JAKARTA, INFOBRAND.ID - Press Realease atau siaran pers biasa digunakan oleh perusahaan ataupun brand untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas melalui peran media.
Mengutip Forbes, Senin (16/8/2021), terdapat enam jenis siaran pers yang biasa digunakan saat ini. Berikut penjelasan singkatnya.
1. General News
Siaran pers general news adalah bentuk paling umum dari press release. Biasanya, press release jenis ini berisikan berita tentang sebuah peristiwa. Namun, perusahaan kerap melakukan modifikasi terhadap press release jenis ini.
Press release jenis ini lazim digunakan dan umumnya dipakai oleh beberapa pihak dalam menyampaikan berita. Dia jadi dasar bagi press release lain, karena memang press release intinya adalah menyampaikan informasi kepada khalayak.
Biasanya, ketika perusahaan mendapatkan sebuah penghargaan, mereka akan membuat press release tentang penghargaan mereka. Hal yang tidak salah memang, karena hal itu juga memiliki nilai berita tersendiri.
2. Launch Release
Launch release jenis ini biasanya berkaitan dengan peluncuran perusahaan, produk, situs, atau hal-hal lain yang sifatnya pertama kali. Formatnya sama dengan tipe general news, tapi lebih dengan penekanan soal apa yang akan datang.
Press release jenis ini biasanya bersifat kasual, juga bisa jadi alat untuk menjabarkan ide atau sesuatu yang akan datang lantaran press release jenis ini berkaitan dengan sesuatu yang baru.
Biasanya, setelah launch release ini, akan ada press release lanjutan yang disampaikan. Press release yang kelak akan datang akan berisi lanjutan dari apa yang sudah diluncurkan sebelumnya.
3. Event Press Release
Press release jenis ini berkaitan dengan event yang sedang terjadi, dan menjelaskan detail-detail tentang event yang sedang terlaksana di sebuah tempat.
Event release akan jadi info tersendiri bagi publik yang datang mengunjungi event tersebut. Format dari press release jenis ini juga tidak mesti memenuhi kaidah 5W (What, Where, When, Who, atau Why) 1H (How).
Siaran pers jenis ini bisa berbentuk list, outline, atau poin-poin tentang acara tersebut.
4. Executive, Staff, dan Employee Press Release
Perusahaan besar biasanya menggunakan press release untuk mengumumkan perekrutan karyawan baru, apalagi jika karyawan tersebut untuk menghuni posisi penting di sebuah perusahaan.
Press release ini biasanya berkaitan dengan penunjukkan direktur atau komisaris baru. Isi dari press release ini lazimnya adalah informasi mengenai biografi dari karyawan baru tersebut.
Foto dari sang karyawan baru juga kerap diperlihatkan, agar orang-orang bisa segera tahu orang mana yang sedang diperkenalkan itu.
5. Expert Position Press Release
Press release jenis ini biasa digunakan untuk menjelaskan tentang seseorang. Bedanya dengan biografi, press release ini akan menjelaskan kemampuan seseorang di bidang tertentu.
Sokongan dari pihak ketiga dalam press release jenis ini juga dibutuhkan. Press release ini kelak akan jadi rujukan perusahaan, jika mereka memang membutuhkan jasa dari orang tersebut.
Press release ini jadi sumber informasi bagi perusahaan tentang orang yang memang mereka butuhkan itu.