untuk membantu pengembangan produk-produk baru untuk melayani dan memenuhi kebutuhan market yang selalu berubah. Perusahaan ini juga sedang mencari investor strategis untuk babak pendanaan mereka berikutnya, yang diharapkan ditutup pada kuartal pertama 2021.

Mitra Igloo saat ini mencakup layanan e-commerce, perjalanan, telekomunikasi dan finansial seperti Bukalapak, Shopee, RedDoorz, foodpanda, Bhinneka, UnionBank of the Philippines, Shippit, AIS, Viettel dan Mobifone untuk membantu mendistribusikan polis asuransi yang berbeda. Di bidang asuransi, Igloo telah bekerja dengan sedikitnya sembilan pemain asuransi terkenal di seluruh wilayah seperti Allianz, Cigna, MSIG, PetroVietnam Insurance, dan Sompo.

Igloo didirikan oleh Wei Zhu pada Juni 2016 untuk menyediakan asuransi yang terjangkau bagi semua, tidak memandang latar belakang ekonomi mereka, memungkinkan masyarakat melindungi hal-hal dan aktivitas yang berarti bagi mereka dengan penawaran asuransi sangat disesuaikan. Igloo, sebelumnya dikenal sebagai “Axinan”, adalah perusahaan insurtech lengkap (full-stack) pertama asalyang lahir di Singapura. Perusahaan ini memiliki kantor di Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Australia dan pusat teknologi yang berlokasi di China dan Taiwan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...