Senin, 27 Mei 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Digital Branding Atau Tergerus?

Posted by: 13-03-2019 15:31 WIB 102 viewer

Digital Branding Atau Tergerus?
CEO IMFocus, Alex Iskandar

Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era digital, membuat banyak merk harus ekstra memacu diri melakukan  digital branding agar tetap jadi pilihan yang paling populer di masyarakat. Itu sebabnya diperlukan kreativitas, kapasitas, dan inovasi agar mampu memenangkan persaingan saat ini.

Menurut CEO IMFocus Alex Iskandar, banyak brand mulai aware memanfaatkan kehadiran digital channel, baik untuk sekedar engagement, tetapi juga menaikkan sales revenue. Fenomena tersebut adalah cara tepat menyapa dan mempertahankan existing customer-nya dengan baik, sehingga bisa tetap survive dan berkembang.

Oleh karena itu, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus menggagas pengukuran popularitas merk di internet melalui ajang Indonesia Digital Popular Brand Award. Survei yang dilakukan murni melalui data engine pihak ketiga yang bersifat independen, kredibel dan akuntabel, dengan menggunakan tiga parameter (alat ukur) penilaian, yakni: social media based, search engine based, dan website based.

Yang menarik dari survei ini, kata Alex,  IMFocus menambahkan dua penilaian baru yaitu Youtube pada social media menggantikan penilaian twitter pada tahun lalu. Dan trafik pada penilaian website based yang juga tidak ada pada tahun lalu. “Youtube dipilih mengingat twitter di Indonesia belakangan lebih condong ke politik.  Bagaimana pun Youtube merupakan search engine kedua terbesar setelah google. Untuk website based kami survei merek yang memiliki minimal 10.000 pengunjung,” ujarnya sambil menambahkan ada banyak tahap dilakukan dalam mencari kandidat pemenang  Indonesia Digital Popular Brand Indonesia (IDPBA) dengan langkah  melakukan mapping, verifikasi website dan  akun socmed. Kemudian data diolah dan analisa , dilakukan penilaian dan quality control, keabsahan nilai, setelah itu  pemenang diumumkan.

Kini semua isyu di internet telah merubah cara kita berbisnis. Semua pemilik brand memiliki kesempatan yang sama untuk terkenal dan brand yang sudah terkenal harus tetap eksis di dunia digital. Itu akan menjadi tantangan tersendiri.

Sekarang orang membaca media cetak hanya untuk membuang waktu. “Kita mencari informasi langsung buka search enginee. Bandingkan berapa banyak informasi dari TVC, radio dan majalah?  Dibandingkan informasi dari online! Kini media cetak mulai berguguran dan beralih ke online.

Kata Alex, boleh jadi di era digital marketing ini, Air Minum Dalam Kemasan Aqua belum tentu tetap menjadi nomor satu. Kapan saja merek lain bisa menyalip dalam satu atau dua tahun. “Padahal di dunia sebelum era online,  pemilik mereka punya uang banyak baru bisa berpromosi. Sekarang asal eksis di social media dan brand bisa terkenal.”tambahnya.

Alex menambahkan, di jaman ini pemilik brand dengan Rp100 juta bisa beriklan tiga sampai sampai bulan dengan dahsyat. []

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Rahasia Agar Tetap Fokus Berkendara Selama Puasa

Rahasia Agar Tetap Fokus Berkendara Selama Puasa
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Menjalani aktivitas di tengah ibadah puasa menjadi tantangan besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Terutama bagi mere...


Membangun Rencana Transformasi Bisnis Digital

Membangun Rencana Transformasi Bisnis Digital
INFOBRAND.ID - Penyesalan terbesar di dunia investor Silicon Valley adalah melewati kesempatan menanamkan modal di bisnis Facebook diawal pengembangan...


4 Cara Nikmati Liburan Keluarga Saat Ramadhan ala OYO Hotel

4 Cara Nikmati Liburan Keluarga Saat Ramadhan ala OYO Hotel
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Berpuasa bukanlah suatu halangan untuk bisa menikmati liburan. Apalagi, puasa tahun ini bertepatan dengan musim libur se...


6 Faktor Utama Agar Brand Bisa Tumbuh di Pasar Kompetitif

6 Faktor Utama Agar Brand Bisa Tumbuh di Pasar Kompetitif
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pada tahun 2018 lalu, perekonomian di Indonesia berkinerja cukup baik. Begitu juga dengan pasar FMCG (Fast Moving Consum...