Kamis, 14 November 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Digital Branding Atau Tergerus?

Posted by: 13-03-2019 15:31 WIB 377 viewer

Digital Branding Atau Tergerus?
CEO IMFocus, Alex Iskandar

Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era digital, membuat banyak merk harus ekstra memacu diri melakukan  digital branding agar tetap jadi pilihan yang paling populer di masyarakat. Itu sebabnya diperlukan kreativitas, kapasitas, dan inovasi agar mampu memenangkan persaingan saat ini.

Menurut CEO IMFocus Alex Iskandar, banyak brand mulai aware memanfaatkan kehadiran digital channel, baik untuk sekedar engagement, tetapi juga menaikkan sales revenue. Fenomena tersebut adalah cara tepat menyapa dan mempertahankan existing customer-nya dengan baik, sehingga bisa tetap survive dan berkembang.

Oleh karena itu, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus menggagas pengukuran popularitas merk di internet melalui ajang Indonesia Digital Popular Brand Award. Survei yang dilakukan murni melalui data engine pihak ketiga yang bersifat independen, kredibel dan akuntabel, dengan menggunakan tiga parameter (alat ukur) penilaian, yakni: social media based, search engine based, dan website based.

Yang menarik dari survei ini, kata Alex,  IMFocus menambahkan dua penilaian baru yaitu Youtube pada social media menggantikan penilaian twitter pada tahun lalu. Dan trafik pada penilaian website based yang juga tidak ada pada tahun lalu. “Youtube dipilih mengingat twitter di Indonesia belakangan lebih condong ke politik.  Bagaimana pun Youtube merupakan search engine kedua terbesar setelah google. Untuk website based kami survei merek yang memiliki minimal 10.000 pengunjung,” ujarnya sambil menambahkan ada banyak tahap dilakukan dalam mencari kandidat pemenang  Indonesia Digital Popular Brand Indonesia (IDPBA) dengan langkah  melakukan mapping, verifikasi website dan  akun socmed. Kemudian data diolah dan analisa , dilakukan penilaian dan quality control, keabsahan nilai, setelah itu  pemenang diumumkan.

Kini semua isyu di internet telah merubah cara kita berbisnis. Semua pemilik brand memiliki kesempatan yang sama untuk terkenal dan brand yang sudah terkenal harus tetap eksis di dunia digital. Itu akan menjadi tantangan tersendiri.

Sekarang orang membaca media cetak hanya untuk membuang waktu. “Kita mencari informasi langsung buka search enginee. Bandingkan berapa banyak informasi dari TVC, radio dan majalah?  Dibandingkan informasi dari online! Kini media cetak mulai berguguran dan beralih ke online.

Kata Alex, boleh jadi di era digital marketing ini, Air Minum Dalam Kemasan Aqua belum tentu tetap menjadi nomor satu. Kapan saja merek lain bisa menyalip dalam satu atau dua tahun. “Padahal di dunia sebelum era online,  pemilik mereka punya uang banyak baru bisa berpromosi. Sekarang asal eksis di social media dan brand bisa terkenal.”tambahnya.

Alex menambahkan, di jaman ini pemilik brand dengan Rp100 juta bisa beriklan tiga sampai sampai bulan dengan dahsyat. []

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


3 Dompet Digital Terpopuler di Indonesia, Go-Pay Masih Juaranya!

3 Dompet Digital Terpopuler di Indonesia, Go-Pay Masih Juaranya!
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi yang semakin masif telah berhasil membawa perubahan pada semua aspek di kehidupan manusia, tak terkecua...


Perhimpunan WALI Ingin Bisnis Franchise Indonesia Go Internasional

Perhimpunan WALI Ingin Bisnis Franchise Indonesia Go Internasional
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Berdiri sejak 20 tahun lalu, Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) masih menjadi asosiasi andalan yang menjadi ruj...


Emir Pohan: Legalitas, Instrumen Keberhasilan Franchise

Emir Pohan: Legalitas, Instrumen Keberhasilan Franchise
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hukum menjadi sesuatu yang sangat penting dalam berkehidupan di negara ini. Semua kegiatan maupun aktivitas harus mengacu pada...


WFA Percaya Merek Waralaba Indonesia Bisa Berkembang di Pasar ASEAN

WFA Percaya Merek Waralaba Indonesia Bisa Berkembang di Pasar ASEAN
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Troy Franklin, COO South East Asia World Franchise Associates (WFA) meyakini kalau merek waralaba Indonesia memiliki peluang y...