Rabu, 21 Februari 2024

Follow us:

infobrand

E-Commerce Jadi Sarana Ideal Penuhi Kebutuhan di Masa Pandemi

Posted by: 1535 viewer

E-Commerce Jadi Sarana Ideal Penuhi Kebutuhan di Masa Pandemi
ecommerce.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Studi terbaru, Visa Consumer Payment Attitudes Study 2020 mengungkapkan kondisi pandemi covid-19 telah mendorong konsumen Indonesia ke situasi new normal, untuk mempertimbangkan platform eCommerce sebagai sarana ideal untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Hasil studi yang dilakukan terhadap 1.000 responden di Indonesia pada Agustus hingga September 2020 ini, menunjukkan bahwa tiga produk dan layanan terpopular yang dibeli di platform eCommerce selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah top-up dan pembayaran tagihan (49%), belanja ritel (45%), dan pemesanan makanan (34%).

Sementara itu, tiga metode pembayaran eCommerce terpopular selama tiga bulan terakhir sampai periode survey adalah dompet digital (65%), transfer bank (30%), dan transfer ke akun virtual (27%). Adapun  pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform eCommerce, lantaran didorong penawaran diskonnya yang menarik.

IKLAN INFOBRAND.ID

Temuan menarik lainnya dari studi ini adalah bertumbuhnya digital-first commerce. Artinya, banyak konsumen baru berbelanja secara online atau melalui channel media sosial untuk pertama kalinya, karena pandemi. Ada 56% responden yang berbelanja online melalui aplikasi atau situs, 40% mengaku berbelanja melalui kanal media sosial, 43% berbelanja dengan pengiriman langsung setelah memesan secara mobile, dan hanya 26% yang mengaku berbelanja di toko fisik.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia menjelaskan, pandemi saat ini terus mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital, diperkuat oleh terjadinya lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless. Dalam studi yang dilakukan menunjukkan banyak konsumen telah merasakan manfaat eCommerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk membayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lainnya.

Adapun fitur eCommerce yang paling diminati adalah ongkos kirim (ongkir) gratis (69%), diskon atau voucher (64%), kemudahan membayar (55%), respon cepat dari penjual (53%), dan review pelanggan (50%).

Melihat fenomena itu, Visa menggelar kampanye 'Lebih Nyaman NonTunai'. Melalui kampanye ini, Visa terus aktif bermitra dengan platform eCommerce untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil dan mikro, dengan menawarkan promosi diskon yang menarik, baik bagi penjual maupun konsumen.

Pada ramadhan tahun ini misalnya, Visa menawarkan berbagai promosi diskon di berbagai platform eCommerce seperti Shopee, Tokopedia, dan JD.ID. Visa juga menawarkan diskon Rp 35 ribu untuk pembelian minimum makanan senilai Rp 70 ribu saat memesan makanan melalui GoFood, untuk pengguna kartu Visa yang baru pertama kali mengaktivasinya di aplikasi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun

Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Selimut menjadi salah satu barang yang dibutuhkan ketika kita tidur, utamanya saat udara dingin, selimut yang lembut ten...


Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian

Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash, sabun cuci tangan yang diformulasikan dengan antibakteri untuk melindungi tangan dari...


Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger

Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger
INFOBRAND.ID, JAKARTA -  Bagi sebagian orang, kegiatan riding sudah jadi bagian dari gaya hidup bukan? Mengendarai motor kesayangan melewati jala...


Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya

Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelesiran atau traveling biasnya dilakukan ke gunung, pantai, atau tempat wisata alam lainnya. Namun, selalu ada aja kondisi y...