Pada awal pendiriannya, Facebook merupakan aplikasi sosial pada dunia maya yang berdiri sendiri. Namun dalam perkembangannya,Facebook menjadi super aplikasi melalui serangkaian produk yang membantu orang terhubung dengan teman dan keluarga mereka. Selain itu, Facebook juga diklaim membantu penggunanya menemukan komunitas dan menumbuhkan bisnis.
Tepat pada Senin 4 November 2019, Facebook mengumumkan akan melakukan serangkaian pembaharuan dari sisi branding. Dikutip dari laman resmi Facebook Newsroom, aplikasi asal AS tersebut akan memperkenalkan logo baru perusahaan yang dapat lebih membedakan perusahaan Facebook dari aplikasi Facebook.
“Branding baru dirancang untuk kejelasan, dan menggunakan tipografi khusus dan huruf besar untuk membuat perbedaan visual antara perusahaan dan aplikasi,” begitu tulis keterangan pers Facebook seperti yang dikutip Redaksi, Selasa (5/11).
Diharapkan, masyakat akan tahu perusahaan mana yang membuat produk yang mereka gunakan. Sebagai informasi, layanan utama jaringan sosial milik Mark Zuckerberg itu meliputi aplikasi Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp, Oculus, Workplace, Portal, dan Calibra. Aplikasi dan teknologi ini juga telah berbagi infrastruktur yang sama selama bertahun-tahun.
“Kami mulai lebih jelas tentang produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook tahun lalu, menambahkan dukungan perusahaan untuk produk-produk seperti Oculus, Workplace dan Portal. Dan pada bulan Juni kami mulai memasukkan ‘form Facebook’ di semua aplikasi kami. Selama beberapa minggu mendatang, kami akan mulai menggunakan merek baru dalam produk dan materi pemasaran kami, termasuk situs web perusahaan baru,” ujar Facebook.
Perubahan logo ini diklaim sebagai cara untuk mengomunikasikan struktur kepemilikan Facbook dengan lebih baik kepada para penggunanya.