Selasa, 24 Mei 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Digitalisasi Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat

Posted by: 21-01-2022 11:35 WIB 308 viewer

Digitalisasi Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat
Peluncuran Survey Literasi Digital Indonesia 2021

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Budaya Digital mendapat skor tertinggi dalam pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021. Pilar Budaya Digital (digital culture) tercatat dengan skor 3,90 dalam skala 5 atau baik. Selanjutnya pilar Etika Digital (digital etics) dengan skor 3,53 dan Kecakapan Digital (digital skill) dengan skor 3,44. Sementara itu, pilar Keamanan Digital (digital safety) mendapat skor paling rendah (3,10) atau sedikit di atas sedang.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pengukuran indeks literasi digital ini selain untuk mengetahu status literasi digital di Indonesia juga untuk memastikan upaya peningkatan literasi digital masyarakat makin tepat sasaran.

“Kita ingin terus mempercepat dan mengawal terus tingkat literasi digital masyarakat, mengimbangi dengan perkembangan teknologi digital yang cepat dan makin strategis bagi kehidupan masyarakat Indonesia saat ini,“ ujarnya dalam Peluncuran Indeks Literasi Digital 2021 dari Jakarta Pusat, Kamis (20/01/2022).

Keempat pilar yang menjadi pembentuk Indeks Literasi Digital yang diukur setiap tahun oleh Kementerian Kominfo. Pengukuran indeks dilakukan bersama Siber Kreasi dan Katadata Insight Center (KIC).

Panel Ahli Katadata Insight Center, Mulya Amri, mengatakan tahun ini Indeks Literasi Digital Indonesia berada pada skor 3,49 atau pada tahap sedang dan mendekati baik.

“Penggunaan empat pilar dalam pengukuran kali ini mengacu pada Roadmap Literasi Digital Indonesia 2020-2024 yang disusun Kominfo, berdasarkan riset nasional sebelumnya serta mengacu pengukuran serupa yang dimikili UNESCO,” jelasnya

Mulya Amri menjelaskan bila dibanding tahun sebelumnya, pada kerangka indeks tahun 2021 terdapat perubahan dalam pengelompokan unsur pembentuk yang menyusun indeks. “Ini adalah upaya untuk terus memastikan Indonesia memiliki alat ukur yang ajeg dan kini kita sudah punya roadmap atau peta jalan yang bisa dijadikan acuan baik dalam pengkuran maupun upaya peningkatan literasi,” kata Mulya.

Analisis Perilaku

Pengukuran Indeks Literasi Digital 2021 dilakukan melalui survei tatap muka kepada 10.000 responden dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia. Karakteristik responden adalah pengguna internet berusia 13-70 tahun.

Dibandingkan dengan Indeks Literasi Digital 2020, ada peningkatan indeks (dari 3,46 ke 3,49). Perbaikan terjadi pada pilar Digital Culture dan Digital Skills, tapi ada penurunan pada Pilar Digital Ethics dan Digital Safety.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Coway Merilis Laporan Keuangan Triwulan I-2022

Coway Merilis Laporan Keuangan Triwulan I-2022
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Coway Co., Ltd., "The Best Life Solution Company", hari ini merilis laporan keuangan Triwulan I-2022. "Pertu...


Wamendag Resmikan Warung Digital di Pangkalpinang

Wamendag Resmikan Warung Digital di Pangkalpinang
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 memaksa pelaku usaha...


Perdagangan Digital Akan Tetap Menjadi Pendorong Tangguh untuk Pertumbuhan Ritel di Kuartal Kedua 2022

Perdagangan Digital Akan Tetap Menjadi Pendorong Tangguh untuk Pertumbuhan Ritel di Kuartal Kedua 2022
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Digital Commerce Confidence Index (DCCI) Lazada yang dilakukan di kuartal pertama 2022 menunjukkan bahwa penjual di Asia Tengg...


Kuartal Pertama 2022 : Telkom Bukukan Pendapatan Konsolidasi Rp35,2 Triliun

Kuartal Pertama 2022 : Telkom Bukukan Pendapatan Konsolidasi Rp35,2 Triliun
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mengawali tiga bulan pertama 2022, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatat kinerja yang terus tumbuh. Perseroan me...