Selasa, 23 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bir Bintang, Konsisten dalam menjaga Kualitas Serta Adaptif Melihat Perubahan Zaman

Posted by: 2796 viewer

Bir Bintang, Konsisten dalam menjaga Kualitas Serta Adaptif Melihat Perubahan Zaman
Bir Bintang

INFOBRAND.ID-Sebagai merek minuman bir ikonik di Indonesia yang berdiri sejak 1952, bir Bintang telah menjadi saksi bisu bagaimana generasi muda Indonesia berevolusi. Merek bir di bawah naungan PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MBI) ini punya visi untuk tetap eksis dalam jangka panjang, konsisten dalam menjaga kualitas, serta adaptif dalam melihat perubahan zaman.

Bir Bintang mengusung filosofi “Bersama Bintang, Berbeda Bersama”. Maksudnya, kehadirannya untuk merayakan perbedaan dalam kebersamaan. “Saat kita berbagi bir Bintang, tidak ada orang asing. Karena bir Bintang dengan rasanya yang menyegarkan, kaya, dan khas, memungkinkan kita untuk terbuka kepada semua orang dan merasa connected,” Marketing Director MBI Jessica Setiawan menjelaskan filosofi tersebut.

Bir Bintang menyasar konsumen berusia 21 tahun ke atas (batasan legal drinking age). Namun, merek minuman ini terus berevolusi agar tetap relevan. Yang terbaru, pada 2021 MBI meluncurkan produk Bintang Crystal, yaitu bir dengan rasa lebih tidak pahit tapi tetap dengan rasa khas bir Bintang, sehingga menjadi kesempatan perusahaan untuk menyegarkan merek Bintang secara keseluruhan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai bir yang telah dikenal sebagai merek bir terfavorit di Indonesia, MBI tetap berupaya memahami keinginan konsumen. “Kami memiliki sistem untuk mendengar pendapat dan keluhan konsumen,” ujar Jessica.

Sebagai bagian dari Heineken global, pihaknya juga melihat perkembangan kategori minuman ini di luar negeri, kemudian menyusun strategi untuk terus meningkatkan kualitas produk dan meluncurkan produk baru yang diinginkan konsumen bir di Indonesia.

Pada dasarnya, MBI berupaya mengetahui value apa yang penting bagi konsumen dan value apa yang berkembang dalam kultur Indonesia. “Sebagai merek favorit, bir Bintang berupaya menjadi ikon dari kultur Indonesia dan mengangkat topik-topik yang relevan,” kata Jessica.

Setelah pesan yang ingin disampaikan itu jelas, pihaknya lalu membangun kampanye terintegrasi, yang mencakup program komunikasi, aktivasi, promo, dll.

MBI memiliki komitmen untuk memastikan produknya dinikmati dan dipasarkan secara bertanggung jawab. Pihaknya memastikan setiap komunikasi dan promosi yang dilakukan menjunjung kode pemasaran (marketing code) yang sesuai dengan standar self regulation industri minuman beralkohol yang diterapkan secara internasional. Misalnya, selalu memastikan aktor/influencer yang dilibatkan berusia di atas 21 tahun sesuai dengan pedoman aturan usia legal konsumsi alkohol di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk terus menjaga engagement dengan konsumen, bir Bintang menggunakan beragam platform media sosial untuk menjalankan berbagai aktivitas, seperti berpromosi dan menyampaikan undangan kompetisi atau informasi lainnya. Secara reguler, perusahaan juga memantau tingkat kepuasan melalui metriks-metriks di media sosial, seperti tingkat engagement, jumlah follower, dan isi pembicaraan mengenai brand yang dilakukan setiap minggu.

Saat ini, portofolio produk bir Bintang terdiri atas Bintang Pilsener, Bintang Radler, Bintang 0.0%, dan Bintang Crystal. MBI juga telah memiliki jaringan distribusi yang menyeluruh, baik on trade maupun off trade, ke setiap daerah di Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...


Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta

Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan budi daya melon hidroponik lewat pembangunan green house (ru...


Bangun Rumah Lebih cepat, SIG Hadirkan Inovasi Bata Interlock

Bangun Rumah Lebih cepat, SIG Hadirkan Inovasi Bata Interlock
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui anak usahanya PT Semen Padang menghadirkan inovasi produk bata interlock untuk...


Bridgestone Indonesia Boyong Produk Andalan ke GIIAS 2024

Bridgestone Indonesia Boyong Produk Andalan ke GIIAS 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bridgestone Tire Indonesia mengajak para pengunjung pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, untuk...