Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Cetak Penjualan 7.000 Unit, Toyota Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesia

Posted by: 3236 viewer

Seperti yang dilansir oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada Senin (1/7), Toyota Avanza berada di puncak teratas dalam data distribusi wholesales (dari pabrik ke dealer). Sepanjang Januari-Mei 2019, distribusi Avanza tercatat mencapai 7.362 unit. Angka ini masih lebih banyak dari varian mobil Toyota lainnya, yakni Rush yang terdistribusi sebanyak 6.311 unit.

Cetak Penjualan 7.000 Unit, Toyota Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesia
Toyota Avanza

Toyota Avanza terus menancapkan dominasinya dalam kancah industri otomotif di Tanah Air. Mobil yang diklaim sebagai kendaraan roda empat paling sukses yang pernah ada di Indonesia ini mencatatkan penjualan positif hingga akhir penutupan semester I/2019.  

Seperti yang dilansir oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada Senin (1/7), Toyota Avanza berada di puncak teratas dalam data distribusi wholesales (dari pabrik ke dealer).

Sepanjang Januari-Mei 2019, distribusi Avanza tercatat mencapai 7.362 unit. Angka ini masih lebih banyak dari varian mobil Toyota lainnya, yakni Rush yang terdistribusi sebanyak 6.311 unit.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tampilan baru Avanza yang disebut mirip dengan MPV premium Vellfire tampaknya menjadi berkah. Meski saat peluncuran Avanza cukup mendapat kritikan karena minimnya perubahan, itu tak banyak berpengaruh terhadap penjualannya. Avanza masih sanggup untuk bertahan meski usianya hampir menginjak 16 tahun di tengah gempuran para kompetitor baru yang menawarkan kelebihannya masing-masing.

Tempat ketiga bertengger pesaing utama Avanza yakni Mitsubishi Xpander yang menorehkan 5.101 unit pada periode Mei 2019. Sebagai informasi, kendaraan segmen low multi purpose vihicle dari Mitsubhisi tersebut selama empat bulan terakhir berhasil disalip oleh Avanza dalam urusan distribusi wholesales.

Urutan kelima diduduki oleh mobil yang masuk dalam kelas low cost green car (LCGC), Daihatsu Sigra dengan perolehan 4.957 unit.

Data cukup mengejutkan justru ditorehkan oleh Suzuki Carry yang mampu mendistribusikan 4.447 unit ke masing-masing dilernya. Raihan positif pabrikan asal Jepang tersebut disinyalir karena wajah baru yang melekat pada mobil niaga Suzuki yang belum lama ini diluncurkan.

Perkembangan industri otomotif di Tanah Air diperkirakan akan masih terus menggeliat, setidaknya hingga satu dekade kedepan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya pemain baru yang berkecimpung dalam bisnis kendaraan roda empat di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebut saja kendaraan macam Wuling Confero dan Nissan Livina. Bahkan dalam waktu dekat Avanza kabarnya bakal kedatangan lawan baru yakni Renault. Berhembus kabar bahwa pabrikan asal Eropa itu akan menghadirkan Triber yang digadang-gadang bakal unjuk diri pada gelaran GIIAS 2019, Juli mendatang.

Renault sendiri bakal fokus untuk menggarap segmen low MPV dengan menjanjikan mobil 7 seater kelas LCGC yang dibandrol cukup ekonomis.

Berikut adalah data lengkap angka penjualan sejumlah model mobil di pasar domestik Januari-Mei 2019:

  1. Toyota Avanza: 7.362 unit
  2. Toyota Rush: 6.311 unit
  3. Mitsubishi Xpander: 5.101 unit
  4. Daihatsu Sigra: 4.957 unit
  5. Suzuki Carry Pick-up: 4.447 unit
  6. Honda Brio Satya: 4.030 unit
  7. Toyota Innova: 3.916 unit
  8. Toyota Calya: 3.877 unit
  9. Daihatsu Gran Max Pick-up: 2.812 unit
  10. Toyota Agya: 2.455 unit
  11. Suzuki Ertiga: 2.388 unit
  12. Daihatsu Ayla: 2.222 unit
  13. Toyota Fortuner: 2.095 unit
  14. Honda Mobilio: 1.888 unit
  15. Mitsubishi L-300 Pick-up: 1.792 unit
  16. Mitsubishi Pajero Sport: 1.774 unit
  17. Honda HR-V: 1.621 unit
  18. Honda Jazz: 1.085 unit
  19. Nissan Livina: 1.056 unit

Daihatsu Terios: 877 unit.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memiliki kulit tubuh yang cerah, kencang dan segar menjadi dambaan setiap wanita yang ingin tampil lebih menawan. Untuk mendap...


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...