Rabu, 02 Desember 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Cara Google Bantu Atasi Pemulihan Ekonomi dan Pengangguran di Indonesia

Posted by: 19-11-2020 16:09 WIB 143 viewer

Google membuktikan komitmennya untuk menjadi bagian dari solusi masalah perekonomian di Indonesia. Baru-baru ini Google menggelontorkan dana sebesar USD 11 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. Selain itu Google juga meluncurkan berbagi fitur dan program untuk membantu mengurangi pengangguran di Indonesia.

Cara Google Bantu Atasi Pemulihan Ekonomi dan Pengangguran di Indonesia
Google membuktikan komitmennya untuk menjadi bagian dari solusi masalah perekonomian di Indonesia.

Jakarta, INFOBRAND,ID - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah pengangguran periode Agustus 2020 mengalami peningkatan sebanyak 2,67 juta orang. Dengan demikian, jumlah angkatan kerja di Indonesia yang menganggur, menjadi sebesar 9,77 juta orang. Pelaku usaha di sektor UMKM juga mengalami penurunan akibat dampak pandemi. Kondisi ini mengakibatkan makin bertambahnya catatan jumlah pengangguran di Indonesia.

Melihat kondisi tersebut, Google membuktikan komitmennya untuk menjadi bagian dari solusi masalah perekonomian di Indonesia. Baru-baru ini Google menggelontorkan dana sebesar USD 11 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. Selain itu Google juga meluncurkan berbagi fitur dan program untuk membantu mengurangi pengangguran di Indonesia.

Siapkan Dana Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Seperti yang telah diinfokan, Google telah menyiapkan dana sebesar USD 11 juta untuk membantu pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi di Indonesia. Komitmen senilai USD 11 juta dari Google diberikan dalam dua bentuk penyaluran dana. Sebesar USD 10 juta atau sekitar Rp 140,9 miliar dalam bentuk pinjaman modal kepada UKM, dan USD 1 juta atau sekira Rp 14 miliar merupakan hibah untuk membantu menekan angka pengangguran.

Dana hibah tersebut diberikan melalui lengan filantropi Google, Google.org, kepada Yayasan Plan International Indonesia. Dana ini bertujuan mengurangi pengangguran anak muda di Indonesia.

"Kami mengumumkan hibah Google.org senilai USD 1 miliar bagi program Bridges to the Future: Asean Youth Employment dari Plan International untuk mengatasi pengangguran di kalangan muda Indonesia," ujar Country Director Google Indonesia, Randy Jusuf, dalam acara virtual Google for Indonesia pada Rabu (18/11/2020).

Fitur dan Program Atasi Pengangguran

Managing Director Google Indonesia Randy Jusup mengatakan, pihaknya meluncurkan berbagai inisiatif untuk membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Untuk membantu pengangguran mendapat pekerjaan Google telah meluncurkan aplikasi Kormo Jobs.

“Aplikasi yang resmi kami luncurkan sejak tahun lalu ini, akan menghubungkan para pencari kerja dengan lowongan entry level di berbagai industri," ujar Randy.

Lebih detail, dia menjelaskan bahwa aplikasi ini memungkinkan para pemberi kerja menawarkan lowongan kerja dari jarak jauh dan memfasilitasi kegiatan wawancara kerja jarak jauh. Dengan begitu para pelamar pun tetap bisa melamar pekerjaan walaupun sedang berada di rumah.

Tidak hanya itu, untuk mengatasi pergeseran kebutuhan selama Covid-19, Google juga menambahkan lowongan di bidang layanan esensial dan logistik.

"Kami juga meluncurkan layanan remote job atau bekerja dari rumah dan fitur wawancara online," jelasnya.

Selain itu, beberapa minggu belakangan ini, Google juga meluncurkan beberapa pelatihan praktis dan juga modul berbasis Artificial Intelligent (AI) untuk membantu para pencari kerja melatih dalam bahasa Inggris termasuk pelatihan soft skill. Dengan modul-modul ini, lanjut dia, para pelamar kerja bisa mengembangkan soft skill-nya.

"Misalnya apabila pencari kerja ingin diterima bekerja sebagai asisten penjualan, mereka bisa berlatih percakapan dengan modul AI dalam simulasi global skenario tentang pengembalian barang dari customer," ucap dia.

Randy berharap dengan program-program yang dimiliki oleh Google ini bisa mengatasi masalah pengangguran di Indonesia yang meningkat seiring pandemi Covid-19 yang memukul berbagai sektor.

"Saya yakin sekali bahwa bangsa Indonesia bisa mengatasi tantangan di tahun ini salah satunya masalah pengangguran. Sehingga Indonesia bisa kembali bangkit dengan cerah bersama-sama," pungkasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Diminati Masyarakat, Dunots Crispy Donuts Tambah Outlet Baru

Diminati Masyarakat, Dunots Crispy Donuts Tambah Outlet Baru
DEPOK - Dunots Crispy Donuts varian donuts jenis baru yang tengah ngehits kembali menambah outlet. Pembukaan outlet yang dilakukan Jumat (27/11/2020),...


FIF Group Salurkan Bansos ke 5 Yayasan

FIF Group Salurkan Bansos ke 5 Yayasan
JAKARTA - PT Federal International Finance (FIFGROUP) melaksanakan program rutin memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. Bantuan yang dilaksanaka...


Siapkan Layanan 5G, Tiga Operator Seluler Ternama Ikut Lelang Frekuensi 2,3 GHz

Siapkan Layanan 5G, Tiga Operator Seluler Ternama Ikut Lelang Frekuensi 2,3 GHz
Jakarta, INFOBRAND.ID – Untuk menyiapkan insfrastruktur hadirnya teknologi 5G, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka lelang p...


Penjualan Mobil Eks Bluebird Meningkat Selama Pandemi

Penjualan Mobil Eks Bluebird Meningkat Selama Pandemi
Jakarta, INFOBRAND.ID – Selama pandemi, penjualan mobil eks Bluebird Group mengalami peningkatan. Bluebird mengatakan penjualan dari mobil eks l...